Friday, November 18, 2016

Tips Mengatasi Anak Tidak Suka Susu dengan Friso

Sejak dulu, banyak sekali ibu-ibu yang mempermasalahkan apakah anak harus diberi susu formula atau tidak. Pro dan kontra terus saja berlanjut hingga sekarang, bahkan ada ibu yang sangat sensitif karena tidak bisa memberi ASI pada anaknya. Namun, saya sendiri adalah salah satu ibu yang berusaha memberikan yang terbaik untuk anak saya Kinza. Meski ia bisa minum ASI sampai tuntas yaitu 2 tahun, sekarang Kinza saya beri punjang susu formula. Banyak sekali merk susu formula seperti Friso yang bisa menunjang pertumbuhan anak-anak dimasa emasnya atau dimasa pertumbuhannya.

Awalnya, Kinza sendiri tidak mau minum susu ketika saya mencoba memberinya saat masih mimik ASI. Setiap kali buat susu selalu saja dicicipnya sedikit kemudian sisanya dibuang. Namun, lama kelamaan Kinza mulai suka dan bahkan minum susu adalah aktifitas rutin yang pasti ia minta pada waktu-waktu tertentu seperti bangun tidur, mau tidur atau ia sedang mengantuk.



Saya sendiri tidak pilih-pilih soal pemberian susu kepada Kinza, kalau dia mau langsung saya kasih. Meskipun bukan susu formula, saya meyakini semua minuman yang berbentuk susu itu baik. Namun, mereka punya standart yang berbeda.  Nah bagi ibu-ibu yang kesulitan dan bingung bagaimana supaya anak mau minum susu, berikut adalah beberapa tipsnya:


Membiasakan Minum susu setiap hari, meski ia tak mau


Ini nih yang bikin kita ragu-ragu ketika anak gak mau minum susu, apa dikasih atau dibiarkan begitu saja. Sejatinya, anak tak mau minum susu formula karena dia belum terbiasa dengan apa yang ia minum. Kinza dulu gak mau sama sekali dengan susu formula, namun saya membiasakan dia minum susu formula disetiap kesempatan. Tentu saja bukan dalam porsi banyak ya, saya hanya membuatkan dia susu sebanyak 50ml, itupun gak habis dan akhirnya dibuang. Acara buang-buang susu ini berlanjut sampai kira-kira 3 bulanan, duh.. abis uang buat dibuang ahhaha.. 


Mencoba dengan susu yang berbeda


Ada banyak merk susu formula yang baik seperti Friso salah satunya. Dulu saya kasih Kinza susu yang beda-beda saat dia gak mau minum susu. Saya mencari susu apa yang paling dia sukai, mulai dari susu mahal sampai yang murahan, akhirnya saya menemukan satu merk yang ia suka. Pertamanya habis dikit, lama-kelamaan saya kasih porsi yang lumayan banyak dan dia habiskan. 

Jangan menyerah


Ya.. intinya, jangan menyerah untuk mencoba yang terbaik bagi anak-anak kita. Mereka belum bisa komunikasi dengan baik, jadi sebagai ibu sudah selayaknya kita tidak menyerah akan sesuatu untuk anak kita. Kalau ibu sekarang sedang mencoba untuk memberikan susu formula untuk anak, bisa banget buat masukin Friso susu formula kedalam list ya... Semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment