Saturday, December 10, 2016

7 Tips Berinvestasi Untuk Pemula

Jika kamu berencana untuk terjun ke dunia investasi namun masih bingung dari mana harus memulai dan apa yang harus dilakukan? Kamu tidak sendiri. Karena ada banyak orang di luar sana yang juga mungkin mengalami hal yang sama yaitu bingung bagaimana harus memulai dan Dimana tempat berinvestasi yang tepat. Memang benar bahwa dunia investasi sedikit menakutkan namun terkadang hasilnya juga sangat memuaskan. Bahkan bagi orang yang sudah berpengalaman sekalipun.



Jika kamu adalah pemula dan ingin mencoba bisnis investasi, beberapa tips berikut ini bisa kamu jadikan sebagai panduan.

Tentukan tujuan investasi


Sebelum memulai, pastikan kamu bisa menentukan terlebih dahulu jenis investasi yang ingin kamu geluti. Walaupun sama-sama bertujuan untuk menghasilkan uang, akan tetapi yang pasti, setiap individu selalu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah pendapatan, keamanan modal, kenaikan nilai, usia kamu saat ini, keadaan pribadi, dan posisi keuanganmu.

Berinvestasi lebih awal


Semakin cepat kamu mulai berinvestasi, maka akan semakin baik. Karena apabila anda memulai lebih cepat, maka akan semakin sedikit uang yang kamu keluarkan setiap tahunnya. Penghasilan anda pun akan terkumpul sedikit demi sedikit bahkan jika Anda masih duduk di bangku sekolah, apa di bangku kuliah, tidak perlu ragu ragu untuk berinvestasi.

Menyisihkan uang untuk diinvestasikan


Setiap bulan paling tidak harus ada uang yang disisihkan untuk diinvestasikan. Kamu bisa mengatur rencana investasi melalui perusahaan jasa broker dan berusahalah untuk konsisten dalam berinvestasi.

Perhatikan keuanganmu saat ini


Sebelum kamu mulai berinvestasi, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, kamu harus melihat sejenak jumlah uang yang kamu miliki untuk diinvestasikan. Kamu harus realistis dan jangan Berharap terlalu banyak sehingga mempertaruhkan semua uang tanpa mempertimbangkan kerugian jika hal tersebut terjadi nanti.

Pastikan kamu memiliki bekal uang yang cukup untuk berbagai keperluan setiap bulannya.

Pelajari semua tentang investasi


Jika kamu sudah memiliki sejumlah uang untuk disisihkan yang akan digunakan untuk berinvestasi, mulailah mempelajari segala sesuatu tentang investasi mulai dari terminologi dasar, Bagaimana caranya membuat keputusan yang koheren, pelajari juga tentang Reksadana, obligasi, saham, hingga sertifikat deposito. Hal-hal penting lainnya yang juga tidak boleh ketinggalan adalah diversifikasi, optimasi portofolio dan efisiensi pasar.

 Untuk menambah pengetahuanmu, jangan lupa juga mantengin  berita investasi baik Itu di website, di televisi, atau di media yang lainnya.

Pastikan kamu memiliki portofolio yang terdiversifikasi yang jelas, pasar akan terus berfluktuasi kadang naik kadang turun. Agar tidak kehilangan uang terlalu banyak ketika saham sedang turun, pastikan kamu memiliki portofolio yang terdiversifikasi. Dengan begitu sama kamu akan memiliki beberapa saham yang justru akan naik bahkan ketika orang lain mendapati sahamnya sedang turun.

 Selalu pelajari portofilio yang kamu miliki


Ini adalah langkah penting lainnya yang harus diingat oleh pemula ketika mulai belajar berinvestasi. Selalu pelajari portofolio yang kamu miliki Dan perbaiki jika ada kekurangan. Hal ini sangat penting Terlebih jika anda berencana untuk membuat perubahan-perubahan di masa yang akan datang ketika pergeseran iklim ekonomi terjadi. Selain itu, portofolio juga akan sangat penting ketika anda memutuskan untuk melakukan perubahan investasi. Itulah beberapa tips penting seputar investasi untuk pemula. Hal lainnya yang perlu diingat oleh investor pemula adalah, mereka harus selalu mempelajari kondisi pasar. Banyaklah membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan investasi, sumber daya yang mengikuti tren pasar, serta ekonomi global.

No comments:

Post a Comment