Wednesday, January 18, 2017

Kebiasaan Orang Tua yang Merugikan Anak

Terkadang, menjadi orang tua juga perlu banyak belajar dan terus belajar. Bukan karena kita sudah besar maka ilmu itu sudah tidak perlu lagi. Akibatnya, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan orang tua yang justru merugikan anaknya. Ada banyak sekali bahkan kalau kita menyadarinya. Sayangnya, banyak juga orang tua yang sombong karena merasa dirinya selalu bisa mengatasi segalanya dengan caranya, cara yang menurtnya benar.



Dari kehidupan selama ini, saya belajar banyak bagaimana orang tua juga bisa salah bahkan salah sekali. Yang paling parah, mereka gak sadar kalau itu salah, yaaa.. mungkin juga saya termasuk hehe.

Membiasakan kencing sembarangan


Kalau yang ini saya enggak ya.. InsyaAllah. Lebih baik ngompol gak disengaja daripada menyuruh anak kencing sembarangan. Waktu-waktu membiasakan kencing disembarang tempat ini biasa terjadi saat anak mulai toilet training. Padahal, kebiasaan seperti ini akan membuat anak jadi enggak sopan dan gak bisa jaga diri dari najis. Ah entahlah apa yang ada dalam pikiran sang orang tua, mungkin biar gak ngompol atau gak pesing gitu. Tetep aja kalau pipis gak cebok ya pesing juga, kasian juga kemaluan anak jadi gak bersih dan bisa terkena penyakit selain ancaman neraka, duh ngeri..

Tidak membiasakan Berbagi


Namanya anak kecil, kalau punya kue atau semacamnya ya gak ngerti bagaimana caranya untuk berbagi. Prediksi saya, anak jadi pribadi yang pelit karena memang dari kecil dia gak diajari untuk berbagi. Anggapan lumrah karena masih kecil, bukan jaminan kalau dewasa dia jadi manusia yang luman. Padahal memang, kebiasaan akan membawa kepada sebuah kepribadian, entah itu buruk atau baik, dermawan atau pelit. Semuanya tergantung kebiasaan, kan?


Ngasih bedak sampai gak kliatan mukanya


Kalau yang ini kebiasaan sering dilakukan sama orang desa. Katanya, kalau belum pake bedak kayak gak pernah mandi hahaha #hallah!. Saya, meskipun memang orang desa asli dan tulen, jarang banget kasih bedak ke anak, soalnya kasian anak kalau keringetan dan kena bedak, akhirnya kena biang keringat. Padahal,  cara mengatasi biang keringat yang baik ya salah satunya dengan gak dipakein bedak gitu deh. Biar pori-pori kulit leluasa ngeluarin keringatnya. Niatnya biar harum tapi ternyata nyiksa anak, kasian kan. Ya.. saya sih cuma mencoba buat gak latah aja, gak ikut-ikutan trend gitulah istilahnya haha..

Ada banyak lagi sebenarnya kebiasaan kebiasaan orang tua yang merugikan anak, baik dimasa kecilnya atau nanti saat dia jadi dewasa. Saya, adalah orang tua yang masih harus banyak belajar, tentang apapun.


2 comments:

  1. Ih..aku sebel sama ortu yang ngebiarin anaknya pipis sembarangan. Pernah aku tegur salah 1 ortu murid di sekolah Amay. Kami deket sih, jd aku blak-blakan aja ngomongnya. Utamanya tentang malu dan najis. 2 hal itu penting banget. Mosok sekolah di sekolah islam tapi abai sama najis. Woooh..aku langsung ceramah. Habis geregetan. Di depan ibunya itu aku nasehati Amay, ngga boleh pipis sembarangan yaa, malu dan najisnya bisa kemana-mana. Udah pipis sembarangan, pipisnya sambil berdiri lagi. Duh, apa susahnya masuk ke sekolah sebentar dan ngantar ke WC sih ya? Ngga habis pikir aku.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ngebiarin, malah kadang di suruh kok, nguawur wkwkwkw

      Delete