Saturday, January 14, 2017

Tips Liburan Hemat di Cirebon


Sebagai salah satu kota yang terletak di ujung timur Jawa Barat, Cirebon dikenal memiliki budaya yang cukup unik, yakni perpaduan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Hal itu tampak dari pemakaian bahasa yang digunakan oleh masyarakat Cirebon, serta arsitektur bangunan-bangunan bersejarah peninggalan kerajaan di masa lalu.

Cirebon juga sudah banyak dikenal oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, karena keelokan tempat-tempat wisatanya. Tidak hanya wisata sejarah, budaya, dan religi, di Cirebon Anda juga bisa memuaskan lidah dan perut dengan menikmati kelezatan berbagai sajian kuliner khas Cirebon.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Cirebon, berikut ini beberapa tips liburan hemat yang bisa Anda praktikkan.

1. Tempat Menginap dengan Harga Terjangkau



Source: traveloka.com

Berencana liburan ke Cirebon selama beberapa hari? Yang perlu Anda pikirkan tentu tempat menginap selama berada di sana. Untuk itu, Anda tidak perlu bingung karena saat ini sudah tersedia cukup banyak hotel murah di Cirebon.  Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih hotel murah di Cirebon adalah:

a. Bersih dan Nyaman


Meskipun memilih hotel dengan harga terjangkau, Anda juga tetap harus mempertimbangkan kenyamanan. Bagaimanapun, Anda membutuhkan tempat beristirahat yang bersih dan nyaman selama liburan. Jangan sampai lantaran memilih hotel murah, Anda lantas menerima tempat tidur yang tidak nyaman. Akibatnya, Anda sulit tidur dan mengantuk keesokan harinya. Kalau sudah begitu, liburan mana bisa menyenangkan.

b. Sarapan Gratis


Beberapa hotel murah di Cirebon menyediakan menu sarapan gratis. Bahkan ada juga hotel yang menyediakan camilan seperti jajanan goreng dan rebus, serta minuman hangat di sore hari. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat anggaran untuk makan.

c. Fasilitas Kamar


Membawa banyak perlengkapan selama liburan, tentu sangat merepotkan. Untuk menghindari jumlah bawaan yang terlampau banyak, Anda bisa memilih hotel yang menawarkan fasilitas, seperti perlengkapan mandi dan air minum gratis. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari beban tas yang terlalu berat.

d. Lokasi Hotel


Agar waktu liburan bisa lebih efektif, Anda bisa memilih hotel yang terletak tidak jauh dari tempat-tempat wisata. Beberapa hotel murah di Cirebon dengan lokasi strategis bisa Anda temukan di https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/cirebon-103890/cheap-hotels-in-cirebon. Selain bisa melihat posisi hotel dari destinasi wisata terdekat, Anda juga bisa membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan.

Mudah sekali, bukan? Hotel sudah dipesan, Anda hanya tinggal fokus ke tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

2. Tempat Wisata Murah


Source: wikipedia.org

Beberapa tempat wisata populer umumnya mematok harga tiket masuk yang cukup mahal. Akan tetapi, ada juga tempat wisata yang bisa Anda kunjungi tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata murah di Cirebon:

a. Gua Sunyaragi


Gua unik yang memiliki perpaduan gaya arsitektur Eropa, Timur Tengah, Hindu, dan Tiongkok kuno ini terbuat dari tumpukan batu karang yang memiliki ruang-ruang menyerupai gua. Selain digunakan sebagai tempat beristirahat keluarga keraton, pada zaman dahulu, gua ini juga sempat dimanfaatkan sebagai lokasi pertemuan guna mengatur strategi melawan penjajah. Itulah mengapa, salah satu bagian gua tampak rusak akibat bom yang diledakkan oleh Belanda di masa lalu.

b. Keraton


Siapa bilang keraton hanya ada di Jogja? Di Cirebon, Anda juga bisa menemukan bangunan keraton peninggalan Kesultanan Cirebon, seperti Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, dan Keraton Kacirebonan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai isi bangunan keraton, Anda bisa bertanya pada pemandu. Supaya lebih hemat, Anda bisa meminta izin bergabung dengan rombongan yang sedang sama-sama berlibur di sana.

c. Pantai Kejawanan


Pantai yang berada di sisi utara Kota Cirebon ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari. Pasalnya, keelokan pantai akan mencapai puncaknya saat matahari sedang terbenam. Ya, suasana pantai dengan panorama langit semburat biru-jingga ini memang mampu membuat siapa saja ingin datang untuk menyambut malam dengan sukacita.


d. Makam Sunan Gunung Jati


Bagi wisatawan muslim, berlibur ke Cirebon tentu bisa mengingatkan mereka akan sosok salah satu wali yang berjasa menyebarkan agama Islam, yakni Sunan Gunung Jati. Setiap hari, makam Sunan Gunung Jati selalu ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah. Makam Sunan Gunung Jati dibangun di atas tanah seluas 4 hektar. Dengan arsitektur bangunan yang cukup unik dan megah, makam Sunan Gunung Jati tampaknya perlu Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda selama di Cirebon.

3. Transportasi


Source: Wikipedia

Untuk mencapai tempat-tempat wisata di Cirebon, Anda bisa menggunakan angkutan umum, ojek, atau paket tur hotel. Tentu saja, ketiga sarana transportasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Angkutan umum merupakan kendaraan bertarif termurah. Sayangnya, rute angkutan cenderung berputar-putar sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, jika memang berencana ingin melihat banyak daerah di Kota Cirebon, angkutan umum adalah pilihan yang tepat.

Jika berlibur sendirian di Cirebon dan ingin mencapai lokasi-lokasi wisata yang cukup jauh, Anda bisa menyewa jasa ojek harian. Untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa menawar harga dan membuat kesepakatan bersama.

Berwisata bersama keluarga atau rekan kantor? Tenang, beberapa hotel murah di Cirebon juga menyediakan paket tur keliling tempat-tempat wisata di Kota Cirebon dengan mobil yang nyaman. Umumnya, paket tur yang tersedia meliputi kunjungan ke lokasi-lokasi wisata populer, tempat berbelanja, pusat oleh-oleh, dan tempat wisata kuliner khas Cirebon.

Berlibur di Cirebon tidak melulu harus menghabiskan banyak uang. Pemilihan hotel murah yang nyaman, tempat wisata yang terjangkau, serta sarana transportasi yang tepat bisa membuat perjalanan wisata Anda menyenangkan. Jadi, sudah siap membawa kisah sejarah dari Cirebon?

1 comment:

  1. udah pernah kesiniii dan emang seru nuel :D

    ReplyDelete