Friday, February 24, 2017

Cara Saya Menjaga Kulit Kinza

Memiliki anak balita adalah tantangan tersendiri bagi seorang ibu, apalagi ibu baru seperti saya. Banyak hal yang harus saya perhatikan untuk membuat balita ini tetap sehat serta memiliki badan yang memiliki imun tubuh yang baik. Tentunya, makan-makanan yang bergizi serta banyak mengandung vitamin dan serat sangat berpengaruh akan kesehatannya, termasuk kesehatan kulitnya. Nah.. Kinza ini, memiliki jenis kulit yang cenderung kering dan kasar. Telapak kakinya saja sudah terasa kasar dan tebal. Tidak ada cara khusus sih dalam perawatan kulit Kinza ini. Asalkan sehat saja, saya sudah senang.



Ada keturunan Alergi


Kinza sepertinya mengikuti kulit saya, beberapa kali saya coba dengan makanan dengan protein tinggi seperti udang, kulit Kinza muncul ruam-ruam merah setelahnya. Alergi yang termasuk penyakit kulit pada anak saya ini adalah hasil ikut-ikut darah saya. Saya sendiri kalau makan makanan yang mengandung protein tinggi pasti gatalnya langsung muncul. Bahkan pernah setelah saya makan tahu tek yang mengandung petis udang yang entah kualitas nomor berapa, saya nyaris gak bisa tidur semalaman.

Badan saya dipenuhi ruam-ruam yang rata keseluruh tubuh, sampai saya nyaris pingsan juga malam itu. Sejak saat itu, saya gak mau lagi makan tahu tek yang dibeli ditempat tersebut, kapok!

Menjaga kulit dengan lotion


Meski kadang-kadang saya lupa mengoleskan lotion ke kulit Kinza yang cenderung kering, tapi dengan bantuan lotion kulit bayi saya jadi lebih halus dan segar. Selain itu, fungsi lotion juga melembabkan kulit Kinza. Saya memakaikan lotion di waktu-waktu tertentu saja, misalnya kita ada rencana keluar rumah dan panas-panasan atau akan bepergian. Namun, memang masih bayi, jadi kulitnya juga masih terjaga kelembapannya meski harus tetap di jaga.


Mandi dua kali sehari


Kalau mandi kan sudah pasti ya... apalagi anak-anak memang harus dijaga kulitnya agar terhindar dari penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lainnya. Saya tentu saja menggunakan sabun khusus bayi untuk memandikan Kinza agar kulitnya tetap lembab. Selain itu, saya juga sering menggosok bagian yang sering terpapar oleh lingkungan seperti lengan dan betis secara extra. Dengan cara ini, semoga anak saya Kinza terhindar dari penyakit kulit serta masalah kulit lainnya.

Bagaimana dengan bunda? Cara yang bagaimana yang bunda pakai untuk menjaga kesehatan kulit balitanya? share ya... semoga membantu ya...


1 comment:

  1. aduh sebel banget mbak kalau gampang alergi gitu :( thank god , aku gag ada alergi. jadi bebas makan seafood2 endeus :D

    ReplyDelete