Friday, March 31, 2017

Yuk Intip AlvaMagz, Situsnya Para Pecinta Game

Main game emang identik banget sama cowok. Tapi bukan berarti cewek enggak boleh main game kan? Justru, kadang-kadang cewek, apalagi kalo emak-emak muda kaya saya, juga enggak kalah gandrung lho kalo yang namanya main game. Walaupun mungkin yang dimainin sedikit berbeda dengan yang disukain sama cowok.

Tapi enggak sedikit juga sih cewek-cewek, yang saya tau suka main game-game cowok kayak Dota atau game-game perang kayak Call of Duty gitu. Kesannya enggak biasa, unik, tapi keren kalau ngelihat cewek mainin game cowok. Hehehe...



Ngomong-ngomong soal game, kadang kita butuh refrensi. Mulai dari pilihan game, tips dan trik mainnya, sampe info terbaru game PC atau game hape. Pilihannya pasti ada website luar negeri (english) sampai website lokal (bahasa Indonesia).


Kalau saya sih, yang orangnya rada enggak mudeng sama bahasa Inggris ini, ya... mau enggak mau nyarinya mesti website lokal lah, yang satu bahasa dengan saya.

Kalo untuk situs lokal, saya lumayan punya banyak refrensi, ada yang bagus, lengkap, sampe yang biasa aja.


Web Review


Sempat mampir ke salah satu situs review game online terbaru. Disana kita bisa tahu berbagai informasi mengenai game-game Pc dan hape, baik itu game offline maupun online. Waktu saya lihat-lihat, ternyata ada juga ulasan mengenai "6 Hero Dota 2 yang layak dicoba."

Kalo liat web, saya selalu suka sama web yang desainnya bersih dan simple. Kebetulan situs game lokal yang saya kunjungi ini juga punya desain “clean.” Tapi, ya gitu dah, selalu ada aja yang bisa dikritik kalau kita ngomongin situs orang. Ya kan..

I need menu, where did you put it?


Ketika pertama kali buka, saya agak kebingungan, dan nanya dalem ati "ini website apa sih?" Soalnya di bagian headline ada beberapa konten dengan kategori game, tapi ada juga konten yang ngebahas soal film (movie).

Bikin saya rada penasaran gitu jadinya...

Di tengah-tengah kepenasaran saya, saya berusaha mencari "menu." Ini udah bawaan orok, setiap pertama kali buka website baru, biasanya saya langsung fokus mantengin menu yang tertera untuk mengetahui semua pembahasan di dalam website tersebut. Karena dari menu kita bisa mengetahui apa saja fitur utama yang ingin disajikan kepada pembaca.

Nah, sayangnya di situs ini, ketika saya buka pakai laptop, saya enggak nemuin menu di bagian atasnya. Justru yang terlihat pertama kali adalah “trading content” alias artikel populer dan headline berbentuk metro.

Setelah saya scroll sedikit ke bawah, barulah saya bisa nemuin beberapa pilihan artikel. Tapi lagi-lagi saya mengernyitkan dahi karena di menu itu tidak ada tulisan "Game." Yang seharusnya menjadi menu utama karena situs ini, sebagian besarnya ngomongin soal game.



Alih-alih nemuin menu “Game”, saya malah nemuin menu “All”, mungkin ini sama dengan “Home.” Tapi terdengar janggal karena terasa kurang familiar. Desainernya lupa kali ya, kalo syarat web yang navigasinya mudah itu, salah satunya kudu pake istilah yang “umum.”

Mudah-mudahan yang punya situs sempet liat tulisan saya ini dan mau sedikit merubah user interface situsnya.

Menurut saya, situsnya cukup potensial apalagi kalau artikelnya diisi lebih banyak lagi. Dengan konten-konten seputar tips trik bermain game biar gampang menang atau semacamnya. Karena beberapa game-kan kita tahu sulit banget maeninnya. Bahkan game-game santai kaya Candy Crush aja kalau enggak pake strategi, kadang-kadang kita bisa kewalahan kalau udah mainin level yang rada tinggi.

Di Alvamagz banyak menampilkan review game online terbaru yang bisa kita jadikan sebagai sumber informasi game online dan offline dengan platform Pc hingga mobile, dengan os Windows sampe Android.

Web Content & loading time


Sekilas setelah saya buka dan baca beberapa artikel di sana, saya lihat artikelnya lumayan lengkap. Penulisannya lumayan enak di baca, artikel dilengkapi dengan gambar plus video, yang rata-rata kayaknya sih diambil dari YouTube.

Pertama kali saya buka situs ini dari laptop. Enggak ada masalah berarti soal loading. Mungkin karena saya make koneksi Speedy yang 10 MB. Jadi loading time-nya wus...wus... lah, sama seperti situs-situs lainnya. Lumayan ringan (Catet! bagi Pc saya).


Doest it mobile friendly?


Tapi saya juga penasaran, apakah situs ini mobile-friendly?

Karena beberapa situs kadang-kadang enggak mobile friendly, sehingga rasanya kurang nyaman saat dibuka pakai smartphone. Maksain kita pinch out-pinch in buat nge-zoom. Repot banget. Mending tinggalin aja! Cari yang lain...

Setelah saya buka pakai smartphone, ternyata Alvamagz punya template yang responsif dan user friendly (asiii...k). Tapi tunggu! lagi-lagi saya enggak nemuin menu yang saya cari. Setelah scroll sampai ke bagian akhir (paling bawah maksud saya...) barulah saya lihat menu “kategori,” ada games, movie, dan umum.

Emang ada sih "hidden menu sign" di bagian atas. Tapi setelah saya tap, enggak ada isinya. ahh... Mungkin webnya belum kelar kali ya?

Mudah-mudahan website ini segera dibenerin biar yang mampir enggak kebingungan kalau butuh navigasi.

Man! where is the comment form?


Satu hal lagi yang bikin saya rada kecewa, ternyata saya enggak bisa komenin artikel yang ada di sana. Padahal, saya hobi banget nyampah di blog orang hahaha... (maap ya yang merasa web-nya sering jadi sasaran).

Kalau ada kolom komentar kan, pasti akan sangat membantu. Disamping bisa ngomenin apa yang sedang diulas, kolom komentar juga bisa dimanfaatkan buat sharing dengan pembaca yang lain.


What!?


Baru sadar, ternyata di bagian paling bawah ada tulisan “Blog ini masih dalam Tahap Pengembangan.” #Gubrak! Pantesan aja masih banyak yang gag ada... woles aja lah... kritik dah naek ke meja redaksi. hahaha.


No comments:

Post a Comment