Sunday, April 2, 2017

Membuat Cemilan Sendiri Untuk Anak

Karena terlalu seringnya Kinza minta jajan diluar, beberapa hari lalu saya memutuskan untuk membuat sendiri cemilan buat dia. Bukannya gak boleh jajan diluar, tapi Kinza ini kalau malam suka batuk-batuk gak jelas sampai muntah-muntah sebelum tidur.

Atau bahkan pas tidurpun sampai kebangun gara-gara batuk-batuk. Dan sudah saya tandai, setiap kali Kinza abis beli makanan atau jajan diluar yang harganya lima ratusan perak itu, meski kayak gini jadinya.


Membuat Cemilan sendiri


Jadi, saya memutuskan untuk membuat cemilan sendiri. Kinza adalah anak yang gak suka makan makanan yang manis-manis. Beberapa kali beli kembang gula di tukang sayur, selalu dibirkan begitu saja kempes dan akhirnya dimakan sama semut. Makanya, setiap minta itu kembang gula, selalu pake drama nangis-nangis dulu karena saya gak ngasih.


 Bukan apa-apa, kalo makanan dibuangin kan sayang, mubazir meski harganya cuma seribu perak. Ya.. kita juga harus ajarin anak buat gak mudah buang-buang makanan donk. Abinya saja kalau ada nasi 2 hari yang lalu dan belum basi, masih dia makan. Kalau saya memang gak mau makan lagi hehe, kudu belajar juga nih saya.

Kembali ke cemilan sehat untuk anak saya ya.. dan menurut saya, masakan yang dibuat sendiri lebih terjamin. Bahan-bahan apa saja yang masuk kita bisa kontrol dan memakai bahan yang baik. Kalau jualan kan memang mereka gak mau rugi, kayak misalnya krupuk yang dijual bapak-bapak itu, saya yakin deh minyaknya udah dipake goreng ratusan kali, kalau belum habis ya gak diganti. Makanya kadang Kinza kalau minta beli tu krupuk, sampai nangis-nangis juga haha.

Stik Bawang


Nah.. kemaren saya membuat stik bawang, dan saya tebak mesti Kinza suka sama cemilan ini. Bukan hanya Kinza sih, Abinya juga doyan haha. Bahan-bahan yang diperlukan juga gampang banget. Cuma Tepung terigu, bawang putih, garam, gula, mentega, telur sebiji, air sedikit, seledri dan tentunya minyak goreng.

Berhubung saya gak punya penggiling mi, jadinya saya giling manual dengan botol kaca. Lumayan capek sih.. bikin cuma setengah kilo aja setengah harian gak selesai gilingnya. Tapi memang, kadang rasa malas yang bikin kita gak sehat hihi. Mungkin lain waktu saya share ya cara bikin cemilan yang menurut saya sehat ini. Semoga kita sebagai ibu-ibu muda enggak malas bikin cemilan-cemilan untuk buah hati agar tidak terbiasa makan jajan yang belum tentu kualitasnya.

Kalau kamu, cemilan apa yang biasa kamu bikin? Share yuk..

3 comments:

  1. Amay Aga doyan banget sama ubi rebus/goreng, singkong rebus/goreng, dan jagung rebus. Simple! :D

    Tambahan buat Amay: bubur kacang ijo. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu samalah.. anakku suka bubur sruntul, ngerti kan hahaha

      Delete
    2. Apa itu bubur sruntul? aku nggak tau

      Delete