Friday, April 7, 2017

Panduan Solo Backpacking di Kota Solo

Berwisata dengan konsep backpacking sejak beberapa tahun terakhir menjadi semakin ramai dilakukan. Menjelajah tempat-tempat baru dan mengeksplor untuk memperkaya wawasan dan pengalaman dilakukan dengan bujet terbatas. Maka dari itu, perencanaan pun harus dilakukan dengan matang.

(sumber : flipkey.com)


Kini, berkembang dari konsep backpacking, istilah solo backpacking juga semakin banyak peminatnya. Sesuai namanya, perjalanan dengan kosnsep ini  berarti melakukan perjalanan seorang diri dengan rencana pengeluaran dana seminimal mungkin. Daripada terlalu banyak menghabiskan dana untuk akomodasi, solo backpacker lebih menitikberatkan pada perjalanan dan eksplorasi di wilayah tujuan.


Wilayah mana pun bisa dikunjungi dengan konsep backpacking. Di Indonesia sendiri khususnya, beberapa wilayah menjadi destinasi favorit para backpacker lantaran daya tarik wilayah tersebut dan biaya pengeluaran harian yang tidak terlalu mencekik. Salah satunya adalah Solo, bekas wilayah Kerajaan Mataram yang masih sarat akan warisan budayanya. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan solo backpacking di Kota Solo, beberapa tips traveling berikut ini dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan perjalanan.


Pesan tiket jauh-jauh hari


Semakin jauh jarak antara waktu pemesanan tiket dengan hari H, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah. Jika jarak tempuh dari domisili tidak terlalu jauh, Anda bisa menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Solo Balapan yang terkenal. Atau jika terpaksa menggunakan pesawat, Anda bisa mendapatkan tiket promo yang biasanya memang kerap diberikan jauh-jauh hari—bahkan hingga setahun sebelumnya. Yang pasti, khusus untuk pesawat yang memiliki harga tiket berubah-ubah, semakin dekat jarak pemesanan dan keberangkatan, semakin besar pula kenaikan harga yang ditawarkan.


Bawa barang bawaan seperlunya


Hindari membawa barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Buat perjalanan solo backpacking Anda menjadi ringkas, nyaman, dan berkesan. Anda tentu bisa memperkirakan destinasi mana saja yang akan dikunjungi dan estimasi waktunya. Bawalah pakaian yang nyaman dikenakan—sesuaikan pula dengan cuaca. Yang utama, pastikan barang-barang penting seperti kartu identitas, uang, ponsel, dan barang-barang fundamental keseharian Anda tidak tertinggal.

Pelajari bahasa dan kebudayaan lokal


Anda tentu tahu bahwa masyarakat Solo identik dengan kepribadian yang sangat halus, temasuk dalam berbahasa. Ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan belajar Bahasa Jawa halus sebelum berangkat. Jika ternyata Anda toh tidak bisa berbahasa Jawa, Anda tetap dengan menggunakan bahasa Indonesia—biasakan pula untuk mengolah intonasi. Apabila Anda berasal dari Jawa tetapi tidak dapat berbahasa yang halus, lebih baik Anda tetap menggunakan bahasa Indonesia saja.


Gunakan Batik Solo Trans


Maksimalkan pengalaman backpacking Anda di Solo dengan menggunakan Batik Solo Trans untuk mengeksplor kota ini. Dengan BRT, selain merasakan ‘menjadi penduduk lokal’, Anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran. Untuk tarif umum (selain pelajar) BRT dengan AC adalah Rp4.500,00 dan nonAC adalah Rp4.000,00.

Sejak tiga tahun yang lalu, jumlah koridor BRT ada delapan. Anda bisa mencari tahu lebih banyak koridor mana saja yang kira-kira akan Anda gunakan sesuai dengan destinasi.

Pilih hotel bujet 


Selain karena wisata budaya, alam, dan kulinernya, yang menarik dari Kota Solo adalah biaya yang relatif murah. Untuk memaksimalkan pengalaman backpacking, pilihlah hotel murah di Solo. Airy Rooms memiliki banyak pilihan hotel bujet di Solo di berbagai lokasi strategis dengan fasilitas yang sangat nyaman. Dengan fasilitas di setiap kamar yang dilengkapi AC, tempat tidur nyaman, televisi layar datar, shower air hangat, dan lain-lain, wisata Anda di Solo akan menjadi lebih berkesan.



Jadi, siapa bilang solo backpacking harus selalu menginap di penginapan yang ‘murahan’? Bersama Airy Rooms, solo backpacking Anda di Kota Solo akan berkesan dengan pengalaman yang berbujet murah tanpa murahan. Hanya dengan beberapa langkah cepat dan praktis melakukan reservasi di aplikasi atau situs resmi Airy Rooms, persiapan backpacking Anda menjadi lebih efisien.

2 comments:

  1. Replies
    1. Udah ada yang nawarin sih malah, akomodasi ditanggung, cuma biaya tiketnya juga lumanyun wkwkwk

      Delete