Saturday, May 6, 2017

Sering Anyang-anyangan Saat Hamil, Minum Uri-cran Aja

Halooo... Siapa diantara kamu yang pernah ngrasin Anyang-anyangan? Anyang-anyangan atau Infeksi Saluran kemih ini pasti sudah gak asing ya ditelinga kita. Atau mungkin kamu sudah lupa apa sih anyang-anyangan itu?

Anyang-anyangan adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi nyeri buang air kecil dan buang air kecil yang tidak lancar, yang keluarnya hanya sedikit sedikit. Kondisi tersebut bisa terjadi di segala usia dan tidak mengenal jenis kelamin sehingga, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, serta perempuan dan laki-laki juga bisa terkena masalah kesehatan yang satu ini.



Umumnya, pada golongan usia, anak-anak lebih rentan terkena anyang-anyangan. Begitu juga dengan golongan jenis kelamin, wanita seperti saya cenderung lebih beresiko. Tentu saja, resiko terkena anyang-anyangan pada anak-anak dan wanita bukan tanpa alasan, sebab hal tersebut berkaitan erat dengan anatomi organ tubuh dan faktor kebersihan.


Mitos anyang-anyangan di masyarakat


Pengalaman ketika saya masih kecil dulu, saya sering mengalami anyang-anyangan yaitu, semacam perasaan ingin buang air kecil terus-menerus, dan ketika buang air kecil, air seni (urine) yang keluar hanya sedikit saja. Plus rasa sakit dan perih ketika buang air kecil. Gak enak banget pokoknya dah, udah gampang kebelet pipis, tapi juga kerasa sakit. Tapi berhubung belum ngerti, anyang-anyangan pada anak kecil ini ya agak dicuekin gitu deh.

Ketika saya beritahukan kepada orangtua, mereka spontan mengatakan penyebab sakit saat buang air kecil itu sebagai "anyang-anyangan." Setelah mengetahui itu anyang-anyangan, mereka (orangtua) akan mulai mewanti-wanti untuk:
  • Jangan minum air panas yang dicampur dengan air dingin.
  • Jangan minum air setengah matang.
  • Segera ikat jempol kaki dengan tali atau karet.
Berhubung masih anak-anak, saya hanya menurut saja dan mengikuti apa yang dianjurkan oleh orang-orang tua meskipun terkesan gak masuk akal yaa.. hehe. Dan sekarang saya mulai tahu,  menurut dunia kesehatan modern hal tersebut hanya mitos dan tidak ada hubungannya. Jadi, apa sih penyebab anyang-anyangan yang sebenarnya?


Penyebab anyang-anyangan menurut dunia kesehatan


Di dunia kesehatan anyang-anyangan lebih dikenal dengan istilah Infeksi Saluran Kemih. Penyebab anyang-anyangan diantaranya adalah:
  • Karena masuknya bakteri (terutama bakteri e-coli) ke dalam saluran kemih.
  • Disebabkan karena tekanan pada kandung kemih akibat kehamilan, yang ini sedang saya alami sekarang, anyang-anyangan karena kehamilan yang semakin membesar.


Pertama, Anyang-anyangan (ISK) karena bakteri


Kita sebagai seorang wanita, maka resiko terkena ISK jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kaum pria. Beberapa wanita bahkan beresiko mengalami infeksi berulang-ulang kali (bisa terkena 1-2 kali per tahun).

Penyebab utama mengapa kita para wanita lebih rentan terkena ISK adalah karena tabung uretra yang mengangkut urin dari kandung kemih keluar tubuh, letaknya sangat dekat dengan anus. Sehingga bakteri dari usus besar (bakteri E. coli) berada pada posisi yang sangat dekat dan berpotensi menginvansi uretra. Dari sana (uretra), bakteri tersebut bisa melakukan perjalanan sampai ke kemih kemudian menempel di dinding kemih.

Jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi ginjal. Pada wanita, resiko terinfeksi lebih tinggi karena uretra mereka lebih pendek dibandingkan dengan pria. Sehingga akses bakteri ke kandung kemih akan lebih singkat dan lebih mudah. Oh ya.. perlu diketahui juga, ternyata hubungan seksual juga bisa menyebabkan masuknya bakteri ke saluran kemih lho... Jadi kita memang harus pandai-pandai menjaga kebersihan ya.. terutama didaerah intim.


Kedua, Anyang-anyangan karena kehamilan


Biasanya wanita yang hamil tua lebih rentan terkena anyang-anyangan karena kandungan yang membesar dan memberikan tekanan pada kandung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan menyebabkan ibu hamil lebih sering buang air kecil, meskipun urine yang terdapat di dalam kandung kemih masih sangat sedikit. Seperti yang saya alami saat ini.

Apabila anyang-anyangan disebabkan karena kandung kemih yang tertekan akibat membesarnya kandungan, maka hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena tidak menyebabkan resiko bayi lahir prematur atau berat badan rendah (BBLR).

Yang menyebabkan ibu hamil mengalami peningkatan resiko melahirkan secara prematur atau melahirkan seorang bayi dengan berat badan rendah (BBLR) adalah apabila mereka mengidap Infeksi Saluran Kemih (ISK).


Gejala Infeksi Saluran Kemih


Nah.. agar kita tahu apakah anyang-anyangan yang kita alami ini berbahaya atau tidak, kita perlu tahu gejala ISK untuk mengantisipasi agar anyang-anyangan yang kita alami tidak berkepanjangan. Untuk mengidentifikasi Infeksi Saluran Kemih, biasanya beberapa gejala berikut ini akan muncul:
  • Sakit buang air kecil, umumnya terasa perih seperti terbakar.
  • Keinginan untuk buang air kecil terus-menerus (biasanya sangat intens) meskipun urine yang dikeluarkan hanya sedikit.
  • Nyeri atau sakit pada punggung.
  • Nyeri dan sakit pada perut bagian bawah.
  • Urine berubah warna menjadi lebih gelap atau keruh, kadang-kadang berdarah dan berbau aneh.
  • Tubuh terasa seperti lelah dan kadang-kadang diikuti dengan badan gemetaran.
  • Demam atau menggigil. Ini merupakan tanda bahwa infeksi sudah mencapai ginjal.


Cara mengobati anyang-anyangan (ISK)


Jika kita curiga atau sedang mengalami Infeksi Saluran Kemih, kita bisa mengunjungi pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk meminta bantuan dokter. Biasanya, oleh dokter Anda akan diminta untuk membawa sampel urine, yang akan diuji, apakah ada bakteri di dalamnya atau tidak. Tapi ternyata, ada yang jauh lebih simple dari pergi ke dokter, bisa kok membeli obat anyang-anyangan yang bisa dibeli di apotik, tentu saja kita harus pinter memilih ya..


Pengobatan dan perawatan


Pada umumnya cara mengatasi anyang-anyangan (infeksi) adalah dengan antibiotik. Manfaat antibiotik adalah untuk mengatasi bakteri. Jika kita terlalu malas untuk pergi ke dokter, kita bisa coba beberapa cara berikut ini untuk mengatasi anyang-anyangan atau mengatasi susah buang air kecil.
  • Minum 8-10 gelas air. Namun kadang minum air saja tidak cukup sehingga Anda dianjurkan untuk,
  • Minum jus cranberry. Jika kesulitan menemukan buah cranberry dan sepertinya kita memang akan kesulitan mendapatkannya. Kita bisa mengandalkan obat berbahan alami seperti URI-CRAN yang terbuat dari buah cranberry asli sebagai solusi obat alami anyang-anyangan atau ISK.
  • Hindari minum minuman yang berkafein seperti kopi, teh, minuman energi, dan minuman ringan lainnya.
  • Untuk mengurangi rasa sakit akibat gejala infeksi, Anda bisa berendam di air hangat.
  • Jika gejala bertambah buruk, misalnya sampai demam, menggigil, mual muntah, atau sakit yang parah pada punggung, segeralah pergi menemui dokter.


Studi tentang jus cranberry untuk mengatasi infeksi


Sebagai tambahan informasi dan wawasan kita tentang obat alami untuk anyang-anyangan, gak ada salahnya kan kita bahas dulu apa sih manfaat dari buah cranberry. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa jus cranberry bisa membantu mencegah dan mengobati Infeksi Saluran Kemih. Hal tersebut karena berry merah ini mengandung tannin yang dapat mencegah bakteri E. coli (penyebab paling umum Infeksi Saluran Kemih) menempel pada dinding kandung kemih, dimana mereka bisa menyebabkan infeksi.


Infeksi Saluran Kemih kronis


Satu dari 5 wanita mengalami Infeksi Saluran Kemih lebih dari satu kali. Beberapa diantara mereka bahkan bisa mengalaminya berkali-kali. Dalam kebanyakan kasus, sebagian besar infeksi tersebut disebabkan karena bakteri strain (varian genetik atau subtipe dari mikro-organisme. Misalnya, virus, bakteri, atau jamur).

Bakteri-bakteri tersebut bisa menyerang sel-sel tubuh dan tumbuh lebih kuat, sehingga mereka sulit di atasi dengan sistem imun tubuh atau dengan antibiotik sekalipun. Bakteri tersebut bisa melakukan perjalanan keluar dari sel, dan kemudian kembali menyerang, sebelum akhirnya membentuk sebuah koloni bakteri resisten antibiotik prima untuk menyerang berulang-ulang kali.

Beberapa wanita secara genetik cenderung mudah mengalami infeksi semacam ini. Beberapa wanita lainnya kadang-kadang lahir dengan kelainan pada struktur saluran kemih mereka sehingga lebih rentan terkena infeksi.

Wanita yang mengidap diabetes dianggap memiliki resiko lebih tinggi terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Dan memang, sudah seharusnya kita sebagai wanita memang harus pandai menjaga kebersihan badan agar terhindar dari penyakit-penyakit seperti anyang-anyangan. Dan berikut adalah beberapa penyebab anyang-anyangan lainnya:
  1. Multiple sklerosis
  2. Apapun yang mempengaruhi aliran urine
  3. Batu ginjal
  4. Stroke
  5. Cedera tulang belakang


Cara mencegah anyang-anyangan (ISK)


Cara mencegah Infeksi Saluran Kemih, adalah:
  • Minumlah cairan dalam jumlah cukup setiap hari antara 6-8 gelas.
  • Buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seksual.
  • Ketika kita merasa ingin buang air kecil, sebisa mungkin jangan ditahan.
  • Ketika membersihkan area kewanitaan, kita dianjurkan untuk cebok dari depan ke belakang Bukan sebaliknya dari belakang ke depan, karena berpotensi menyebabkan bakteri E. Coli lebih mudah masuk ke saluran kemih.
  • Jaga kebersihan area genital.
  • Hindari mandi busa (berendam).
  • Hindari menggunakan cairan pembersih area genital karena dapat menyebabkan matinya bakteri baik.
  • Hindari menggunakan tisu saat mengeringkan area genital setelah buang air kecil atau buang air besar.
  • Kadang-kadang beberapa jenis kontrasepsi seperti diafragma bisa menyebabkan ISK berulang.
  • Mandi singkat atau hanya sebentar (mandi bebek)
  • Hindari menggunakan celana ketat dan celana-celana berbahan sintetis (nilon) seperti spandek.


Cara mencegah ISK terjadi berulang-ulang kali


  • Saat mandi, mandilah lebih lama dan menyeluruh, dan gunakan air yang mengalir.
  • Jika menggunakan lubricated kondom atau spermisida jelly untuk mencegah kehamilan, pertimbangkanlah menggunakan kontrasepsi yang lain.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun.
  • Konsumsi Uri-cran yang mengandung jus cranberry secara rutin untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan yang berulang.


Pengalaman Mengobati Anyang-anyangan dengan Uri-Cran 


Menurut pengalaman saya yang sudah menggunakan Uricran sebagai obat anyang-anyangan untuk ibu hamil beberapa hari ini, sangat ampuh. Dan perlu diketahui, Uricran aman untuk ibu hamil, ini yang bikin saya juga tenang. Tahu sendiri kan, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan.

Memang sih, dari yang saya baca tentang kandungan utama Uri-cran, menurut studi, jus cranberry bisa membantu mengobati Infeksi Saluran Kemih dan mencegah infeksi terulang kembali. Sehingga tidak heran apabila perusahaan sekelas Combiphar kemudian mengeluarkan produk bernama Uri-cran yang bahan utamanya adalah buah cranberry (Vaccinium oxycoccos) untuk membantu mencegah re-infeksi.


Kandungan cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan


Cranberry merupakan buah yang masuk ke dalam keluarga berry sehingga memiliki banyak kesamaan dengan buah blueberry. Buah ini merupakan tumbuhan semak-semakan yang umumnya ditemukan di Amerika bagian utara dan Kanada.

Karena buah berwarna merah tua ini banyak mengandung vitamin dan antioksidan, maka banyak obat-obatan alami yang dibuat dengan bahan utama berupa buah cranberry termasuk obat alami untuk anyang-anyangan ini. Buah ini sangat populer untuk mencegah sariawan dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut tidak lepas dari tingginya kadar vitamin C yang terdapat di dalam buah ini.

Selain kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya cranberry juga banyak mengandung :
  • Mineral dan flavonoid antosianidin
  • Senyawa fitokimia
  • Sianidin
  • Peonidin, dll.
Namun untuk mengatasi Infeksi Saluran Kemih, kandungan tannin yang terdapat di dalam buah ini adalah yang paling bermanfaat, karena bisa mencegah bakteri (E. Coli) menempel pada dinding kemih. Sehingga, jus cranberry atau yang berbentuk obat herbal/alami yang terdapat pada Uri-cran juga, dianggap sebagai solusi terbaik dan ampuh untuk mengatasi susah buang air kecil (Infeksi Saluran Kemih/anyang-anyangan).

Apa Kata mereka tentang Uri-cran


Bukan hanya saya saja yang sudah merasakan manfaat dari mengkonsumsi Uri-cran sebagai obat alami anyang-anyangan, tapi sudah banyak wanita yang telah membuktikan keampuhan Uri-cran. Seperti yang dikatakan oleh seseorang yang bernama Ni Luh Putu Suciptawati melalui facebook official Uri-cran di @priveuricran

 "Karena macet, aku menahan pipis selama 4 jam akibatnya jadi anyang2an. untung dirumah selalu sedia uri-cran, anyang-anyangan jadi hilang deh"

Dan masih banyak wanita yang memiliki pengalaman positif bersama Uri-cran lainnya yang tertulis di web www.uricran.co.id.

 Sebagai seorang wanita yang juga seorang ibu dan istri, jangan sampai hanya karena anyang-anyangan kita jadi gak maksimal dalam mengurus orang-orang tercinta karena harus berkali-kali buang air kecil. Dengan Uri-cran, anyang-anyangan hilang, aktifitas jadi lancar. Yuk sedia Uri-cran dirumah mulai sekarang.

No comments:

Post a Comment