Friday, June 2, 2017

Ngaku Travel Addict? Udah Tau Istilah Liburan Ini Belum?

Yang namanya traveler, sudah semestinya tau berbagai istilah dalam dunia traveling. Dengan tahu berbagai istilah itu, kita jadi akan mudah melakukan perjalanan dan mencari berbagai informasi yang kita butuhkan.



Istilah-istilah berikut memang sudah selayaknya diketahui dan kalau perlu dimengerti supaya kita bisa mendapatkan pengalaman traveling yang nyaman dan menyenangkan.


Tapi, bagi seorang travel addict berbagai istilah liburan nampaknya sudah bisa diingat di luar kepala. Pasalnya, kebanyakan dari mereka pastinya bisa dengan mudah mengetahui makna di balik istilah yang ditemuinya selama perjalanan.

Apalagi sudah jadi rahasia umum kalau saat liburan terlebih menggunakan pesawat dan jasa hotel, banyak sekali istilah yang digunakan dan itu kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Jangan sampai karena tidak mengerti istilahnya kita jadi salah paham.

Dengan mengerti istilah-istilah liburan ini juga, kita bisa terhindar dari yang namanya tersesat di bandara, bahkan sampai ketinggalan pesawat. Saat pesan hotel pun kalau sudah mengerti istilahnya kita bisa terhindar dari kerugian gara-gara salah pesan.

Nah, kamu ngaku travel addict? Kalau iya, apa kamu sudah tau berbagai istilah liburan berikut ini? Coba yuk cek satu per satu.

Accompanied: Ini adalah istilah dalam pembelian tiket untuk bayi atau anak-anak yang harus didampingi orang tua.

Alternate Aerodrome: Bandara alternatif atau bandara lain yang akan dipilih jika tidak bisa mendarat di bandara tujuan.

Anything to declare: Istilah ini biasa berbentuk pertanyaan dan diajukan oleh petugas bea dan cukai untuk menanyakan apakah kamu membawa benda-benda seperti alkohol dan rokok.

Apron: Sebutan untuk tempat parkir pesawat.

Baggage Tag: Pernah lihat kan stiker yang ditempelkan pada koper dan tas kamu? Istilahnya adalah Baggage Tag. Ketika check in, petugas akan memberikan stiker tersebut untuk memberi tanda pada bagasi penumpang, termasuk tanda kategori barang pecah belah.

Boarding Pass: Sebuah tiket yang akan diberikan pada penumpang sesaat sebelum naik pesawat. Ketika penumpang telah memegang boarding pass, tandanya ia telah melewati proses check in dan siap untuk naik pesawat.

Booking: Proses pemesanan dan pembelian tiket.

Cabin Attendant: Seseorang yang bertugas di area kabin pesawat, atau yang lebih dikenal dengan pramugari atau pramugara.

Carry-on luggage: Sering juga disebut hand luggage, tas maupun koper yang dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat.

Check-in luggage: Tas maupun koper yang disimpan di bagian kargo pesawat.

Climbing: Istilah sebutan ketika pesawat sedang terbang naik.

Connecting Flight: Proses pindah ke pesawat lain saat transit di bandara. Sangat mungkin pergantian pesawat tersebut menggunakan dua maskapai yang berbeda.

Dangerous Good: Barang bawaan yang dapat membahayakan keselamatan dalam penerbangan.

Descending: Istilah untuk proses pesawat ketika sedang terbang turun.

Direct Flight: Penerbangan antara tempat asal hingga tempat tujuan tanpa harus melakukan transit.

Double room: Istilah ini untuk kamar penginapan yang diperuntukkan dua orang, meskipun kadang kasur yang disediakan satu buah tapi berukuran king size.

Fare: Jumlah biaya yang dibebankan kepada penumpang beserta barang bawaannya yang berdasarkan jenis kelas.

Go-Show: Istilah untuk calon penumpang yang membeli tiket dengan mendatangi langsung bandara dan konter maskapai.

Metal: Sebutan untuk benda-benda seperti perhiasan, uang logam, dan kunci.

No-Show: Penumpang yang sudah booking tiket pesawat dan membayarnya tapi tidak muncul saat pesawat sudah akan terbang.

Ocean Front: Berbeda dengan Ocean View, kamar dengan istilah Ocean Front terletak di lantai dasar dan memiliki teras yang langsung mengarah ke laut.

Ocean View: Kamar dengan istilah ini adalah kamar yang berada di lantai atas dan memiliki pemandangan langsung ke arah laut.

Single Room: Ini adalah istilah untuk kamar dengan satu kasur yang diperuntukkan satu orang.

Ticketing Time Limit: Batas waktu konfirmasi pemesanan tiket oleh penumpang.

Transit: Pemberhentian antara kota keberangkatan dan tujuan. Bisa satu kota atau lebih.

Triple room: Kamar dengan istilah ini dikhususkan untuk tiga orang. Di dalam kamar jenis ini ada satu kasur twin bed dan satu kasur tambahan.

Twin room: Nah, bedanya twin room dengan double room terletak pada jumlah kasurnya. Kamar twin room juga diperuntukkan dua orang hanya saja terdapat dua buah kasur yang terpisah.

Nah, sudah tau kan apa saja istilah dalam dunia traveling. Makin banyak tau makin banyak informasi yang kamu dapetin, makin asik juga kan liburannya.

Jadi ngga salah paham lagi saat berkeliling di bandara maupun saat pesan dan menginap di hotel. Liburan jadi nyaman dan tenang.

Sekarang jadi tau juga istilah penerbangan yang sering kita temui kalau traveling dengan menggunakan pesawat. Psst, sudah reservasi tiket buat liburan mendatang belum? Yuk, buruan cari tiket promo di Reservasi.com yang ngasih diskon s/d Rp. 1 Juta sekarang!



1 comment:

  1. Meskipun buksn traveller, tapi informasi di atas bermanfaat banget buatku. Mungkin saja suatu saat aku bakal sering bepergian, who knows? Hehe.

    Terimakasih untuk infonya ya mvak Khusnul

    ReplyDelete