Friday, June 9, 2017

Puasa Hari 14, Nyiapin Menu Sahur Apa Aja?

Hayooo.. siapa yang doyan tidur lagi kalau abis sahur? Yang ngacungnya paling tinggi mesti rutin nih haha.. Dan aha.. saya juga mungkin bagian dari kalian juga nih, tidur sehabis sahur. Bulan Ramadhan ini, saya kebetulan juga pindah rumah kontrakan yang tadinya setahun 6 jeti pindah ke separonya, oh no.. kurang 250ribu, gak sampe 3 jeti satu tahun. Pertimbangannya ya.. kalau bisa dapet rumah yang lebih murah meski sederhana ya sudahlah, toh juga masih ngontrak. Lumayan banget 6 jeti dipake leyeh-leyeh, eh ditabungin dink :D.

menu sahur sehat


Dan.. memang sih, harga sebanding dengan apa yang akan kita dapat. Dulu sepulang dari Kaltim, sewa 12 jeti untuk 2 tahun itu murah banget, rumahnya juga bagus gak kayak waktu di Kalimantan, rumahnya masih papan dan diatas rawa, itupun biaya sewa 800 ribu perbulan, beda banget. Tapii.. berhubung kita di Jawa, jadi harga segitu ya murah aja. Namun belakangan, ternyata rencana kita nyari rumah yang udah renov dan tinggi masih juga terkena banjir, yasudah, kalau sama sama banjir, mending simpen aja uangnya kan.


Kita ganti ke topik utama ya, ke acara sahur. Saya dan si Mas gak pernah menyiapkan menu makan sahur yang mewah. Karena memang banyak banget uang yang harus kami keluarkan dibulan ini. Dari bayar kontrakan, benerin rumah kontrakan, sampai hal remeh lainnya yang lumayan ngabisin uang tabungan yang sebenernya gak ada isinya juga haha. Jadinya saya juga harus super irit buat nahan jajan. Dan karena saya juga sedang hamil, makanya jajan juga harus diatur, gak semuanya bisa masuk kayak pas gak hamil atau menyusui.

Menu-menu Sahur sederhana di bulan Ramadhan


Menu sahur yang biasa saya buat ya paling sering telur, dimacem-macemin. Selain gampang bikinnya, telur juga gampang nyimpennya. Telur untuk menu sahur kadang hanya saya dadar aja, kadang saya tambahkan kornet atau bikin tahu telur.

Diawal Ramadhan yang masih dikontrakan lama, lumayan saya bisa bikin bacem tahu telur untuk menu sahur kita. Cuma setelah pindah rumah, saya lebih males ke dapurnya. Efek penyesuaikan diri dan efek males repot juga sih haha.

Berusaha pake Sayur untuk menu sahur


Nah ini, bulan Ramadhan itu kita harus pinter juga ngatur makanan yang masuk. Dan kadang, sayuran itu sulitnya masuk perut saat puasa. Padahal, sayuran yang dengan serat seabrek sangat dibutuhin buat pertahanan saat puasa. Nah.. Paling banter, saya nyiapin bayem, sawi, sayur sop, terong, kecambah aja sih. Kalau pas sahur, saya siapinnya sore abis buka puasa gitu. Dan paginya tinggal direbus aja sambil ngancurin bumbu pecel yang udah jadi. Simple banget, gak pake repot.

Apalagi saya sedang hamil, kebutuhan seratnya juga harus dibanyakin. Meski kalau pagi sering kelewat aja tukang sayur karena ketiduran abis sahur haha.

Menu Sahur yang Sehat itu apa aja sih?


Menu sahur  yang sehat adalah menu yang mencukupi kebutuhan kalori tubuh kita, mungkin itu ya. Tapi yang pasti.. disetiap sahur saya berusaha untuk makan kurma, minum susu, minum vitamin untuk ibu hamil. Selain itu, saya juga makan sayur dan lauk pauk sederhana untuk sahur seperti tahu dan tempe. Jangan lupa buat selalu nambahin sayur didalam menu sahur ya.. InsyaAllah perut dah penuh itu, makannya dikit-dikit tapi bergabung semua haha. Dan gak lemes juga sih pas puasanya.

Sampai sekarang, menu sahur yang saya buat untuk saya dan suami ya itu-itu saja. Gak pernah masak yang aneh-aneh. Untungnya si Mas gak protes haha. Kalau kamu, menu sahurmu apa aja selama 14 hari Ramadhan ini? Share yuk..

2 comments:

  1. Aku dan suami juga nggak pernah macam-macam untuk menu makan sahur. Kalau suami sih, yang penting ada nasi, sedangkan aku, malah kadang cuma sahur dengan beberapa butir kurma, teh atau susu hangat dan air putih. Yang penting harus ada mie instan dan telur. Mie tinggal dimasak, telur tinggal didadar atau diceplok. Berasa anak kos deh hahaha

    ReplyDelete
  2. Aku dan suami juga nggak pernah macam-macam untuk menu sahur. Kalau suami yang penting ada nasi, sedangkan aku, terkadang sahur hanya dengan beberapa butir kurma, teh manis atau susu hangat dan air putih. Diusahakan ada buah agar tidak kekurangan serat bagi tubuh. Yang jelas, mie instan dan telur harus selalu ada. Masak mie kan praktis, kalau telur tinggal diceplok atau didadar. Berasa anak kos deh, hahaha

    ReplyDelete