Thursday, July 20, 2017

25 Manfaat Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) dan Cara Mengolahnya

Tanaman lidah buaya adalah spesies tanaman sukulen yang memiliki daging batang (gel) cukup tebal, berwarna bening transparan. Gel tersebut telah dimanfaatkan oleh manusia sejak lama untuk berbagai keperluan, mulai dari obat-obatan, membersihkan, dan sering juga dimanfaatkan sebagai bahan utama kosmetik. Jadi jangan heran kalau melihat krim wajah hingga shampoo yang diperkaya dengan tanaman lidah buaya.



Para penduduk Mesir kuno menjuluki tanaman ini dengan julukan "Immortality." Selain karena fungsi lidah buaya yang luas, alasan lain mengapa tanaman ini banyak dimanfaatkan adalah karena memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Berikut adalah daftar beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya:

  1. Gel lidah buaya mengandung 96% air
  2. Beberapa senyawa organik dan anorganik
  3. Mengandung kurang lebih 20 jenis asam amino, sejenis protein yang ditemukan di dalam tubuh
  4. Mengandung vitamin A, B, C, & E
  5. Di dalamnya juga terdapat berbagai jenis mineral seperti: kalsium, fosfor, zat besi, dan lain-lain.


Cara membuat jus tanaman lidah buaya


Ambil 1-2 batang tanaman lidah buaya kemudian belah di bagian tengahnya.
  1. Pilihlah batang yang tua karena memiliki konsentrasi antioksidan-nya sangat tinggi.
  2. Cairan yang merembes keluar adalah gel lidah buaya yang segar.
  3. Peras gel dari batang tanaman lidah buaya kemudian tempatkan di sebuah wadah atau mangkuk
  4. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan sekitar 1 cangkir air
  5. Blender gel lidah buaya tersebut untuk di ekstrak
  6. Gel hasil ekstrak tersebut bisa bertahan antara 3-4 hari sebelum kehilangan kandungan antioksidannya.


Manfaat tanaman lidah buaya (Aloe vera)


Di sini saya akan mencoba membahas beberapa manfaat dan fungsi tanaman lidah buaya untuk kesehatan, kecantikan, dan lain-lain.


Untuk kesehatan


  1. Sifat anti-inflamasi yang sangat tinggi, yang terdapat di dalam aloe vera bisa membantu menyembuhkan masalah usus.
  2. Mengkonsumsi secara rutin jus aloe vera selama kurang lebih 2 minggu bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh seperti: rematik, radang telinga, sakit mata, dan artritis.
  3. Jika mengalami nyeri otot atau nyeri sendi, terapkan gel lidah buaya untuk mengurangi nyeri.
  4. Jika kamu memiliki masalah pencernaan yang parah, kamu juga bisa meminum jus lidah buaya tersebut untuk menstabilkan kadar alkali di dalam tubuh dan untuk mengatasi refluks. Tanaman lidah buaya merupakan salah satu pilihan pencahar alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit.
  5. Jika kamu punya kolesterol tinggi, kamu juga bisa memanfaatkan aloe untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dan mengurangi trigliserida di dalam darah. Sertakan jus lidah buaya ke dalam diet harianmu untuk menjaga tingkat kolesterol dan untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  6. Apakah saat ini kamu mengalami kelebihan berat badan? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan aloe vera untuk menurunkan berat badan secara alami. Karena kandungannya bisa membantu menstabilkan tingkat metabolisme, mengurangi kadar lipid, dan membantu membakar lemak.
  7. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan mulut. Gunanya adalah untuk mengurangi gingivitis serta plak. Jika kamu mengalami sariawan atau radang, kamu juga bisa memanfaatkannya gel lidah buaya untuk meredakannya.
  8. Sejak dahulu, lidah buaya dikenal sebagai salah satu obat alami yang bisa membantu mengatur kadar gula darah sehingga sangat baik bagi para pasien diabetes, terutama apabila dikonsumsi secara teratur.
  9. Campuran 1 gelas air dengan 2 sdt (sendok teh) jus tanaman lidah buaya dan minum setiap pagi. Manfaatnya bisa untuk detoksifikasi atau membersihkan tubuh dari racun. Manfaat lainnya adalah untuk membantu mengobati bisul dan mendetoksifikasi sistem pencernaan.
  10. Apabila mengalami sakit gusi atau radang pada gusi, kamu bisa menerapkan langsung gel lidah buaya untuk meredakannya.
  11. Jika ingin membersihkan atau mencuci mata, gunakan campuran 2 sdt (sendok teh) gel lidah buaya dan satu cangkir air. Manfaatnya adalah untuk mengurangi iritasi atau mata merah.
  12. Jika kamu menderita masalah sinus konstan, salah satu obat alami yang baik dan bisa kamu pilih sebagai alternatif adalah gel aloe vera karena di dalamnya mengandung magnesium laktat yang bisa bekerja sebagai anthistamin untuk membantu mengurangi masalah sinus dan inflamasi yang disebabkan oleh alergi.
  13. Mengkonsumsi secara rutin jus lidah buaya bisa membantu melawan berbagai jenis kanker karena di dalamnya terkandung anti karsiogenik yang cukup tinggi. Anti karsiogenik tersebut bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker.
  14. Manfaat lain dari jus lidah buaya adalah untuk meningkatkan imun tubuh karena apabila dikonsumsi secara teratur, lidah buaya bisa memenuhi kebutuhan asam amino
  15. Apabila kamu sering mengalami flu, batuk, hidung tersumbat, bronkitis, hingga gangguan pernapasan lainnya, jus aloe vera bisa jadi solusi alami terbaik untuk masalah kesehatan tersebut.


Manfaat jus tanaman lidah buaya untuk kulit


Tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit. Kamu tidak perlu khawatir karena jus tanaman ini cocok digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan antara lain:
  1. Manfaat yang pertama adalah sebagai properti anti penuaan karena bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal, lebih cerah, mengurangi noda, dan sekaligus membantu meremajakannya.
  2. Bermanfaat juga untuk melembabkan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga keriput atau tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus bisa dikurangi. Jika kamu memiliki masalah stretch mark, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk menguranginya.
  3. Laki-laki juga bisa memanfaatkannya untuk mengurangi iritasi dan peradangan pada kulit terutama setelah bercukur.
  4. Jika kamu memiliki jerawat akut, coba terapkan aloe vera di kulit wajah secara rutin. Karena menurut para ahli dermatologi aloe vera mengandung properti anti-mikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat tidak hanya baik untuk mengatasi jerawat, namun tanaman ini juga bisa membantu mengurangi atau menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.
  5. Jika kamu membutuhkan sunblock alami, kamu bisa memanfaatkan gel aloe vera untuk mencegah agar sinar matahari tidak membahayakan kulit. Akan tetapi, menggunakan gel aloe vera saja untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari sebenarnya tidak cukup.
  6. Apabila kamu digigit serangga, kamu bisa menerapkan gel lidah buaya langsung di permukaan kulit untuk mengurangi efek gigitan.
  7. Gel aloe vera memiliki sifat hydrating yang baik untuk melembabkan kulit, sehingga cocok diterapkan dalam segala cuaca untuk mencegah agar kulit tidak kering dan kusam.


Manfaat tanaman lidah buaya untuk rambut


Rambut apabila tidak dilindungi akan menjadi mudah rusak, rapuh, dan kering. Apalagi jika rambut setiap hari terkena debu, polusi, dan sinar matahari. Salah satu solusi alami terbaik untuk menjaga kesehatan rambut adalah tanaman lidah buaya yang cocok diterapkan hampir di semua jenis rambut, terutama rambut kering dan rusak. Beberapa manfaat atau fungsi lidah buaya yang bisa didapatkan apabila menerapkan gel lidah buaya di rambut adalah:
  1. Mempercepat pertumbuhan rambut. Aloe kaya akan enzim proteolitik yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati penyebab tersumbatnya pori-pori kulit kepala. Apabila pori-pori kulit kepala tersumbat, hal tersebut akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan folikel rambut yang baru. Sebum yang terakumulasi dari waktu ke waktu di kulit kepala dapat menyebabkan masalah rambut seperti kebotakan parsial. Jadi, apabila kamu menerapkan secara rutin di kulit kepala, gel lidah buaya akan membantu membersihkan kulit kepala dan membantu menyuburkan rambut.
  2. Menjaga keseimbangan PH. Sejak zaman dahulu, aloe vera sudah digunakan secara luas untuk mengatasi ketombe. Properti enzimatik dan sifat anti-jamur yang terkandung di dalamnya adalah dua hal yang akan sangat bermanfaat untuk mengurangi ketombe di kulit kepala. Selain manfaat tersebut, sebenarnya gel lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kulit kepala seperti psioriasis dan seborrhea.
  3. Mendinginkan kepala dan rambut. Tambahkan 2 sdt (sendok teh) gel lidah buaya ke dalam conditioner lalu gunakan setiap hari. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan sifat pelembab pada conditioner tersebut sehingga rambut akan menjadi lebih halus dan lembut.


Cara membuat masker alami dari lidah buaya


Masker lidah buaya dan tanah liat


  1. Tambahkan setengah sdt (sendok teh) gel lidah buaya ke dalam masker tanah liat
  2. Kemudian tambahkan beberapa tetes air mawar serta madu. Lalu aduk hingga membentuk pasta
  3. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dan dibilas dengan menggunakan air hangat. Kemudian keringkan.


Masker lidah buaya dan buah


  1. Kamu bisa mencampurkan beberapa buah favorit untuk dijadikan sebagai masker mulai dari pepaya, pisang, jeruk, apel, dan lain-lain.
  2. Kemudian tambahkan satu sdt (sendok teh) gel lidah buaya ke dalamnya lalu aduk rata: Jika kamu menginginkan, kamu juga bisa menambahkan satu sdt (sendok teh) minyak almond untuk mengatasi kulit kering.
  3. Terapkan di kulit wajah dan diamkan selama 20 menit, sebelum dibilas dengan menggunakan air dingin.


Campurkan gel lidah buaya dengan air mawar dan minyak almond untuk merawat kulit kering dan sensitif


  1. Sediakan dua sdt (sendok teh) gel lidah buaya kemudian campurkan dengan 1 sdt (sendok teh) air mawar dan satu sdt (sendok teh) minyak almond.
  2. Tambahkan pasta mentimun segar lalu aduk hingga rata.
  3. Gosok-gosokkan kulit wajah selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan campuran bahan-bahan tersebut.
  4. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.
Manfaatnya adalah untuk menghidrasi dan menghaluskan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, mengatasi kelebihan minyak, dan kelebihan sebum.

4 comments:

  1. Hmm, emang enak tah nuel lidah buaya kalau di jus? Belum pernah nyoba sih

    ReplyDelete
  2. Saya pernah lihat lidah buaya jd campuran es. Kaya nata gitu. Tp blm pernah nyoba

    ReplyDelete
  3. Aku makai lidah buaya buat rambut aja. Yg lain blm pernah. Jd masker adem kali ya

    ReplyDelete
  4. Banyak sekali manfaatnya, pengen nyoba yg masker

    ReplyDelete