Monday, July 3, 2017

Hello July, Belajar Memahami Anak Yuk

Bulan Juli ini diawali dengan Kinza yang sakit mendadak, gak tau karena kebanyakan minum air kamar mandi pas gosok gigi atau karena dia siang-siang bolong yang panas banget minta mandi. Ngeliat Kinza sakit ya repot juga, soalnya dia gak kayak biasanya yang lompat sana lompat sini. Lari kesana kemari sambil mainan gak ada diemnya. Orang bilang dia hiperaktif, tapi saya bilang dia cuma super aktif karena diwaktu-waktu tertentu Kinza juga bisa duduk diam dan fokus.



Kelincahan dia yang menurut saya adalah bentuk kecerdasan yang gak perlu saya halang-halangi atau larang. Selama tidak berbahaya buat dirinya dan tidak merugikan orang lain. Tapi tetep, kalau dirumah orang kadang saya bingung sendiri gimana cara nyegah dia buat gak lompat-lompat kayak dirumah.


Gak takut orang


Yang saya sukai dari Kinza adalah dia yang gak punya takut sama orang lain, gak pernah malu-malu didepan orang ataupun suka sembunyi dibalik rok Ummi-nya kalau sedang keluar rumah. Rasa percaya diri yang dia punya luar biasa, sampai saya ditegur oleh saudara karena kelincahan anak saya.

"Gak pernah kamu takut-takutin sih, makane kayak gitu (*gerak terus dan gak mau diem)" Ya.. iyalah.. gak ada alasan buat saya nakutin anak saya dengan sesuatu yang gak penting seperti badut, anjing apalagi hantu, ih gak banget :D.

Maklumi saja, Anak Kecil suka ingin tahu


Pastilah, anak kecil pasti pengen tahu banyak hal karena memang dia masih baru didunia ini, masih harus mengenal banyak hal baru. Saya sendiri kadang kurang bisa memaklumi kelakuan Kinza yang kadang bikin greget. Padahal, mencoba hal baru adalah bentuk kecerdasan dia mengenal sesuatu dan mencoba hal baru. Harus berani berkorban banyak, waktu biaya dan tenaga.

Seperti beberapa waktu lalu, Kinza sudah ingin bikin susunya sendiri. Pertama saya biarkan meski berantakannya MasyaAllah.. Kedua saya diemin, meski tumpahnya dimana-mana, dan selanjutnya saya gak kuat juga karena sudah malam mau tidur jadinya saya minta dia untuk menahan keinginannya. Entah ngerti apa enggak ya haha.. Rempong pokoknya dah :D.

Mencoba Memahami mereka


Ya.. Saya hanya berusaha untuk belajar memahami anak-anak saya setiap harinya. Tanpa memperdulikan pendapat orang lain yang sekiranya gak ada hubungannya dalam hal pengasuhan serta tanggung jawab terhadap anak-anak saya. Karena terlalu peduli dengan omongan orang akan merubah banyak hal yang seharusnya diterapkan dalam mendidik anak dengan benar. Ya.. begitulah kira-kira :D.



2 comments:

  1. Masing-masing orangtua mempunyai pola sendiri dalam mengasuh anak. Yang penting btetap mau belajar menjadi orangtua yang baik ya, mbak :)

    ReplyDelete
  2. Anakku sekarang masa tantrum sepertinya nuel, pelampiasan karena sudah tidak mau mimik dot

    ReplyDelete