Saturday, July 22, 2017

Kehamilan Week 30, Apa yang Dirasain?

Alhamdulillah.. kehamilan kedua ini InsyaAllah sudah memasuki usia minggu ke 30. Makin deket dengan hari kelahiran, makin deg-deg'an, makin seneng, makin campur aduk rasanya. Apalagi pas denger jantung dedek saat diperiksa, Subhanallah.. senyum-senyum sendiri meski sekarang kalau berdiri sudah gampang capek, sudah gampang sakit pinggang karena dedek dalam perut udah makin membesar.



Untungnya.. suami ngerti banget, dibanding kehamilan pertama yang kayaknya jiwa kebapak'annya belum ada, sekarang dikehamilan kedua, jiwa kebapak'annya sudah saya rasakan manfaatnya hehe.

Nah, bagi kamu yang pengen tau apa aja sih yang saya rasakan salam kehamilan kedua di minggu ke 30 ini, saya akan share melalui tulisan yang untuk selingan biar gak posting job aja tiap hari haha.


Kaki Bengkak? Enggak kok


Di kehamilan kedua ini, saya gak ngalamin bengkak kaki yang sering dialami oleh wanita hamil kebanyakan. Bukan hanya dikehamilan kedua, saat hamil Kinza dulu kaki saya juga gak bengkak. Badan saya terlihat normal, enggak gendut dan gak ada perubahan signifikan selain perut yang membuncit. Sampai di week 30 ini, berat badan saya sudah naik 5kg. Sempat khawatir waktu puasaan berat badan saya turun 2kg, tapi setelah puasaan naik lagi 3kg Alhamdulillah.

Rata-rata ibu hamil, akan kehilangan berat badannya saat ikut puasa Ramadhan, temen saya juga yang sedang hamil berat badannya turun saat bulan Ramadhan. Jadi, bagi kamu yang mungkin lagi hamil di bulan Ramadhan terus berat badannya turun, gak usah khawatir ya..

Untuk urusan kaki bengkak, saya gak tau penyebabnya apa, karena pengalaman saya hamil 2 kali ini, tidak mengalaminya. Tergantung setiap wanita sepertinya, jadi saya gak bisa share masalah kaki bengkak yaa..

Sakit Pinggang? Iya donk..


Sakit pinggang? Yaaa.. jangan ditanya lagi haha. Pinggang terasa mungkin cepet pegel secara mendadak gitu lah. Karena beban di depan (perut) makin membesar, otomatis pinggang juga akan kena dampaknya. Apalagi kalau dipakai berdiri, bukan hanya pinggang yang mudah lelah, kaki juga makin gak bisa nahan lama-lama untuk berdiri.

Kalau malam? Jangan ditanya, rasanya kaki linu-linu asik gitu lah haha. Minta aja suami pijitin, InsyaAllah bisa reda dan sedikit enteng. Meski besoknya ya bakalan sakit lagi, tapi nikmatin aja.. Ibu hamil memang harus memiliki rasa-rasa yang asik itu. Nikmat.

Susah Tidur? Iya sih, kadang


Nah yang ini, akhir-akhir ini saya susah tidur malam dengan cepat. Mungkin karena kelelahan atau mungkin gak juga sih. Kegiatan saya dirumah aja sehari-hari, nglakuin apa aja kalau gak capek, kalau capek saya berhenti dan rebahan. Bukan wanita yang aktifitas diluar rumah, jadinya saya juga lebih santai dan ngatur apa aja itu sesuai dengan kondisi tubuh.

Yang penting ada masakan, waktunya makan sudah tersedia meski dapur masih berantakan yaaa.. dimaklumi aja haha. Peran dan pengertian suami memang sangat dibutuhkan istri yang sedang mengandung. Apalagi kalau harus minta dituruin pijit-pijit kaki dan pinggang, ngerasa disayang pokoknya haha. Dan moment ini gak ada disaat kita gak hamil, beda pokoknya :D.


Makin Berdebar, Enggak Sabar


Yaaahh.. masak keluhan aja nih yang di share, padahal banyak juga perasaan seneng-seneng saat hamil apalagi memasuki minggu-minggu mendekati kelahiran. Di minggu ke 30, kamu bakal ngrasain hati berdebar setiap hari menunggu due date si baby ini. Saat kakinya nendang kanan kiri atau tangannya lagi coba cakar-cakar perut ibunya, duh makin deg-deg'an pokoknya. Seneng ngrasai dia yang ada didalam sana beraktifitas dan jungkir baik muter-muter dalam rahim.

Selain itu, kamu juga bakal dibikin berdebar pengen tau apakah posisinya udah sesuai dengan jalan lahir atau masih muter sana sini. Untuk saya sih, gak begitu penasaran apa jenis kelamin anak kedua saya nanti. Saya lebih prioritaskan kesehatan bayi, yaa paling gak makan dibanyakin, terutama sayur. Kadang saya agak males gitulah makan sayur, padahal murah meriah haha.

Dan yaaa.. Masih banyak sih sebenarnya, dan itu cuma bisa kamu rasain pas hamil aja. Semoga yang belum pernah merasakan padahal udah nunggu lama.. Allah berikan rezeki dan amanah buah hati ya.. Aamiin..

No comments:

Post a Comment