Wednesday, July 12, 2017

Tips Bersepeda untuk Mengajarkan Si Kecil Bersepeda Roda Dua  

Bersepeda menjadi aktivitas yang amat disukai oleh hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa sekalipun. Selain bisa menyehatkan tubuh, bersepeda juga memberikan manfaat kesehatan dan mampu menghilangkan stres. Untuk itu, sangat baik jika Anda bisa mulai mengenalkan dan mengajarkan sepeda ketika anak masih di usia dini. Tips bersepeda untuk bisa mengajarkan anak sebetulnya tidak begitu sulit, asalkan orang tua mau memberikan sedikit waktunya bersama si kecil untuk melatihnya secara kontinyu.



Bagi para orang tua yang ingin mengajarkan anak untuk bisa bersepeda roda dua, maka berikut ini beberapa langkahnya:

1. Perlengkapan lengkap


Perlengkapan untuk melatih anak bersepeda bukan hanya sekedar sepeda saja. Anda juga perlu mempertimbangkan keamanan dari si kecil sebelum melatihnya. Pastikan lengkapi perlengkapan keamanan si kecil mulai dari helm, sepatu, pakaian yang aman hingga pelindung sikunya.


2. Sepeda yang tepat


Setiap anak berkesempatan untuk berlatih sepeda di umur yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan agar sepeda yang akan digunakan sesuai dengan usia si kecil. Sepeda dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat mereka kesulitan dalam memakainya. Tambahkan juga roda kecil penyangga untuk bisa menjaga keseimbangan selama berlatih. Namun jika anak sudah terbiasa memakai sepeda roda empat atau tiga, maka ada baiknya jika langsung melatihnya sepeda roda dua. Hindari membiasakan memasang salah satu roda kecil karena anak akan terbiasa menggunakan sepeda di posisi yang miring.


3. Lokasi


Untuk melatih anak dalam bersepeda, lebih baik memilih tanah lapang berumput sebagai langkah awal sehingga ketika anak jatuh, cedera yang timbul tidak terlalu serius. Anda juga bisa mencari medan-medan tertentu agar anak bisa lebih berlatih keseimbangan misalnya dengan lokasi sedikit turunan dan tanjakan.


4. Posisi


Posisi tempat duduk, tinggi rendahnya akan mampu memberikan kontribusi anak untuk bisa cepat dalam menguasai sepeda. Usahakan agar posisi kaki anak bisa menapak di tanah sehingga ketika Ia akan jatuh maka kaki bisa langsung refleks untuk mencegahnya. Ajarkan juga si kecil untuk memulai kayuhan sepedanya dengan cara berdiri dengan satu kaki di tanah dan satu kaki lagi di pedal nya sehingga pedal mampu mendorongnya.

5. Cara rem


Jelaskan pula fungsi rem pada anak sehingga anak mampu mengetahui cara mengerem yang benar. Jangan biarkan Ia terbiasa mengerem terlalu keras karena bisa menyebabkan jatuh.

Mungkin awalnya Anda dan anak kesulitan dalam mempraktikkan tips bersepeda tersebut. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jika Anda mampu konsisten dalam melatihnya maka anak akan cepat menguasai bersepeda. Dengan mengajarkannya bersepeda sejak dini, maka akan melatih fisik dan kemampuan motorik nya.

No comments:

Post a Comment