Thursday, July 13, 2017

Warung Nasi Tempong Mbok Nah, Wisata Kuliner Banyuwangi yang Patut Disambangi

Kumparan - Banyuwangi, apa yang paling kamu ingat dari kota yang berada di ujung timur pulau Jawa ini?

Bagi kamu yang suka traveling sambil berwisata kuliner tentunya kamu tahu jika kota yang dijuluki Sunrise of Java ini memiliki kuliner yang tak boleh terlewatkan. Salah satu makanan khas Banyuwangi yang paling diburu oleh para pelancong adalah Nasi Tempong. Kata tempong sendiri mempunyai arti 'tampar' yang mengibaratkan seseorang akan merasa seperti 'ditampar' saat mengigit sambal ini. Kalau sudah ngomongin sambal, rasanya mulut udah pengen ngiler duluan ya..

Nasi Tempong 'Mbok Nah' (Foto: Instagram/@hobimakan.banyuwangi)

Disebut juga sebagai Sego Tempong, seporsi nasi tempong terdiri dari kumpulan sayuran rebus seperti bayam, kenikir, daun kemangi dan lauk tahu, tempe, bakwang jagung goreng, ayam goreng, dan ikan jambal goreng tepung.

Hidangan nasi tempong yang menggugah ini bisa kamu nikmati di tiap sudut kota Banyuwangi karena banyak sekali tempat di kawasan ini yang menjual nasi tempong, termasuk Warung Nasi Tempong Mbok Nah.


Warung nasi sederhana ini dianggap sebagai tempat makan nasi tempong yang paling ramai disambangi. Sering mendapatkan empat sampai lima bintang di berbagai aplikasi rekomendasi tempat makan, kelezatan sepiring nasi tempong hasil racikan mbok Nah tak perlu diragukan lagi.
Terletak di jalan Letkol Sugiono, Kertosari, Banyuwangi, Warung Nasi Tempong Mbok Nah mudah ditemui karena letaknya yang berada di pusat kota.

Menurut pengakuan beberapa orang yang pernah menyambangi tempat ini, Sego Tempong Mbok Nah terkenal dengan lauk pauknya yang lengkap. Aneka pilihan lauk seperti  ayam goreng, pepes, telur dadar, ikan goreng dan ati ampela serta bayam dan kemangi rebus siap temani sepiring nasi dengan sambalnya yang mampu bikin mata melek.

Rumah makan yang sering disebut sebagai salah satu tempat makan ikonik di Banyuwangi ini juga tawarkan sajian minuman seperti es teh manis, es kopi, es jeruk, jeruk jangat dan bahkan temulawak.

Selain rasanya yang bisa puaskan lidah dan perut, harga yang ditawarkan pun relatif murah dan tak akan bikin isi dompet menipis. Dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam 10 malam, Warung Nasi Tempong Mbok Nah tak pernah terlihat sepi pengunjung.
Kamu pun harus siap-siap mengantre jika berkunjung kesini saat jam makan tiba mengingat bangunan rumah makan yang tak terlalu besar.

Bagi pecinta pedas, maka wajib berkunjung ke Warung Nasi Tempong Mbok Nah yang rasa sambalnya bisa bikin kamu ketagihan.

Tidak percaya? Buktikan sendiri dengan mengikuti kumparan Getaway saat perayaan Ijen Green Run pada tanggal 22-24 Juli mendatang. Daftarkan segera diri kamu untuk mendapatkan kesempatan menikmati indahnya kota Banyuwangi sambil puas berwisata kuliner. Yuk, ikutan!

Sumber artikel dari Kumparan.com

No comments:

Post a Comment