Sunday, August 13, 2017

Batuk Saat Hamil, Nyiksa Banget!

Entahlah.. Saya merasa kehamilan kedua ini nampaknya lebih berat dari kehamilan sebelumnya. Banyak sekali godaan dan rintangan yang saya hadapi, ecieh rintangan. Tapi ya.. Alhamdulillah.. gangguan kehamilan itu sendiri bukan hal yang fatal dan berbahaya. Dari pertama janin ini berada di rahim saya, saya udah kena sakit hingga 3 hari gak bisa bangun. Alergi dingin saya makin parah, makanya saya sudah gak ada rencana pulang ke Rumah mbahnya Kinza di Wonosalam minggu-minggu mendekati kelahiran ini. Bisa sesak sampai pagi saya disana karena kedinginan.



Kemudian, saya sama sekali gak bisa minum air dingin atau apapun yang berbau dingin-dingin. Padahal makanan dingin itu enak banget dinikmatin pas lagi panas panas haha. Begitu saya makan atau minum dingin, alamat bakalan sesak dan batuk disertai meler berhari-hari. Dan yaa.. semuanya memang harus dinikmatin tho..


Kena Flu beberapa hari


Karena serumah bertiga ini yang paling sering nularin flu itu Kinza, jadinya kita serumah kena flu. Kinza ini lumayan sekali kalau dibilangin jangan suka minum air mentah. Dilarang malah kayak disuruh. Kesukaan Kinza yang main air ini bikin saya geregetan kadang. Apalagi setiap mandi minta gosok gigi plus kumur dan langsung airnya dimasukin keperut alias diminum. Yaa.... meskipun saya dan Abi-nya udah ngasih air mateng buat kumur-kumur, tetep aja Kinza masukin bumbu air mentahnya kedalam gelas kumur.

Dan taraaaa... mungkin saking seringnya dia kena air mentah, akhirnya Kinza kena flu juga beberapa hari. Meski Kinza gak panas, cuma anget aja badannya karena dia mau minum vitamin, tapi kita ketularan juga. Dan kalian tau nggak.. Kinza malah nuduh saya yang minum air di kamar mandi haha..

Pas dia liat saya batuk gak berhenti-berhenti, dia ngliatin saya sambil nyeletuk tanpa rasa bersalahnyaa..

"Dak minum-minum kamar mandi ya, Um.."

Whatttt!! Saya yang sibuk sama urusan dada sesak dan batuknya yang MasyaAllah bikin seluruh perut sakit, pengen ketawa denger omongan Kinza. Saya dibilangin gak boleh minumin air kamar mandi hahahha... lucu banget sih :)). Dan kata itu dia ucapin setiap saya batuk-batuk karena dahak yang gak mau keluar.

Batuk saat hamil, Obatnya susah


Selain air hangat dan dibelikan beberapa vitamin c sama Abi Kinza, saya sebagai ibu hamil gak bisa konsumsi obat sembarangan. Saking gak kuatnya, saya pergi ke dokter kandungan tapi.. pas dokternya enggak praktek emaren. Hamil memang gak bisa konsumsi obat-obatan bebas, jadi ya.. mau gak mau selama 3-4 harian terakhir ini saya sibuk ngurusin sesak di dada. Sampai gak bisa tidur siang malem meskipun udah ngantuk berat. Sampai si Mas balurin minyak pijit dimana-mana tetep gak bisa tidur, sedih pokoknya. Makanya gak update blog juga, udah males haha.

Mulai membaik


Dan hari ini.. Alhamdulillah saya udah mulai membaik, waktunya memperbaiki makanan yang gak bisa masuk saat batuk. Minumpun saya kurang banyak jadinya. Makin kesini saya makin grogi buat nyambut hari kelahiran anak kedua. Tapi... senengnyaaa rasanya saya ini, udah gak sabar pengen nimang bayi lagi hihiihi. Dan semoga saya udah gak kena flu lagi selama sisa kehamilan ini, Aamiin..

2 comments:

  1. sehat selalu ya mbak, lancar semuanya hingga persakinan nanti ... aamiin.
    kemarin saya juga sempat batuk pilek, dan rasanya emang gk enak banget bapil pas hamil itu hihihi.

    ReplyDelete