Friday, September 8, 2017

Adegan Video yang Bisa Bikin Kinza Ngakak

Sebenarnya, dulu saya bukanlah orang yang suka nonton video baik melalui Youtube ataupun situs-situs lain sejenisnya. Saya lebih suka nulis di blog ataupun melakukan hal lain saat berada di depan komputer. Meskipun duduk seharian didepan komputer karena tuntutan pekerjaan (Jaga warnet pekerjaan, kan haha) tetap saja saya gak begitu suka nonton. Namun, sejak menikah saya suka ditunjukin suami video-video yang ia lihat seperti permainan gitar akustik kesukaannya atau video klip dari lagu-lagu kesukaannya dan malah kadang ditunjukin video bola yang semuanya nyaris saya gak suka hzzz...



Nah, sekarang ketambahan lagi si Kinza yang doyan banget nonton Youtube karena emang gak ada TV dirumah. Kadang saya juga ikut mantengin juga apa yang dia lihat untuk mengantisipasi kalau-kalau ada video yang disaranin itu gak boleh dilihat sama dia. Kan banyak banget video di youtube itu, gak peduli yang liat siapa, tetep aja kadang kontennya gak sesuai sama anak-anak.


Kinza, Suka Ngakak Sendiri


Tapi namanya anak-anak pastilah secara naluri suka video yang anak-anak banget gitu, kartun. Meskipun itu kartun, tapi saya sering ihat Kinza bisa ngakak sendiri pas nonton. Ekspresi dia bener-bener lepas sampai saya aja heran, ngapain sih ketawa, orang bukan Video lucu juga. Pas saya ikutan nimbrung.. eh ternyata emang Kinza suka tertawa ngakak pas iat video itu di adegan yang "tiba-tiba". Kayak misalnya ada salah satu tokoh kartun dalam video yang di tontonnya jatuh, ngguling atau tiba-tiba nabrak sesuatu, itu dia ngakak banget.

Dulu awal-awal kenal Youtube, Kinza suka nonton lagu anak-anak kayak finger family, Baby shark dari Pinkfong yang lagi booming sekarang ini dan masih banyak lagi. Tapi, belakangan Kinza saya lihat lebih sering nonton video yang memiliki cerita, kayak cerita bus Tayo dan malah dia mau nonton Film. Baru kemaren dia saya ajakin nonton Despicable Me 3, dan itu kayaknya dia juga suka karena ada adegan yang make gelembung-gelembung gitu, balon katanya.

Jangan Cuma nonton


Berhubung dia seneng banget nonton video kalau didepan laptop (karena gadget Abi-nya dicemplungin kedalam bak mandi) jadinya saya bisa memberikan selipan dikit-dikit. Saya bisa menyampaikan pelajaran-pelajaran kecil yang bisa dia ambil dari video tersebut. Misalnya di video cerita Bus Tayo ini, disana banyak sekali pelajaran yang bisa saya sampaikan sama Kinza. Meskipun belum ngerti-ngerti banget, adalah kewajiban saya untuk memberitahu tentang kebaikan dan budi pekerti melalui apapun medianya.

Jadi, gak cuma nonton sia-sia saja, bukan hanya tertawa dan senang-senang. Adegan-adegan yang ada disana juga perlu dijelaskan agar anak ngerti, sedang apa dan bagaimana seharusnya kita ketika terjadi sebuah kejadian seperti itu.

Kalau anak Bunda, suka nonton video apa? Asal jangan suka nonton TV aja ya.. semua yang ada di channel TV Indonesia itu menurut saya enggak mutu banget haha. Duh, tontonannya nggak mendidik dan kadang malah lebih ke ngajarin anak kita buat pinter bullying gitu lah. Setuju gak sih?

No comments:

Post a Comment