Tuesday, October 24, 2017

Ketika Kebersamaan Terhalang Oleh Gadget

Saya pernah melihat sebuah iklan yang ceritanya itu sebuah keluarga yang kurang bisa menikmati kebersamaan mereka meskipun selalu bersama-sama setiap hari. Mereka seolah menjadi orang asing antara satu sama lainnya. Dan terakhir saya tahu, kebersamaan yang mereka jalani memang tidak sempurna karena kurangnya komunikasi serta perhatian satu dengan yang lainnya. Banyak hal yang menjadi penyebab lain selain kurangnya komunikasi dan perhatian, salah satunya adalah gadget.

Kebersamaan


Pasti kita pernah ngalamin gimana garingnya sebuah suasana yang didalamnya semua orang sibuk dengan gadget yang mereka pegang sendiri-sendiri. Seolah gak melihat ada orang lain disekitar mereka dan kepedulian kepada sesama jadi kurang juga akhirnya. Padahal, jika kita mau sedikit saja memperhatikan sekitar dengan sebentar meletakkan gadget kemudian berbicara dengan mereka, pasti kegaringan itu gak bakalan ada. Paling gak, kita gak jadi manusia individual lah, kan tujuan kumpul biar bisa berbagi satu sama lain, kalau semuanya pakai gadget jadinya tujuannya gak tercapai donk :D.


Kebersamaan yang Tidak berkesan


Beberapa waktu lalu, saya melihat timeline Facebook saya diisi dengan konten yang lucu menurut saya. Jadi ceritanya sepasang suami istri dan anaknya sedang pergi kesuatu tempat. Karena mereka sedang menunggu, maka ada waktu untuk mereka berdua saling ngobrol secara langsung sambil menunggu. Yah.. karena saya tau, pasangan ini jarang bertemu dirumah karena keseharian sang suami yang berada ditempat kerja dari pagi sampai malam tanpa hari libur.

Nah lucunya itu, ditempat yang sama bahkan mungkin duduk bersebelahan, mereka ini menggunakan facebook untuk komunikasi. Saling berkomentar di sosial media yang mereka miliki. Saya jadi mikir, ngapain harus saling komentar, langsung ngomong aja kan enak. Disanalah yang menjadikan kebersamaan tapi tidak memberi kesan sedikitpun meskipun bersama.

Padahal bisa saja diwaktu menunggu dengan waktu yang gak banyak itu dia bisa mendengarkan cerita anaknya ataupun keluhan istrinya bahkan sebaliknya bukan. Kebersamaan yang terhalang oleh gadget masing-masing. Satu lagi, perkara rumah tangga itu bukan konsumsi publik lo, ini juga harus di ingat selalu.

Gunakan Gadget pada tempatnya


Kebanyakan orang sekarang, membeli gadget bukan karena kebutuhan, tapi karena tuntutan lingkungan. Orang mana sih yang sekarang gak punya gadget touch screen, semua orang khususnya anak muda mesti pegang handphone layar sentuh ini. Kadang penggunaan gadget ini kadang memang gak tau tempat dan waktu. Ada saatnya kita harus meletakkan gadget kita saat sedang bersama seseorang.

Yaa.. jangan sampailah gara-gara gadget kebersamaan yang kita miliki dengan orang lain menjadi sebuah keburukan atau meninggalkan kesan yang kurang baik. Semoga kita bisa menempatkan diri ya.. karena kebersamaan yang kita miliki dengan orang-orang terdekat tidak bisa terulang kembali dengan situasi yang sama.

No comments:

Post a Comment