Thursday, October 26, 2017

Mempersiapkan Kembali Makanan Pendamping ASI Untuk Zayn

Mempersiapkan kembali makanan pendamping ASI untuk anak kedua saya tentu saja harus dimulai dari sekarang. Sedikit cerita sebelumnya, pasca melahirkan secara caesar, saya banyak sekali mengalami hal baru. Dari ngrasain gimana perihnya luka bekas operasi sampai yang susah gerak karena luka tersebut. Ya.. mungkin bisa dibilang agak lebay sih sayanya, tapi jujur, jika bisa milih antara lahiran normal atau Caesar saya lebih milih normal. Selain proses penyembuhan yang gak selama operasi, mau ngapa-ngapain juga gak was-was gitu lah sama perut.

Makanan Pendamping ASI

Tapi.. kita gak pernah tahu kan takdir Allah itu berjalan buat kita yang bagaimana. Yang pasti, saya sangat percaya bahwa setiap step kehidupan yang kita jalani adalah yang terbaik untuk kita. Nah berhubung Zayn sekarang udah mau 2 bulan, saya coba cari-cari kembali artikel tentang makanan pendamping ASI, biar update aja hehe.



Memberi yang terbaik


Tentu saja untuk anak pasti orang tua ingin mrmberi yang terbaik buat mereka. Saat ini, saya sedang berusaha memberikan ASI terbaik untuk Zayn. Adek Kinza ini beda banget sama kakaknya dulu yang sedikit-sedikit suka nangis sampai kayak teriak gitu. Yang tengah malam suka bangun dan nangis sekencang-kencangnya sampai beberapa jam. Kalau Zayn, dia anaknya tenang banget, sampai-sampai susah banget buat dibangunkan saat saya mau ngasih Asi ke dia. Tapi mau gak mau ya.. Zayn harus tetep minum Asi ditengah hobi tidurnya.


Mempersiapkan MPASI


Ya.. masih inget sih sebenarnya apa saja yang saya kasih ke Kinza waktu dia mulai saya beri makansn pendamping ASI ini. Saat iti saya antusias banget bikinin Kinza makanan macem-macem. Saya seneng lihat dia makan ini dan itu, gak pilih-pilih karena emang belum bisa milih sih haha.

Meskipun begitu, saya bakal update lagi ilmu tentang MPASI ini buat Zayn. Biar dia juga dapat menu-menu yang gak biasa dan bervariasi dan tentunya mengandung banyak Gizi buat dia. Ya.. anggap saja dulu pas ngasih masnya mpasi sebagai percobaan aja haha..


MPASI itu, penting gak sih?


Jadi sebenarnya MPASI itu penting gak sih? Tentu saja sangat penting. Saya memiliki sepupu yang dari kecil itu dia gak makan nasi sama sekali, hanya minum susu aja. Jika saya bandingkan dengan anak saya Kinza yang makan apa aja dan juga minum susu, tentu saja sangat berbeda dari banyak hal.

Sepupu saya terlihat sangat rapuh, selain itu pertumbuhan yang dia alami juga kayaknya kurang signifikan. Susu saja tidak akan mencukupi kebutuhan gizi anak. Apalagi masa-masa pertumbuhan terjadi saat anak berusia dini.

Dan disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu dia tumbuh baik. Semua anak memang kadang malas makan, jadi kita sebagai orang tuanya harus memastikan kalau makanan bisa masuk ke tubuhnya. Memang sulit, tapi itulah perjuangan agar anak menjadi pribadi yang kuat secara fisik. Dan tentu saja untuk kecerdasannya.

No comments:

Post a Comment