Saturday, November 25, 2017

Teh Jahe Sebagai Alternatif Teh Sehat untuk Keluarga dengan Segudang Manfaat

Teh jahe boleh saja enggak sepopuler teh hijau atau teh hitam. Tapi nyatanya, teh jenis ini justru memiliki banyak khasiat untuk kesehatan yang seharusnya kita tahu. Minum-teh sudah sejak lama jadi kebiasaan umum di masyarakat Indonesia. Sehingga, nggak heran kalau ngeliat, teh sering disajikan dalam berbagai kesempatan; saat kita bertamu misalnya, saat ada kondangan, bahkan ketika kita bersantai sambil nonton TV dan menikmati cemilan--teh sering terlihat menemani kita.

teh jahe


Secara khusus, jahe sering digunakan dalam pengobatan pengobatan tradisional karena sering dimanfaatkan sebagai obat herbal yang terbukti mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Dalam seni pengobatan Cina, jahe dikenal sebagai obat tradisional yang bisa mengembalikan Yang (energi panas).

Enggak hanya di Timur (seperti di Cina maupun India), teh jahe secara luas telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan tradisional dan untuk diambil sejumlah manfaatnya di negara-negara Barat.

Nah, bagi kamu yang pengen tahu apa saja manfaat teh jahe untuk kesehatan, kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini.


Manfaat rutin minum teh jahe

1. Meredakan mual


Kalau kamu sering merasa mual pada saat berkendara, entah itu naik motor, naik mobil, naik kapal, atau naik kereta api, dan kalau kamu nggak suka minum obat anti mabuk, kamu bisa mempertimbangkan teh jahe.

Minum secangkir teh jahe sebelum bepergian dapat mencegah mual dan muntah yang berhubungan dengan mabuk kendaraan. Kamu juga bisa minum saat merasa mual di kendaraan, atau setelah tiba di tujuan untuk meredakan perut yang terasa seperti diaduk-aduk.

Secangkir teh jahe adalah hidangan yang paling tepat untuk dihidangkan kepada tamu, keluarga, atau teman-teman yang datang ke rumah setelah melakukan perjalanan jauh.


2. Teh jahe bisa meningkatkan kinerja lambung


Manfaat lain yang harus kamu tahu mengenai teh herbal ini adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan kemampuan pencernaan dalam menyerap makanan. Jadi, kalau kamu nggak sengaja makan kebanyakan dan merasa kekenyangan, akhiri dengan minum teh jahe agar perut terasa lebih nyaman.


3. Bisa membantu mengurangi peradangan


Peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas bisa diatasi dengan menggunakan jahe yang mengandung sifat anti-inflamasi. Membuat minuman jahe atau minum teh jahe merupakan obat tradisional yang paling efektif mengatasi masalah otot dan peradangan. Selain diminum, air jahe, secara khusus, dapat juga dimanfaatkan untuk merendam sendi yang meradang.


4. Mengatasi masalah pernapasan


Ketika kamu mengalami flu dan sulit bernafas karena hidung mampet, coba hirup dan minum secangkir teh jahe hangat untuk mengurangi gejala tersebut. Secangkir teh jahe bisa membantu melonggarkan pernapasan dan membuat kita bernapas lebih lega ketika mengalami flu.


5. Membantu meredakan ketidaknyamanan saat menstruasi


Bagi kamu cewek-cewek yang sering merasa nggak nyaman atau sakit ketika menstruasi, kamu perlu mencoba minum teh jahe hangat yang di campur madu untuk meredakannya. Selain diminum, kamu juga bisa mengkompres perut bagian bawah dengan menggunakan teh jahe hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan untuk mengendurkan otot-otot.


6. Dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah


Teh jahe mengandung asam amino mineral dan sejumlah vitamin yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi kemungkinan mengalami masalah kardiovaskular.

Yang lebih penting lagi, jahe memiliki kemampuan dalam mencegah serangan jantung dan stroke, karena jahe bisa mencegah penumpukan lemak di arteri.


7. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Ada kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalam jahe, yang tidak hanya bermanfaat untuk melawan menangkal radikal bebas, melainkan juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kita enggak mudah sakit atau terserang flu.


8. Rangkuman berbagai manfaat teh jahe

  • Membantu tubuh menyerap nutrisi
  • Membantu meringankan sakit perut
  • Membantu mengatasi Irritable Bowel Syndrome
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Bisa membantu melawan kanker
  • Membantu mengelola kadar glukosa
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan
  • Dapat meningkatkan produksi asam lambung
  • Melindungi kita terhadap penyakit Alzheimer
  • Mengatasi gangguan saluran pernapasan
  • Mengurangi peradangan pada penderita rematik
  • Meredakan ketidaknyamanan saat menstruasi
  • Mampu meredakan stress
  • Bisa juga dimanfaatkan untuk merangsang nafsu makan

No comments:

Post a Comment