Tuesday, January 9, 2018

Cake Chiffon Keju, Si Manis dan Gurih

Belakangan ini, suami dan saya juga anak saya yang  besar suka sekali bikin cake. Gak jarang saya suka membuat cake-cake sederhana saat akan pergi kesuatu tempat seperti berkunjung kerumah suami atau yang lainnya. Kegemaran ini sebenernya pengen diseriusin sih, karena kemaren sempat dapat cashback dari salah satu toko online favorit, saya dan suami berniat untuk membelikan uang tersebut untuk oven. Ya.. biar hobi kita tersalurkan dengan sempurna gitu deh..

foto ilustrasi from pixabay

Di beberapa kesempatan, Cake selalu jadi hidangan utama di rumah saya ketika ingin menonton acara TV yang seru. Baik itu film, serial TV, maupun pertandingan olahraga, pasti cake wajib hadir. Mungkin karena keripik atau kacang sudah terlalu mainstream, kali ya. Hihihi. Apalagi suami saya yang sukanya nonton bola tengah malam sambil ngemil apapun yang ada di dapur. Dan kadang-kadang,ng sayang beberapa cemilan yang dia minta atau kadang dengan bahan-bahan seadanya yang ada di dapur.

Nah ada beberapa cake yang menjadi andalan saya nih, Selain banana cake, donat, terang bulan. Ada lagi nih andalan saya yaitu chiffon keju yang terasa manis dan gurih. Suka sekali membuat kue ini, Karena membuatnya gampang dan bahannya pun tidak sulit.


Bahan-bahan:


  • 125 gram tepung terigu protein rendah 
  • 75 gram gula pasir halus 
  • 90 gram minyak goreng 
  • 80 ml susu cair 
  • 5 kuning telur 
  • 5 putih telur 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/2 sendok teh cream of tartar 
  • 75 gram gula pasir 


Bahan Taburan:

50 gram keju cheddar parut

Cara membuat

  1. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula pasir. Aduk rata.
  2. Campur minyak goreng dan susu cair. Aduk rata. Tuang dalam campuran tepung terigu sambil diaduk rata.
  3. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  4. 4.Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  5. Tuang ke campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Tuang dalam loyang chiffon tanpa dioles. Taburkan keju cheddar.
  6. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 45 menit sampai matang.


Ketika cake sudah jadi, biasanya saya potong kecil-kecil dan dihidangkan pada mangkuk. Ya, mirip popcorn, lah. Hehe. Bedanya popcorn memerlukan tenaga ekstra untuk mengunyah. Sedangkan chiffon ini tidak perlu kunyahan. Langsung meleleh di lidah. Jadi cocok untuk teman menonton TV bersama keluarga, kan?

Oh iya, saya biasanya menonton melalui TV Panasonic yang terkenal dengan keawetan dan kualitas gambarnya. Nah, kalau Anda tertarik juga ingin membeli TV Panasonic, kini harga TV semakin terjangkau, lho. Anda bisa mengeceknya di http://panasonictv.id/product/detail/32-e302 untuk spesifikasi yang lengkap. Psst, ini seperti punya saya di rumah, lho. Awet banget meskipun dinyalakan seharian. Gambarnya juga seperti nyata. Jadi saat saya menonton film Tom Cruise, dia seperti lagi main di rumah saya. Hahaha.

No comments:

Post a Comment