Thursday, January 11, 2018

Kreasi Camilan Biskuit Bayi Alami Buatan Sendiri

ASI merupakan makanan sempurna untuk bayi sejak lahir hingga usianya 2 tahun. Meski begitu, ketika usia anak menginjak 6 bulan dirinya sudah sepatutnya diberikan makanan tambahan yaitu makanan pendamping ASI. Umumnya makanan tambahan bayi ini bisa berasal dari buah, sayur dan masih banyak lagi. Namun pastikan juga Anda tahu riwayat alergi pada anak jika ada. Anda juga bisa memberikan anak biskuit bayi sehingga menjadi camilan tambahan anak.



Memberikan biskuit pada bayi bukan hal yang sembarangan. Beberapa kriteria biskuit yang tepat pun Anda harus mengetahuinya. Untuk kriteria biskuit yang boleh diberikan pada bayi diantaranya biskuit harus cepat larut di dalam mulut bayi sehingga bayi tidak akan tersedak. Selain itu orang tua pun harus memperhatikan kandungan gula di dalam biskuit itu mengingat kandungan gula berlebih tidak direkomendasikan. Kandungan gandum, gluten hingga susu sapi di dalam biskuit juga perlu dipahami dan pastikan bayi Anda tidak punya riwayat alergi dari bahan tersebut. Jangan lupa pengawet dan pemanis yang ada di biskuit yang juga kurang baik untuk kesehatan si kecil.


Memang agak susah mendapatkan biskuit bayi yang memang pas untuk kesehatan si kecil. Namun ada opsi lain yang bisa Anda berikan untuk si kecil yaitu dengan membuat sendiri biskuit itu. Biskuit buatan sendiri ini bisa menyesuaikan dengan kreativitas sang Ibunda dalam membuatnya. Anda bisa menyesuaikan juga dengan riwayat alergi atau kesehatan khusus pada si kecil sehingga bisa menyesuaikan selera. Berikut ini contoh resep biskuit pisang yang bisa Anda coba buat untuk camilan si kecil yang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas:

Bahan:


  • Telur 1 butir dan ambil kuningnya saja.
  • Unsalted butter 60 gram, lelehkan lalu diamkan hingga dingin.
  • Pisang besar ½ buah, lumatkan.
  • Keju cheddar 50 gram, parut.
  • Tepung beras 7 sendok makan, ayak.
  • Tepung tapioka 2 sendok makan, ayak.
  • Tepung maizena 1 sendok makan, ayak.
  • Tepung terigu 2 sendok makan, ayak.


Cara membuat:


  1. Pertama siapkan semua bahannya dulu sesuai dengan takaran yang ada.
  2. Selanjutnya kocok kuning telur sampai berubah warna lalu masukkan unsalted butter dan aduk sampai rata.
  3. Tepung beras, tepung tapioka, tepung maizena dan tepung terigu yang sudah diayak tadi, masukkan ke dalam kocokan telur. Jangan langsung dituang, namun perlahan sedikit demi sedikit saja.
  4. Lanjut masukkan keju dan pisang dan aduk semua bahan sampai merata dan tidak ada yang menggumpal.
  5. Cek lagi adonan dan jika belum kalis, Anda bisa menambahkan tepung terigu dan aduk lagi sampai kalis.
  6. Jika sudah dirasa kalis, cetak sesuai selera dan mulai taruh di atas loyang. Jangan lupa loyang sudah di olesi mentega.
  7. Mulai panaskan oven dan langsung panggang sampai matang atau sekitar 30 menit.
  8. Jika sudah siap, tunggu dingin lalu masukkan ke dalam toples.


Itulah resep mudah membuat biskuit pisang yang lezat dan gurih untuk si kecil. Pembuatannya sendiri bisa disesuaikan lagi misalnya Anda bisa mengurangi gula, menambah buah atau cara lainnya yang disesuaikan dengan kondisi si kecil. Ternyata membuat biskuit bayi sendiri sangat mudah bukan? Namun jika Anda tidak ada waktu membuat sendiri, maka bisa juga dengan memesan di situs belanja online biskuit alami dan organik untuk bayi dimana sudah banyak dijual dengan ragam varian rasa lezat.

1 comment:

  1. Wah, resep baru yang bisa dicoba nih. Kalo lagi iseng, saya coba di kosan ah buat cemilan hihi

    ReplyDelete