Thursday, February 1, 2018

6 Penyebab Utama Mesin Genset Overheat

Salah satu hal yang membuat genset rusak ialah overheat atau kepanasan. Tak heran tempat service genset pun banyak menerima kasus seperti ini. Memang, apa yang menyebabkan mesin genset overheat?



Pada mesin, pembakaran di ruang bakar akan menghasilkan energi untuk menggerakan piston dan crankshaft. Pembakaran ini akan menghasilkan panas yang harus dibuat ke udara. Overheat terjadi ketika panas dari pembakaran gagal dibuang dengan baik. Jadi suhu mesin akan naik di atas batas toleransi kerjanya.

Ada beberapa penyebab overheat yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya.


Ada kebocoran pada sistem pendingin

Biasanya hal ini disebabkan karena pipa air bocor atau pompa airnya bermasalah. Akibatnya, air tidak dapat bersirkulasi secara sempurna dan lambat laun akan habis.


Air radiatornya habis

Selalu perhatikan level air radiator. Jika air menunjukkan level rendah, maka isi dengan air bersih segera. Sama seperti kasus kebocoran. Air yang habis akan membuat suhu mesin menjadi panas.


Fan belt putus

Fan belt berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin dengan kipas radiator. Jika fan belt ini putus, maka kipas radiator tidak berputar dan tidak akan ada angin yang akan mengeluarkan panas dari radiator. Maka selalu periksa kembali fan belt sebelum genset dinyalakan.

Kehabisan minyak pelumas

Periksa selalu ketersediaan minyak pelumas. Jika sudah menipis, segera ganti secara berkala. Minyak pelumas ini berfungsi untuk mencegah dan mengurangi keausan yang diakibatkan oleh kontak langsung antara permukaan logam yang satu dengan lainnya.

Tutup radiator cacat

Pastikan tutup radiator masih dalam kondisi baik. Karena jika tutup radiator bermasalah, tekanan udara di dalamnya akan berkurang. Nah, jika tekanan udara tinggi, maka titik didih pun juga tinggi. Sebaliknya, jika tekanan udaranya rendah, maka titik didihnya pun rendah.


Terdapat sumbatan atau kerak pada radiator

Adanya sumbatan pada pipa kapiler radiator akan mengakibatkan air tidak lancar mengalir. Sementara kerak di radiator akan menghalangi kontak langsung antara air dengan permukaan kisi-kisi radiator, sehingga panas tidak bisa dibuang dengan benar.

Kalau sudah begitu, Anda harus pandai memilih tempat Service genset yang profesional agar masalah bisa teratasi dengan baik.

No comments:

Post a Comment