Thursday, February 1, 2018

Cara Memilih Web Hosting Murah dan Berkualitas

Beberapa hari belakangan ini saya kembali disibukkan dengan kegiatan 'cari-cari nama domain dan hosting' yang sebenarnya sudah lama sekali sejak terakhir kali saya mengotak-atik hosting-an. Kali ini, karena ada temannya suami yang kebetulan ingin dibuatkan blog/website untuk menunjang usahanya. Mau nggak mau, saya pun akhirnya terlibat dan sibuk mencari cara memilih web hosting murah dan berkualitas, karena dulu saya juga sudah pernah punya pengalaman sedikit.



Walaupun pada awalnya agak tersendat-sendat karena harus mengingat kembali berbagai cara setting domain dan hosting. Tapi itu semua tidak berlangsung lama, pasalnya sebagian besar hostinger interface tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya.

Beli domain murah atau sewa hosting bagus, berkualitas, plus murah saat ini rasanya makin mudah aja. Bagi saya pribadi, yang paling terasa, kehadiran internet berkecepatan tinggi dan banyaknya pilihan penyedia layanan web hosting adalah alasan mengapa semuanya terasa makin gampang. Dan itu jugalah yang membuat saya betah bergelut dengan dunia internet (website dan blog).


Ngomong-ngomong soal web-hosting, bagi kamu para blogger (newbie) yang saat ini sedang cari-cari server tempat menaruh website atau blog (data); atau bagi kamu yang kebetulan baru membuka bisnis dan ingin lebih profesional dengan dukungan website, kamu wajib menggunakan web hosting jika ingin lebih mudah meng-customize, profesional, dan maksimal secara SEO. Mengapa? Berikut adalah alasan mengapa sewa hosting lebih baik dibandingkan dengan hosting gratisan (free hosting).


Kelebihan hosting berbayar (paid hosting) dibandingkan dengan hosting gratisan


Ada banyak penyedia hosting yang bisa kita temukan di internet, mulai dari platform yang gratisan macam WordPress, Blogspot, Weebly, Tumblr, LiveJournal, hingga yang berbayar (lokal maupun internasional) yang murah, berkualitas, atau sebaliknya. Ngomong-ngomong soal penyedia layanan lokal yang berkualitas dan murah adalah hostinger.co.id.

Salah satu layanan hosting di Hostinger.co.id

Bagi kamu yang selama ini sudah terbiasa dengan Blogspot atau WordPress versi gratisan, berbagai kekurangan versi gratisan yang sering kamu rasakan seperti: kesulitan menyimpan database, sulit customize website, tidak didukung email profesional, dll. Sebaliknya, kamu akan merasakan hal yang berbeda ketika menggunakan versi berbayar. Di mana fasilitas, bandwidth, speed, space (storage) unlimited, hingga TOS longgar akan kamu dapatkan. Secara otomatis, berbagai fasilitas dan kelebihan tersebut akan bikin website kamu makin profesional dan ngebut saat diakses.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan-kelebihan paid hosting:


SEO (Search Engine Optimization)


Alasan pertama yang harus menjadi pertimbangan ketika kita memilih paid hosting adalah optimasi search engine optimization (SEO) yang lebih mudah karena fasilitasnya yang super lengkap. Sehingga, website kita bisa bersaing untuk memperebutkan page one di (mesin pencarian) Google (search). Dengan begitu, konten bagus yang telah kamu buat, desain profesional yang telah kamu rancang, hingga berbagai macam bisnis yang kamu jalankan akan lebih mudah ditemukan dan dilihat. Sehingga, pengunjung yang akan datang ke website-mu akan jadi makin ramai dan banyak.


Platform yang lebih maju dan canggih


Alasan kedua adalah karena paid version memiliki platform yang lebih maju, profesional, serta canggih. Hal ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan tampilan atau desain sebuah website/blog sehingga akan terlihat lebih pro.


Tidak ada iklan yang mengganggu


Bagian paling menyebalkan dari memilih free hosting adalah iklan yang sangat mengganggu. Akibatnya, banyak pengunjung yang akan merasa tidak nyaman atau terganggu dengan kehadiran iklan-iklan yang disisipkan oleh penyedia layanan versi gratisan.


Kamu bisa menggunakan domain sendiri


Versi gratisan biasanya akan menyertakan nama domain dari penyedia layanan. Misalnya kalau kamu menggunakan WordPress atau blogger, secara otomatis di belakang nama blog atau website akan tercantum tulisan WordPress dan Blogger. Contoh, www.nama.blogspot.com apa www.nama.wordpress.com.

Berbagai tambahan tersebut tentu saja sangat tidak menyenangkan untuk dilihat dan dibaca bukan?


Kamu bisa memiliki alamat email dengan nama custom


Siapapun pasti tahu bahwa alamat email seperti contoh berikut ini, "herman@unilever.com" pasti terdengar jangan terlihat lebih profesional, terpercaya, dan lebih keren jika dibandingkan dengan "herman@gmail.com" atau "herman@yahoo.com" bukan? Alamat email versi keren dan profesional tersebut hanya bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan berbayar.

Tentu saja selain beberapa alasan di atas, masih ada berbagai kelebihan lain mengapa versi berbahaya jauh lebih disarankan bagi kamu yang tertarik untuk terjun lebih serius dalam dunia blogging untuk mencari uang misalnya, atau untuk meningkatkan level persaingan perusahaan/bisnis, dan lain-lain.


Web hosting murah yang berkualitas


Saya percaya dan yakin bahwa tidak semua blogger itu “berduit,” beberapa di antaranya--seperti saya misalnya, pasti lumayan perhitungan kalau soal ngeluarin uang.

Walaupun...

Pengennya dapat yang paling baik dan paling bagus kualitasnya. Intinya. Prinsipnya tetep sama! "kalau bisa dapat yang berkualitas dengan harga murah" kenapa nggak? Ngomong-ngomong soal hosting murah dan berkualitas serta profesional plus lengkap, saya pribadi menjatuhkan pilihan pada penyedia layanan lokal macam hostinger.co.id.

Alasannya sederhana,
  • Memilih web hosting terbaik tidak selalu harus dari penyedia layanan luar negeri. Hostinger adalah salah satu bukti kalau pemain lokal juga bisa bersaing
  • Alasan yang kedua tidak lain dan tidak bukan adalah “harga.” Harga murah adalah alasan mengapa penyedia layanan ini layak dilirik
  • Popularitas. Jika kamu ingin tahu sejauh mana kualitas sebuah penyedia layanan berbayar, kamu bisa melihat orang-orang atau perusahaan yang menggunakan layanan hosting tersebut. Selain digunakan oleh para profesional, penyedia layanan website ini juga telah diakui sebagai salah satu penyedia layanan terbaik oleh Forbes, TechRadar, TrustPilot, Bloomberg, hingga Medium dan Huffpost
  • Customer service. Bagi kita yang awam, keberadaan customer service adalah harga mati. Mereka adalah tempat dimana kita bisa bertanya tentang hal-hal yang belum kita pahami, dan tempat mencari solusi untuk berbagai masalah. Bagi saya, customer servis 24/7 (24 jam dalam seminggu) dengan live chat yang disediakan oleh hostinger terasa sangat membantu.
  • Kecepatan server. Ini adalah alasan lain yang selalu saya kedepankan. Saya tidak ingin jika loading website atau blog saya lemot gara-gara server speed yang slow
  • Web hosting up time score harus tinggi. Bagi yang punya website profesional untuk perusahaan, up time score ini wajib dipertimbangkan. Karena kamu tidak ingin jika suatu saat pengunjung datang ke website-mu, tapi ternyata website sedang down dan tidak bisa diakses. Otomatis mereka yang kecewa kemungkinan besar tidak akan pernah mau kembali lagi.
  • Unlimited. Dengan harga murah, kita bisa mendapatkan fasilitas hosting premium dengan bandwidth unlimited, storage/disk space unlimited, bisa digunakan untuk menampung website yang tak terbatas, database my SQL (unlimited), akun email tak terbatas, hingga berbagai kelebihan lain seperti control panel yang canggih serta optimasi kecepatan hingga beberapa kali-kali lipat
  • Keamanan yang lebih baik. Salah satu alasan mengapa kita perlu menggunakan hosting berbayar adalah karena keamanannya. Bagi kamu yang punya online shop (olshop) atau sejenisnya, kamu wajib memilih versi berbayar agar mendapatkan jaminan keamanan yang lebih maksimal. Dengan begitu, data pelanggan maupun data-datamu akan terjamin privasi dan keamanannya
  • Alasan lain mengapa hostinger sangat direkomendasikan, adalah karena kebebasan teknis yang disediakannya. Di sini, kita bisa melakukan berbagai fungsi website seperti PHP, FTP, my SQL hingga HTaccses. Dengan kehadiran berbagai fasilitas tersebut, kita akan lebih mudah mengkonfigurasi website dan membuatnya menjadi seperti yang kita inginkan.
  • Jaminan uang kembali setelah penggunaan 30 hari. Mereka menyediakan fasilitas "100% bebas risiko 30 hari." Apa manfaatnya? Kalau kamu tidak puas dengan paket murah yang mereka tawarkan dan hendak membatalkan penggunaan hingga 30 hari kedepan, penyedia layanan akan mengembalikan uangmu tanpa syarat apapun.

    Keren beeuuuddd kan...

  • Dapat nama domain gratis. Selain berbagai kelebihan di atas, keuntungan menyewa hosting selanjutnya adalah, kita akan diberikan kebebasan untuk memilih satu nama domain profesional dengan berbagai ekstensi, mulai dari yang berakhiran dot-dom, dot-net, sampe dot-info
  • Menyediakan template gratis dan website builder. Bagi kita yang awam dengan dunia desain website, fasilitas ini rasanya sangat membantu sekali. Dengan web builder kita bisa meng-custom website agar terlihat makin keren dan lebih profesional--dengan user interface (UI) yang memudahkan pengunjung
  • Menyediakan fitur One Click Script Installer. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat membangun website atau blog hanya dengan sekali sekali klik; CMS WordPress, Drupal, Joomla, OpenCart, Forum, Prestashop, hingga 300 CMS lainnya akan langsung terinstal dalam sekejap.
Kalau kamu kebetulan sama seperti saya; sedang mencari hosting murah untuk meletakkan website, entah itu WordPress, Joomla, Drupal, atau Opencart dan lain-lain, kamu saya sarankan untuk memilih hostinger.co.id. Selain mempertimbangkan berbagai keunggulannya di atas, kecintaan pada bangsa sendiri pun bisa kita buktikan dengan menggunakan (support) berbagai produk lokal (karya anak bangsa), dengan begitu bangsa ini akan jadi lebih maju dan bisa bersaing di dunia internasional.

No comments:

Post a Comment