Monday, March 19, 2018

14 Ide Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Paling Menjanjikan

Ide bisnis sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan sebenarnya lumayan sangat banyak kalo mau di cari-cari. Baik offline maupun online, kedua-duanya tetap bisa memberikan penghasilan yang lumayan jika diseriusin. Saya sendiri sudah mencoba beberapa di antaranya. Lumayan lah... bisa menutupi kebutuhan rumah tangga, termasuk juga untuk kebutuhan sandang.



Agar bisnis sampingan bisa jalan dan tidak mengganggu bisnis utama, Saya punya beberapa tips, di antaranya:


Tips menjalankan bisnis sampingan dari rumah


  • Lihat kembali apakah kamu punya waktu luang yang sering tidak terpakai? Jika tidak ada, kamu mungkin ingin menalaah kembali aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Kemudian eliminasi aktivitas-aktivitas yang kamu anggap tidak penting. Misalnya, potong waktu menonton TV-mu, atau yang lainnya.
  • Pilihlah jenis usaha yang paling kamu kuasai
  • Cari bisnis yang tidak terlalu banyak makan waktu dan tidak membuat aktivitas lain terganggu
  • Kelola keuangan secara terpisah. Jika perlu, buatlah rekening baru
  • Tidak perlu modal besar, bisnis sampingan biasanya bisa dimulai dari modal yang kecil
  • Jangan terlalu banyak pertimbangan. Action saja terlebih dahulu. Lalu amati dan analisa perkembangan bisnismu


Peluang bisnis untuk ibu rumah tangga


  1. Menulis artikel. Ini adalah pekerjaan sampingan yang saat ini saya geluti. Saya sendiri secara khusus sudah membuat website jualbeliartikel.com sebagai lapak untuk promosi dan berjualan. Hasilnya lumayan menjanjikan. Kalau kamu suka menulis dan merasa percaya diri dengan hasil tulisanmu, menjadi penulis konten bisa jadi alternatif terbaik.
  2. Ngeblog. Kadang banyak yang nanya, gimana sih caranya dapat uang dari ngeblog? Sebenarnya, untuk mendapatkan uang dari blog tidak terlalu sulit. Hanya saja prosesnya sedikit agak lama dan panjang dibandingkan dengan menulis artikel. Pertama, setelah punya blog kita harus mengisinya dengan konten-konten berkualitas yang sesuai dengan passion kita. Selanjutnya, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui review, Google AdSense atau sumber lain (melalui iklan), afiliasi, dan lain-lain.
  3. Jualan online. Jika ingin cepat dapat uang lewat internet, jualan online bisa dilirik. Saya sendiri sudah mulai menjalankan bisnis ini. Sudah beberapa bulan ini saya menjual popok secara online. Rahasia agar jualan cepat laku adalah: kita harus menjual produk dengan harga bersaing (murah), memberikan pelayanan maksimal, dan pengiriman cepat. Agar bisa menjual produk dengan harga murah, kita juga harus memiliki sumber pasokan yang juga murah. Saya sendiri sebenarnya tidak mengambil untung terlalu banyak. Biasanya produk yang saya beli saya jual kembali dengan harga yang mirip-mirip; tapi keuntungannya saya ambil dari cashback yang saya dapatkan saat membeli produk.
  4. Kuliner. Ide bisnis sampingan ibu rumah tangga lainnya yang menjanjikan di tahun 2018 ini adalah kuliner atau jualan makanan. Mengapa bisnis makanan cukup menjanjikan? Gaya hidup modern membuat banyak orang malas masak, dan tidak sedikit orang yang sama sekali tidak bisa masak. Dari sana kita bisa menduga, pasti banyak di antara mereka yang terpaksa harus belanja (beli makanan) di luar. Nah, Kalau kebetulan kamu dikaruniai dengan kepandaian memasak, bisnis ini sebaiknya kamu coba. Bisnis makanan bisa dilakukan offline maupun online.
  5. Bisnis kue. Suka mencoba-coba resep kue dan selalu berhasil... Wah, beda banget sama saya yang sering gagal... Kemampuan ini seharusnya bisa jadi modal kamu untuk berbisnis kue online atau offline. Jika ingin berbisnis kue, mencari tempat yang strategis untuk berjualan sangat penting. Bahkan ini bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis. Jadi, sebelum memulai, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu.
  6. Laundry. Sejak dulu, loundry sudah banyak dilirik sebagai bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga. Walaupun semakin banyak rumah tangga yang mampu membeli mesin cuci sendiri, namun bisnis ini tetap saja menjanjikan; terutama jika kamu tinggal di tempat yang orang-orangnya super sibuk.
  7. Gosok atau setrika. Bisnis ini bisa disandingkan dengan bisnis laundry. Walau demikian, bisnis gosok atau setrika juga sebenarnya bisa berdiri sendiri. Alasan kenapa bisnis ini sangat diminati adalah, semakin banyak orang saat ini yang tidak punya waktu untuk menyetrika sendiri. Walaupun mereka punya mesin cuci dan bisa mencuci sendiri, namun banyak wanita karir yang tidak punya waktu menyetrika pakaian mereka.
  8. Jadi vlogger. Suka jalan-jalan, suka kuliner, pinter ngomong, atau punya ide-ide unik untuk dibagikan? Kamu wajib mencoba menjadi vlogger. Saat ini, harga smartphone dengan kamera lumayan bagus, kamera action, termasuk kamera mirrorless sebenarnya makin terjangkau. Aneka gadget tersebut udah bisa diandalkan buat ngevlog.
  9. Bisnis di Instagram. Ya, sosial media berbasis foto dan video pendek ini bisa dimanfaatkan untuk mendulang uang. Rahasianya, kamu terlebih dahulu harus punya follower yang lumayan banyak. Minimal 500 lah... Makin banyak follower yang kamu punya, maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan uang lebih.
  10. Jual foto. Kalau kamu punya kamera bagus dan sering jeprat-jepret serta punya foto-foto yang lumayan keren tapi nggak tahu harus diapain selain disimpan, kamu mungkin tertarik untuk menjualnya. Ada banyak tempat menjual foto yang bisa kamu lirik. Di antaranya adalah:

    • Istockphoto.com
    • 123rf.com
    • Dreamstime.com
    • Bigstok.com
    • Shutterstock.com
    • Fotolia.com
    • Stockfresh.com, dan lain-lain

  11. Freelance content writer. Saat ini, orang yang punya blog atau website semakin banyak. Tapi, banyak pemilik blog yang enggak punya waktu untuk mengisi blog mereka. Bahkan, beberapa di antara mereka secara khusus meng-hire orang-orang yang suka dan pandai menulis. Kalau kamu adalah salah satu di antaranya, jangan ragu-ragu menawarkan diri ke beberapa situs yang menerima jasa penulis berikut ini:

    • Hipwee.com
    • Malesbanget.com
    • Idntimes.com
    • Opini.id
    • Trivia.id
    • Keepo.me
    • Mojok.co
    • Basabasi.co
    • Kumparan.com
    • Jalantikus.com, dan lain-lain

  12. Youtubers. Ada banyak kegiatan yang bisa kita rekam dengan kamera smartphone atau dengan kamera DSLR. Mulai dari kegiatan memasak, main-main dengan anak, atau kalau kamu punya hobi tertentu, kamu juga bisa merekamnya. Hasil rekaman tersebut bisa kamu upload ke YouTube dan carilah viewer serta subscriber sebanyak-banyaknya. Setelah memenuhi syarat yang diberikan oleh YouTube, segera kamu akan bisa memonetize video-video yang kamu upload untuk menghasilkan pundi-pundi dollar. Saya sendiri sudah mencoba upload beberapa video ke YouTube dan sudah gajian beberapa kali. Asyik kan... Dapet duit tanpa harus ribet.

13. Ngajar di rumah. Punya waktu luang sekitar 1 jam setiap hari dan kebetulan punya kemampuan mengajar atau hobi mengajar? Kamu wajib mencoba ide bisnis sampingan ibu rumah tangga yang satu ini. Kamu bisa membuka kursusan atau private di rumah. Nggak perlu jauh-jauh, kamu bisa mempromosikan diri ke tetangga atau temen-temen arisan.

14. Penerjemah. Kalau kebetulan kamu pandai bahasa Inggris atau beberapa bahasa asing yang lainnya, kamu bisa melirik ide bisnis ini. Bisnis penerjemah sebenarnya tidak terlalu sulit. Saat ini semakin banyak website-website yang menyediakan tempat untuk memfasilitasi antara orang yang membutuhkan dengan para penerjemah seperti, fiverr.com contohnya.

No comments:

Post a Comment