Thursday, March 15, 2018

Tahapan Kenalkan MPASI 6 Bulan Pada Si Kecil dengan Tepat

Tak bisa dipungkiri jika ASI menjadi makanan yang paling tepat untuk bayi sejak bayi dilahirkan. Dalam ASI, sudah banyak terkandung nutrisi tepat dan lengkap demi pertumbuhannya. Tapi tentunya seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan dari si kecil, maka bayi pun juga butuh nutrisi tambahan lainnya. Oleh karena itu bayi sudah bisa diberikan makanan lain selain ASI dimulai dirinya umur 6 bulan. MPASI 6 bulan pun tak bisa diberikan dengan langsung, melainkan harus secara bertahap sehingga bayi bisa lebih beradaptasi.



Pertumbuhan si kecil yang kian hari kian berkembang tentu menjadi salah satu hal yang membahagiakan. Momen seperti ini tentunya tak akan bisa terulang kembali, sehingga para orang tua harus berusaha memberikan segala hal yang terbaik untuk tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang penting adalah dari segi makanan anak. Perlu diketahui jika setiap masa pertumbuhannya butuh makanan yang berbeda pula. Apabila bayi Anda telah injak usia 6 bulan, maka Anda harus bersiap memberikannya makanan tambahan berupa MPASI.


Namun dalam pemberian MPASI sendiri tidaklah sembarangan melainkan harus dengan bertahap. Bagi Anda yang masih ragu memberikannya MPASI, maka beberapa tahapan ini akan membantu Anda berikan MPASI dengan tahapan yang tepat:


1.Makanan pertama

MPASI 6 bulan yang pertama dimulai dengan memberikan bayi makanan yang teksturnya lembut serta sudah dihaluskan sepenuhnya. Beberapa makanan yang bisa pilihan untuk permulaan misalnya bubur nasi, sereal bayi hingga ragam sayur dan buah rebus seperti wortel, ubi sampai kentang. Makanan yang diberikan direkomendasikan untuk tanpa gula. Berikan makanan pada anak sekitar 3 hingga 5 hari pada menu yang sama sehingga Anda bisa perkirakan reaksi alergi yang bisa saja muncul.

2.Finger food

Masuk ke tahap yang kedua yakni ketika anak sudah mulai biasa dalam mengkonsumsi makanan lembut tanpa terlihat kesulitan, maka bisa masuk ke tahap selanjutnya. Mulailah memberikan padanya finger food yakni makanan yang sudah dipotong dengan ukuran kecil (ukurannya seperti jari sehingga disebut finger food). Potongan buah pisang hingga alpukat akan membantunya karena buah tersebut masih sangat lembut.


3.Makanan lanjutan

Apabila bayi dirasa telah mampu lewati kedua tahapan tersebut tanpa menemukan kesulitan dan sudah terbiasa, maka masuk ke makanan tahap lanjutan. Untuk makanan tahapan lanjutan ini bisa memberikan makanan yang bervariasi misalnya saja ayam, roti, nasi dan telur rebus hingga mi. Tapi makanan harus matang sempurna dan dirasa masih lunak sehingga dirinya tetap tidak menemukan kesulitan ketika harus menelan.

4.Kebiasaan minum

Apabila kebiasaan makannya sudah terencana, maka anak pun juga harus bisa belajar untuk minum. Sesekali Anda bisa berikan minum untuknya menggunakan gelas atau cangkir yang terbuka. Dengan demikian, anak juga akan terbantu untuk bisa berlatih memegang dan mengontrol apa dan seberapa banyak yang masuk ke mulutnya. Bahkan dengan minum dari cangkir, anak juga bisa terbantu dalam hal perkembangan giginya. Pertama Anda bisa memegangkan cangkirnya dulu, nantinya biarkan dia memegang cangkir dan Anda masih menjaga dan lanjut terus hingga dia bisa minum dari cangkir secara mandiri.

Tentunya setiap tahapan memulai MPASI 6 bulan ini tidak dalam waktu singkat sehingga butuh kesabaran. Bagi Anda yang ingin memvariasikan makanan bayi, maka bisa juga memilih makanan baru dari situs belanja online.

No comments:

Post a Comment