Kampung Berseri Astra, Sungai Jawi Pontianak. Kolaborasi Keindahan Alam dan Kearifan Lokal.

Posting Komentar
Kampung Berseri Astra merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra yang mengedepankan 4 Program Pilar yang menjadi tujuan pada program Kampung Berseri ini, 4 pilar tersebut adalah Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Kesehatan. Dan hal ini dilakukan dengan membina hampir 77 Kota di seluruh Kota di Indonesia.

KBA Pontianak, image credit from: kilometer5koma8.blogspot.com

Dengan hal ini di harapkan Kampung binaan Astra menjadi Kampung yang mandiri untuk bersaing di dunia luar, hingga menciptakan kreatifitas yang tinggi untuk membangun perekonomian, memberikan lingkungan yang bersih sehingga kesehatan dapat terjamin dan yang paling utama adalah meningkatnya pendidikan di lingkungan Kampung Binaan tersebut sehingga tentu saja hal positif yang akan dicapai adalah meningkatkan kuwalitas hidup masyarakat di Kampung Bahari Astra tersebut.

Salah satu Kampung Berseri Astra adalah Kampung di Kalimantan Barat, Pontianak. Kampung Berseri Astra ini terletak di Kelurahan Sungai Jawi Pontianak dengan luas wilayah di kampung tersebut adalah 221.000 m2 . Di dalam Kampung Sungai Jawi ini terdapat banyak suku dan budaya yang ada, kampung tersebut menjadi salah satu kampung yang terkenal dengan keberagaman suku yang tinggal bersama-sama di Kampung tersebut. Namun dalam beberapa hal kampung ini merupakan kampung dengan tingkat toleransi terhadap perbedaan yang amat tinggi. Kemudian yang tidak perlu diragukan lagi adalah Keindahan Alam yang masih asri dan murni.


Sudah banyak hal positif yang dirasakan dalam Program yang dilakukan oleh Astra ini di Kampung Sungai Jawi Pontianak, seperti:

Dalam Bidang Lingkungan 


Bukti bahwa Lingkungan menjadi aset penting Kampung yang harus dijaga, maka Astra membuat Program Peduli Lingkungan dengan meningkatkan kesadaran Lingkungan agar lebih bersih, dimulai dengan melakukan penghijauan di wilayah Kampung, hal ini bukan hanya untuk mencapai lingkungan sehat saja namun juga menciptakan lingkungan yang indah.

Dalam Bidang Kewirausahaan


Dalam bidang kewirausahaan warga Kampung Sungai Jawi Astra mendapatkan pelatihan membuat barang-barang yang dapat diperjual belikan. Bukan hanya mengajarkan produksi saja namun warga juga diajarkan untuk melakukan pemasaran produk. Yang sudah menjadi produk paten Kampung Sungai Jawi Pontianak adalah oleh oleh Kalimantan Barat Opak Singkong “Indah”.

Dalam Bidang Pendidikan 


Di bidang pendidikan Program Kampung Berseri Astra mengharapkan bahwa dapat meningkatkan keilmuan warga agar bisa berkembang dan mengikuti alur waktu kemoderan pada zaman sekarang. Salah satu kegiatan di Kampung Beseri Astra Sungai Jawi Pontianak adalah membangun Rumah Pintar untuk menunjang pendidikan anak-anak disana dan meningkatkan pengetahuan untuk warga dikampung tersebut.

Dalam Bidang Kesehatan 


Di bidang kesehatan Kampung Berseri Astra menerapkan 10 Prilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan dibimbingan dan dibina untuk memenuhi standar tersebut. Namun kegiatan untuk meningkatkan kesehatan bukan hanya itu saja, namun juga melakukan banyak sosialisasi seperti menggosok gigi yang benar, melakukan pendampingan untuk Pos Layanan Terpadu masyarakat. Sehingga kesehatan merupakan salah satu program di Kampung Berseri Astra yang berhasil untuk dijalankan.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar