7 Manfaat Minum Susu Hamil di Trimester 3

Posting Komentar

Dulu, ketika hamil, saya selalu berusaha untuk minum susu karena saya tahu manfaat susu hamil sangat penting bagi pertumbuhan anak saya. Baik ketika ia masih berada di dalam rahim maupun ketika lahir nanti.

Pilihan susu hamil untuk trimester 3
Sumber: homage.com.my

Minum susu saat hamil memang nggak mudah. Apalagi, perubahan hormon di dalam tubuh membuat indra penciuman kita semakin tajam. Membuat bau amis sedikit saja, bisa membuat kita mual-mual dan tak berselera.

Meski demikian, kita tetap harus mencoba mencari alternatif susu hamil yang cocok dan tidak bikin mual. Tidak hanya bisa diminum begitu saja. Sebenarnya, susu hamil juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman enak agar lebih bisa dinikmati dan tidak bikin mual.

Manfaat Minum Susu Hamil di Trimester 3

Kita semua tahu bahwa susu merupakan minuman yang kaya nutrisi seperti, vitamin D, kalsium, hingga protein. Karena itulah, minum susu selama kehamilan sangat dianjurkan, termasuk di trisemester ke-3.

Menurut USDA (United States Department of Agriculture), ibu hamil harus mengkonsumsi susu atau produk susu setidaknya 3 cangkir per hari. 

Namun, minum susu selama kehamilan juga tidak boleh berlebihan. Karena menurut beberapa penelitian, ibu hamil yang terlalu banyak minum susu bisa menyebabkan anak yang dikandungnya mengalami kekurangan zat besi. 

Jadi, meski bermanfaat, susu tetap harus diminum secara moderat atau secukupnya saja. Misalnya, 3 cangkir per hari. Dengan begitu, kandungan susu akan memberikan banyak manfaat bagi ibu maupun bayi. Diantara manfaat minum susu hamil adalah:

1. Anak tumbuh lebih cerdas

Sejumlah penelitian mengaitkan antara konsumsi susu selama kehamilan dengan anak-anak yang memiliki tubuh tinggi, IQ tinggi, dan kesehatan yang lebih baik.

Hal ini disebabkan karena susu akan protein, asam amino, yodium, dan asam lemak. Semua kandungan tersebut bisa membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan meningkatkan IQ-nya.

Minum susu hamil membuat anak cerdas

Kandungan kalsium dan zat besi di dalam susu bermanfaat untuk membentuk dan mengembangkan tulang bayi serta mengangkut oksigen ke bayi. Karena itulah, bayi yang dikandung oleh ibu yang rajin minum susu cenderung tumbuh lebih tinggi dan cerdas.

2. Mencegah alergi

Seperti yang telah saya disebutkan di atas, susu merupakan produk bergizi yang kaya kalsium serta vitamin D. Menurut penelitian, memenuhi kebutuhan vitamin D selama kehamilan bisa menurunkan resiko bayi terkena alergi di masa depan.

Selain bermanfaat untuk bayi, susu yang mengandung vitamin dan sejumlah mineral juga bermanfaat untuk ibu itu sendiri. Pasalnya, seorang ibu hamil membutuhkan antara 1000 mg hingga 1300 mg kalsium per hari. Jumlah tersebut dibutuhkan untuk menjaga agar ibu dan tubuh bayi tetap sehat serta berkembang dengan maksimal.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2

Ibu hamil yang rajin minum susu akan membuat bayi yang dikandungnya memiliki tingkat insulin di dalam darah yang lebih tinggi. Insulin yang tinggi di dalam darah bisa membantu menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

4. Mengurangi gejala kehamilan

Mules dan penyakit lambung adalah gejala kehamilan yang umum dialami oleh bumil ketika memasuki trimester ketiga. untuk mengatasi gejala kehamilan tersebut, salah satu caranya adalah dengan minum susu.

Penelitian telah membuktikan bahwa, minum susu hamil bisa membantu mengatasi gejala kehamilan seperti mules dan penyakit lambung.

5. Mencegah Osteoporosis

Perempuan beresiko lebih tinggi mengalami osteoporosis dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini disebabkan karena ketika hamil, bayi di dalam kandungan (ibu) membutuhkan banyak asupan kalsium agar tulang, saraf, hingga ototnya bisa tumbuh dan berkembang.

Jika kebutuhan kalsium tidak dipenuhi, maka janin yang ada di dalam rahim akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi ibu. Karena itulah, wanita beresiko lebih tinggi terkena penyakit osteoporosis, sklerosis multipel, hingga rakhitis neonatal.

Rekomendasi Susu Hamil di Trimester 3

Trimester ketiga kehamilan yang dimulai dari minggu ke-28 hingga minggu ke-40 sering menjadi tantangan tersendiri bagi bumil. Inilah saat-saat dimana fisik dan emosi kita kerap terkuras, selain karena beban kandungan yang semakin membesar, juga karena perasaan khawatir serta cemas yang kadang menghantui menjelang melahirkan.

Memasuki trimester ke-3, kita biasanya akan lebih sulit untuk istirahat karena perut yang semakin buncit, bayi yang semakin aktif bergerak, pembengkakan dimana-mana, masalah wasir, sering kebelet pipis, payudara sakit, dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan di trimester ketiga, ibu hamil sangat dianjurkan untuk tetap minum vitamin prenatal. Atau, bisa juga dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin.

Bumil juga harus tetap aktif, kecuali apabila mengalami pembengkakan atau nyeri. Agar melahirkan lebih mudah, bumil juga harus tetap melakukan senam kegel dan latihan dasar panggul.

Disamping itu, bumil harus banyak minum air putih, mencukupi asupan kalori (minimal 300 kalori per hari), menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan gosok gigi serta rajin minum susu, serta banyak banyak beristirahat.

Pilihan susu hamil untuk trimester 3 sangat banyak. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah merk Anmum Materna. Saya tidak ragu merekomendasikan susu Anmum karena merek ini terkenal bagus dan kaya nutrisi. Dengan kandungan nutrisi yang cukup, susu hamil bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu maupun janin.

Sejumlah nutrisi utama yang terdapat pada susu Anmum diantaranya adalah, nuelipid, asam folat, GA & DHA, serat pangan, serta kalsium dan zat besi.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar