Cara Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang serta Otot Meski di Rumah Aja

23 komentar

Apakah kamu merasa cukup sehat? Bagaimana kondisi tulang, sendi, dan otot tubuhmu? Atau, berapa usia tubuh dan jantungmu yang sebenarnya?

Pernahkah kamu menanyakan beberapa pertanyaan di atas pada dirimu sendiri?

Karena meski merasa cukup sehat. Percaya atau tidak. Banyak diantara kita yang sebenarnya tidak tahu sama sekali tentang kondisi tulang, sendi, otot, serta usia jantung kita yang sebenarnya.

cara menjaga kesehatan tulang

Saya beruntung sekali karena kemaren tanggal 1 Agustus 2021 diberikan kesempatan untuk hadir dalam Zoom Meeting yang diadakan oleh Anlene dan IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) dalam acara Launching Anlene Actifit 3X & Anlene Gold 5X.

Dari sana pula saya tahu, kalau kita pengen tahu kondisi tulang, otot, sendi, dan usia jantung, kita bisa langsung cek di http://anlenemovecheck.com/.

Setelah mengecek kondisi otot, tulang dan sendi, serta usia jantung dan tubuhmu, pasti banyak diantara kamu merasa sehat tapi sebenarnya tidak cukup sehat.

Buat kamu yang merasa cukup sehat (hanya) karena rutin berolahraga atau merasa tidak cukup sehat. Kamu harus membaca artikel di bawah ini. Karena ternyata, rutin olahraga dan minum susu saja tidak cukup untuk mencegah osteoporosis dan mempertahankan kepadatan serta kesehatan tulang maupun otot di tubuh kita.

Cara Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Dalam webinar yang juga dihadiri oleh Pebulu Tangkis Liliyana Natsir ini, saya belajar banyak tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang dan otot. Saya yang termasuk orang rumahan yang memang jarang keluar. Kalau dulu aja saya lumayan jarang keluar... Sekarang, selama pandemi ini, malah tambah lebih jarang lagi.

Beruntung karena ada Kak Amanda Tasning yang mengajak peserta webinar untuk melakukan Gentle Yoga bareng saat acara akan dimulai. Berasa ringan aja gitu setelah melakukan gentle yoga, dan itu baru pertama kali saya melakukannya hehe. 

Saat berada dirumah aja dan merasa mager (males gerak), tentu saja tidak saya alami sendiri. Saya yakin, banyak teman-teman di luar sana yang juga pasti lebih memilih tinggal di rumah untuk mencegah tertular dan menularkan virus corona yang menyebabkan penyakit covid-19.

Bagi banyak orang. Termasuk saya. Tinggal di rumah itu menyenangkan. Tapi, harus saya akui bahwa, tinggal di rumah aja akan membatasi ruang gerak kita. Ruang gerak yang terbatas kerap membuat gerakan tubuh kita jadi ikut terbatas.

Sebaliknya, ketika berada di luar ruangan, ekspresi tubuh kita biasanya lebih bebas. Di luar, kita bisa bebas berjalan, berlari, meloncat, dan melakukan berbagai gerakan lainnya.

Kondisi rumah yang membatasi ruang gerak dan gerakan kita tentu saja sangat merugikan kesehatan. Pasalnya, aktif menggerakkan seluruh anggota tubuh adalah satu dari beberapa cara terbaik dan termudah untuk mempertahankan, kebugaran, kelenturan otot dan sendi, serta mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang.

Untungnya, meski di rumah aja, kita tetap bisa berolahraga dan minum serta makan makanan yang bergizi, yang bisa membantu menguatkan imun tubuh dan membantu kita menjaga kesehatan serta kekuatan dan kepadatan tulang.

Makanan dan minuman bernutrisi serta jenis olahraga apakah yang terbaik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta kekuatan otot di tubuh kita? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

1. Cara Menjaga Kesehatan

Saya yakin, semua orang pasti akan memprioritaskan kesehatan dirinya (self-care priority) dengan berusaha untuk,

  • Menjaga kesehatan
  • Mempertahankan kebugaran
  • Menguatkan imun tubuh, dan
  • Berusaha untuk menghindari penyakit

Sayangnya, menjaga kesehatan dan mempertahankan kebugaran tidak cukup hanya dengan mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti, memasak, mencuci, ngepel, dan mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya. Jika ingin sehat dan bugar, tentu kita harus memaksa tubuh kita agar,

  • Bergerak lebih aktif
  • Melakukan gerakan yang lebih beragam, serta
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi

Dengan kata lain, selain mengerjakan pekerjaan rumah tangga, kita juga perlu meluangkan waktu untuk berolahraga. Seperti olahraga kardio yang melibatkan kegiatan berjalan, berlari, hingga melompat misalnya.

Akan tetapi, dengan ruangan (di rumah) yang sangat terbatas, kita seringkali merasa enggan untuk melakukan berbagai gerakan olahraga tersebut. Apalagi, jika harus memilih olahraga seperti kardio yang melibatkan kegiatan berlari dan melompat.

Tapi, hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, bukan? Meski ruangan di rumah kita sempit. Kita tetap bisa berolahraga--asal ada kemauan.

Nah, supaya lebih semangat, coba deh ikut kompetisi #JadiAtletDiRumah yang diadakan oleh Anlene pada tanggal 23 Juli – 8 Agustus 2021 guys…

Menurut saya, event yang digelar sama Anlene ini cocok banget dengan situasi sekarang, yang memaksa kita tinggal di rumah dan bikin kita nggak aktif bergerak.

Oh ya… kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah ini bisa diikuti oleh semua masyarakat Indonesia. Kegiatan ini tujuannya adalah untuk mengajak agar kita mau memprioritaskan kesehatan diri (self-care priority) yang tujuannya adalah untuk, menjaga imun tubuh, mempertahankan kebugaran, dan menjaga kesehatan tulang.

Ada 4 kegiatan utama dalam kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah yaitu,

  1. Berlari
  2. Berjalan, dan
  3. Melompat di rumah, serta
  4. Mendukung atlet Indonesia yang sedang bertanding pada Olimpiade Tokyo 2020

Gampang dan seru kan kompetisinya!

Gimana cara ikutan kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah? Buat kalian yang tertarik untuk berpartisipasi, kalian bisa langsung membuka laman Instagram @anlene_indonesia.

2. Cara Mempertahankan Kekuatan Tulang

Siapa sih yang gak pengen punya otot dan tulang yang sehat dan kuat sampai tua?

Otot dan tulang yang kuat serta padat adalah jaminan kita bisa tetap lincah dan aktif bergerak di usia senja. Yaitu, usia dimana banyak orang mulai kesulitan bergerak. Entah itu disebabkan karena, otot yang lemah, sendi yang tidak lentur, atau akibat tulang yang keropos.

Jika ingin memiliki otot dan tulang yang kuat serta padat dan sehat, para ahli menyarankan kita melakukan mempersiapkannya sejak usia kanak-kanak.

Menurut salah seorang ahli gizi di Authority Nutrition dan Healthine, bernama Adda Bjarnadottir, ada 2 kunci mempertahankan tulang yang sehat dan kuat hingga tua yaitu, mencukupi kebutuhan nutrisi dan berolahraga.

Masih menurut Adda, usia terbaik mengkonsumsi mineral untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang harus dimulai sejak, masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Selama itu, tulang kita akan terus dibangun dan terbentuk hingga mencapai massa puncak di usia 30 tahun.

Apabila massa tulang tidak tercapai dalam masa tersebut, tulang akan beresiko menjadi keropos (osteoporosis). Osteoporosis adalah kondisi yang membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Apa saja jenis nutrisi terbaik yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang? Serta, olahraga seperti apa yang harus kita lakukan?

a. Nutrisi Terbaik untuk Tulang

Dulu, sebelum banyak membaca. Saya mengira kepadatan dan kekuatan tulang kita hanya bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D.

Tapi ternyata, pendapat saya tersebut masih kurang tepat. Karena menurut para ahli, disamping asupan kalsium dan vitamin, kita juga membutuhkan sumber protein. Mengapa protein?

Menurut Adda Bjarnadottir, kalsium dan protein adalah 2 nutrisi yang paling penting bagi tulang, di samping beberapa vitamin lainnya--tentu saja.

Pendapat tersebut sangat beralasan. Karena menurut fakta, 50% tulang kita terbuat dari protein.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa, asupan protein yang rendah dapat menurunkan tingkat penyerapan kalsium dan bisa mempengaruhi proses pembentukan tulang serta bisa memicu kerusakan tulang.

Di sisi lain, kalsium adalah mineral lainnya yang juga sangat penting untuk kesehatan tulang. Karena kalsium merupakan mineral utama yang ada pada tulang kita.

Kita membutuhkan kalsium karena sel-sel tulang yang sudah tua akan rusak dan diganti dengan yang baru. Proses pergantian tulang yang rusak dengan yang baru membutuhkan kalsium. Tanpa asupan kalsium yang cukup proses pergantian tulang akan terhambat.

b. Sumber Nutrisi Terbaik untuk Tulang

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa kita konsumsi untuk mempertahankan kesehatan tulang. Salah satunya adalah produk susu.

Di Indonesia, kita mengenal Anlene sebagai salah satu merk susu terbaik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta kelenturan sendi dan otot.

Rangkaian susu Anlene yang saya rekomendasikan adalah Anlene Activit 3X dan Anlene Gold 5X. Apa keunggulan kedua susu ini, sehingga saya mau merekomendasikannya?

i. Anlene Activit 3X

Anlene Activit 3X adalah susu yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan nutrisi unggul yang akan membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dan membantu menjaga kelenturan otot.

Susu ini mengandung kalsium 2x lebih banyak dari susu biasa. Selain itu, Activit 3X juga mengandung protein dan kolagen, serta vitamin C dan vitamin B6 yang tinggi.

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, asupan protein sangat penting untuk tulang, karena 50% tulang kita terbuat dari protein. Dan jangan lupa! Protein juga bisa membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Selain menguatkan tulang, kandungan protein, kolagen, vitamin C, hingga vitamin B6 juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelenturan sendi dan otot di tubuh kita.

ii. Anlene Gold 5X

Di samping Activit 3X, rangkaian produk susu terbaru Anlene yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah Anlene Gold 5X. Apa kelebihan susu varian Gold 5X ini?

  • Anlene Gold 5X diformulasikan bagi orang-orang yang concern dalam mencegah masalah kesehatan terkait usia
  • Susu ini dilengkapi dengan Movemax dan kandungan nutrisi yang superior untuk mendukung agar kita bisa tetap aktif bergerak dan beraktivitas serta berenergi sepanjang hari. Sejumlah nutrisi dan vitamin yang terkandung pada susu Anlene Gold 5X diantaranya adalah,
    • Kalsium, protein, magnesium, zinc, kalium, dan kolagen yang selain bisa membantu menjaga kesehatan tulang, juga bisa membantu menjaga kelenturan sendi serta kekuatan otot
    • Vitamin C, D, E, B2, B6, B9, dan B12 yang juga turut membantu meningkatkan penyerapan kalsium, menjaga kesehatan dan kelenturan tulang serta otot. Secara khusus, vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B12 bisa membantu memperlancar sirkulasi darah dan membantu proses pembentukan sel darah merah
  • Tidak mengandung gula tambahan sehingga lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan, bagi mereka yang ingin menjaga kadar gula darah agar tidak terkena penyakit stroke maupun jantung
  • Kadar kolesterol-nya sangat rendah dan tidak mengandung lemak jenuh
  • Membantu menjaga tekanan darah tetap normal melalui kandungan kalsiumnya yang tinggi
  • Mengandung serat oat 0,4% yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol dalam darah, serta bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian

3. Pilihan Olahraga Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Ada banyak jenis aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kesehatan dan kepadatan tulang. Meski demikian, hanya ada beberapa jenis olahraga yang dianggap paling efektif untuk menguatkan dan menyehatkan tulang.

Apa saja jenis olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang tersebut?

  • Kardio. Olahraga yang paling mudah dan murah serta gampang dipraktekkan di rumah adalah kardio. Yang termasuk olahraga kardio diantaranya adalah, senam aerobik, jalan cepat, berlari, bersepeda, renang, hingga berkebun dan membersihkan rumah
  • Angkat beban dan olahraga high impact (HIIT). Olahraga angkat beban atau olahraga yang melibatkan kegiatan mendorong dan menarik merupakan pilihan (olahraga) terbaik untuk, menjaga kepadatan tulang dan mendorong pembentukan tulang baru. Disamping itu, olahraga ini juga dikenal bermanfaat untuk mencegah osteoporosis pada orang dewasa maupun orang tua
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

23 komentar

  1. Dengan berjalan, lari, atau melompat di rumah yang divideokan bisa memotivasi para atlet juga ya, bersama Anlene.

    BalasHapus
  2. Penting banget menjaga kesehatan tulang ini dari semasa muda, agar tetep bisa beraktivitas kelak udah usia emas. Sekarang enak bisa mengecek kesehatan tulang, sendi dan otot sudah disediakan ya, tinggal mengakses di situsnya di atas.

    Waah, asik ini Anlene terus berinovasi hadirnya Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X semoga makin memenuhi nutrisi tulang untuk selalu bergerak teruuss.

    BalasHapus
  3. Nutrisi terbaik untuk tulang ya kalsium ya mbak

    Iya nih aku bahagia deh ikutan yoga - seluruh sendi rasanya mendapat "makanan" mereka sendiri, aku insya ALlah akan teruskan yoga

    BalasHapus
  4. Duh, usia saya sudah di atas 30, khawatir nih, massa tulangnya sudah terpenuhi belum ya, soalnya bukan penggemar susu, huhuhu... Harus semangat minum anlene nih...

    BalasHapus
  5. Kayaknya aku harus beli Anlene nih, belakangan ini tulang lutut agak sakit kalau bergerak agak mendadak. Tapi sepertinya memang ngga hanya itu ya, harus rajin olahraga juga biar tulang kuat.

    BalasHapus
  6. mbaaa, aku mau cek aaah. Baru bisa jalan 10k seminggu 1 x aja nih, hikssss
    mau rutin tiap hariii deh rasanya.
    kesehatan tulang penting banget. Pernah sakit ngilu2 gitu, rasanya udah nggak tahan. Mudah2an bisa sehat selalu yaaa kita. Anlene dari dulu udah juara yaaa, seruuu ada yoga barengnyaaa

    BalasHapus
  7. Duh, ini lo..yang bikin aku kepengen ikutan klub olahraga lagi.
    Selama pandemi, instrukturku buka kelas online.
    Saat membaca artikel ini, kembali diingatkan untuk pentingnya menjaga kesehatan tulang dan sendi plus konsumsi Anlene Activit 3X atau Anlene Gold 5X.

    BalasHapus
  8. aku di rumah aja tetap coba jaga jumlah langkahku mba... bisa threadmill bisa bolak - balik aja yang penting bergerak yaa hehehe

    BalasHapus
  9. Masih banyak yang salah kaprah kalau anlene disamakan dengan obat ya, padahal anlene adalah salah satu ikhtiar kita dalam menjaga kepadatan tulang. Jadi, maka dari itu, sebelum terjadi pengeroposan tulang, ada baiknya menutrisi tulang kita.

    BalasHapus
  10. Gara2 nyimak penjelasan ci Butet aku udah rajin olahraga walaupun hanya dikamar dan itupun hanya lompat2 saja. Belajar hidup sehat dgn memiliki tulang yg kuat

    BalasHapus
  11. Kepadatan tulang berkurang seiring dengan waktu. Makanya perlu asupan nutrisi yang bisa menghambat hal ini. Anlene jadi solusi yang pas, karena komposisinya lengkap dan kualitasnya unggul.

    BalasHapus
  12. Meski di rumah aja harus banget bergerak, tahun ini aku mulai aktf lebih banyak bergerak. Acaranya bagus banget, lumayan ya mbk dapet ilmu yoga

    BalasHapus
  13. Di usia yang semakin mendekati kepala tiga ini, semakin was was dengan kesshatan tulang. Untungnya Anlene mengadakan kegiatan yang menginspirasi ntuk aktif bergerak

    BalasHapus
  14. Selama pandemi ini banyak di rumah penting ya menjaga imun, termasuk kebugaran badan supaya tetap sehat, biarpun di rumah tetap bisa bergerak terus.

    BalasHapus
  15. Baca postingan ini jadi ingat alat yoga aku yang kusimpan udah beberapa bulan sebab rumah direnov, hahaha. Kangen deh mau yoga lagi, ma kasih Mak ulasannya, bikin semangat

    BalasHapus
  16. Baca paragraf pertama, udah langsung keder kesindir nih. Terutama para ibu emang gitu menurut saya, merasa badannya sehat-sehat saja. Walau ada keluhan pusing atau pegal, tetap menghibur diri dengan bilang baik-baik saja.

    Ntar mau coba ikut tantangannya ah, jadi atlet di rumah. Jalan, lari masih bisa lah. Tapi untuk melompat ini yang kayaknya susah, badan makin berat aja buat di angkat

    BalasHapus
  17. Penjelasan nya benar bagus. Aku sampai terinfluence utk tes kesehatan sendi tulang di website Anlene. Alhamdulillah Mba :) aku juga jadi tertantang utk ikutan challenge nya. Bahkan nulis ini sambil olahraga perut, rebahan tapi kaki strech ke atas. Hihihi

    BalasHapus
  18. Menjaga kesehatan tulang sangat penting kan ya...jangan sampai kena penyakit yang menyerang otot dan tulang, bisa-bisa duduknya di kursi roda , nauzubillah jangan sampai ya...
    Makanya saya mulai nih kembali minum Anlene seperti dua tahu lalu saat belum ada pandemi.

    BalasHapus
  19. Bersih rumah termasuk kardio ya? Baru tahu aku... Bukannya hanya aktivitas doang? Kayaknya yang penting bergerak ya mak.. wkwk.. Aku konsumsi Anlene di rumah. Biar sendi kuat.

    BalasHapus

  20. Anlene ini produk andalan mama di rumah, karena mengadung rendah gula. Peran banget ya mbak untuk menjaga kesehatan tulangnya

    BalasHapus
  21. Tuh mak. Jadi selain belsjar memanah sekali kali ga cuma olahraga jempol ya, tp juga olahraga kaki dipake buat jalan jalan. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  22. Wah seru ya mak acaranya... yoga online dirumah asik juga..

    BalasHapus
  23. Anlene ini produk andalan sejak dulu, udah turun-temurun kalau di keluargaku. Sepertinya sekarang aku juga akan melanjutkan tradisi minum Anlene.

    BalasHapus

Posting Komentar