Wednesday, August 3, 2016

Mendidik Anak Memang Harus Tega dalam Segala Hal

Selalu ada yang baru, setiap hari! Ini bukan slogan Toko Roti kebanyakan yaaa... ini slogan kita para emak yang punya anak bayi, batita atau balita. Tanpa terduga, mengejutkan dan menyanangkan meski kadang bikin greget juga sih. Kesibukan ibu baru adalah harus rela membersihkan kotoran apapun yang ditimbulkan karena kekreatifan anak tercinta. Kinza ini, selalu minta makan sendiri, meski saya tau akibatnya, saya kasih aja. Abinya selalu ngedukung, tapi jarang mau bantuin beres-beres wkwkwkw.

Gak rela anak jadi Manja


Selain itu, saya juga gregetan liat banyak banget anak-anak yang dimanjain sama orang tuanya. Bukan melihat momentnya sih, saya melihat hasilnya wkwkw. Mereka udah pada gede, makan minta disuapin, duh.. mendingan gak usah makan kalo minta suapin gitu kalo saya. Kadang saya dicap sebagai ibu yang tega pake banget.

Kinza jatuh, saya biarin bangun sendiri, tega!

Kinza mau makanan, saya suruh ambil sendiri, tega!

Kinza mau minta makan sendiri, saya kasih, tega!

Kinza minta dibantuin hal-hal yang dia sendiri sudah bisa nglakuin, dan saya menolak, tega!

Bodo amat lah, biarin dibilang tega, dari pada bikin anak selalu mengharap bantuan orang lain sementara dia sendiri bisa melakukan. Saya hanya mempersiapkan Kinza sebagai orang yang mandiri dan gak manja. Sedikit-sedikit merengek dan minta dukungan. Padahal, hidup tidak menuntut orang seperti itu, tidak ada rengekan ketika ia dewasa kelak. Kalau gak sekarang, kapan lagi nglatihnya. Kalau udah besar? Duh.. banyak buktinya kalau banyak gagalnya, dan saya gak mau jadi salah satunya hahahahaaa..

A video posted by Husnul Khotimah (@jombloku_com) on

Cuek Aja


Saudara-saudara saya, selalu mengkritik banyak hal tentang pola asuh saya kepada Kinza. Untungnyaa.. saya gak dekat dengan mereka, tempat tinggal yang lumayan jauh banyak menolong hati ini dari rasa geram dan sakit karena ocehan-ocehan itu.

Tetangga saya, sama saja, kalau saya lagi cuek ya tak tinggal masuk to.. wong rumahnya lebar, bisa main mobil-mobilan didalam rumah Kinzanya haha.. Udah gitu aja, gak usah ribet urusin hal-hal yang menyangkut anak kita. Selama suami setuju dan iyes iyes aja, ya lanjut lah yaaa... Intinya, gak ada rasa tega dalam mendidik anak, bahkan saat menyapih Kinza, saya juga tega, tega banget malah :)). Yang penting sih, gak nyakitin mereka, gak nggosipin mereka, diluar itu, mau mereka ngomongin saya.. ya urusan mereka to.. yang penting saya enggak :p.

2 comments:

  1. Orang bilang harus begitu, tapi rata2 ortu pada gak tega, hahahaha entahlah nanti kalo dah beranak cucu saya mau gimanain....

    ReplyDelete