Ketika Hati Dipenuhi Rasa Malu

Posting Komentar

Pernahkah kalian merasa malu akan sesuatu yang biasa orang lakukan? Bukan hal yang vulgar, bukan juga hal yang memalukan secara umum. Hanya saja, kamu merasa gak pantas untuk ikut-ikutan dengan apa yang mereka lakukan. 


Benar memang, deskripsi malu itu luas sekali, bahkan kadang ada juga orang yang menggunakan pakaian terbuka seperti kekurangan kain juga gak malu. Selama "harta" mereka tidak nampak secara kasat mata, mereka tidak malu. Orang-orang barat contohnya, mereka terlihat gak malu sama sekali dengan pakaian yang mereka kenakan meski hanya 2 lembar pakaian yang sangat minim. Bukan hanya di barat ya, bahkan Indonesia saja yang notabene menganut kepercayaan timur yang sopan udah banyak yang seperti itu, naudzubillah.


Tapi kali ini, saya tidak akan membahas tentang kebiasaan mereka, ngapain kan.. semoga Allah selalu menjauhkan kita dari hal-hal tersebut.


Dalam islam, malu merupakan salah satu perhiasan wanita muslimah. Dengan malu, kemuliaan seorang muslimah itu terlihat dan itulah yang membedakan dengan wanita lainnya. Jangankan berpakaian minim, menggunakan baju sopan saja kadang masih merasa malu. Apalagi tidak menggunakan jilbab dengan baik.


Pengalaman sebelum menggunakan jilbab, dulu saya juga tidak merasa malu dengan pakaian yang saya kenakan, namun semakin bertambah hari saya menggunakan jilbab, semakin banyak juga sebab-sebab yang membuat saya merasa malu. 


Bukan hanya dari pakaian, tapi juga dari tindakan, pikiran, tulisan dan masih banyak hal lainnya. Memang, kebiasaanlah yang akan membawa kita kepada sifat-sifat lebih dalam. Kebiasaan bagaimana kita menjalani hidup dan mendeskripsikan bahagia dan malu itu seperti apa. Tidakkah kehidupan ini akan lebih mudah dijalani jika semua wanita muslimah memiliki rasa malu dari hal-hal kecil.


Bahkan menenteng tas yang sederhana saja seorang muslimah TIDAK MERASA MALU. Bukan hanya tentang hanya itu tas ia miliki, tapi tentang takutnya banyak hitungan nanti dihadapan Allah. 


Malu? seberapa besar rasa ini ada didalam hati kita? 

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting juga tentang kehidupan sehari-hari. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar