Pengalaman Menggunakan Lampu Pintar Bardi, Rumah Canggih dan Hemat Listrik

40 komentar
Lampu pintar Bardi (smart light bulb) sebenarnya sudah cukup lama menarik hati saya. Tepatnya, beberapa bulan lalu ketika saya diminta oleh seorang klien untuk membuat artikel yang mengulas mengenai kecanggihan lampu ini.
lampu bardi

Dari berbagai referensi yang saya baca dulu, smart light bulb Bardi tidak hanya bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan smartphone atau perangkat Rumah Pintar seperti Google Home dan Amazon Alexa. Tapi juga, bisa diatur tingkat kecerahannya (agar hemat energi listrik), bisa dijadwalkan kapan harus on maupun off, dan warna serta temperaturnya juga bisa diatur langsung dari aplikasi di smartphone.

Karena beberapa alasan tersebut, saya sangat tertarik untuk membeli dan menggunakan lampu ini, terutama untuk digunakan di kamar tidur. Mengapa saya begitu tertarik menggunakan lampu pintar di kamar tidur?

Pengalaman Menggunakan Lampu Pintar Bardi 9W - RGBWW


Setelah penantian yang cukup lama, kesempatan mencoba dan menggunakan smart light bulb Bardi akhirnya datang juga. Kesempatan ini membuat saya merasa senang sekali. Selain karena butuh, saya juga sebenarnya adalah seorang penyuka teknologi dan selalu antusias dengan sesuatu yang canggih.

Ada dua produk Bardi yang kami miliki saat ini yaitu: lampu pintar Bardi 9W (RGBWW) dan sebuah Smart IR Remote 10M - BLK. 

Mari kita bahas satu persatu fungsi dan kelebihan serta cara setting produk pintar Bardi ini.

1. Bardi Smart Light Bulb 9W - RGBWW



Yang pertama, kita mulai dari lampunya dulu ya. Seperti yang saya katakan di atas. Sudah cukup lama saya tertarik dengan lampu pintar dan ingin memilikinya karena, saya sangat membutuhkannya untuk dipasang di kamar tidur. Mengapa?

Saat ini saya punya 2 anak. Meskipun, anak pertama sudah cukup besar dan sudah masuk TK, tapi kedua anak kami masih belum terbiasa tidur sendiri dan selalu ingin ditemani oleh saya atau suami.

Ketika akan tidur inilah, saya kerap harus bangun menghidupkan dan mematikan lampu. Tak jarang, anak-anak meminta saya untuk menyalakan lampu karena mereka haus dan ingin minum, mau ke kamar kecil untuk pipis, mencari mainan, dan masih banyak tingkah mereka lainnya yang mengharuskan saya menghidupkan lampu.

Meskipun enggan bangun dari tempat tidur untuk menghampiri saklar yang posisinya agak jauh dari kasur. Namun, saya tetap harus bangun dan menghidupkan lampu karena anak-anak belum bisa menjangkau saklar yang ditempatkan agak tinggi tersebut.

Itulah alasan mengapa saya sangat menginginkan sebuah lampu pintar yang bisa dikendalikan dari smartphone. Mengingat smartphone selalu berada dekat dari saya bahkan ketika saya tidur sekalipun.

Dengan mengandalkan lampu pintar Bardi, kini saya tak perlu lagi beranjak dari tempat tidur untuk menghidupkan lampu. Begitu pula pada saat akan tidur, saya bisa mempersiapkan dan mengatur anak-anak serta mengambil posisi tidur yang nyaman sebelum kemudian mematikan atau meredupkan lampu dari smartphone.

Kelebihan Bardi Smart Light Bulb


kelebihan lampu bardi

Selain bisa dikontrol untuk dihidupkan atau dimatikan serta diredupkan (hingga 90 lumens) dan dicerahkan (maksimal hingga 810 lumens) menggunakan smartphone. Lampu ini juga bisa di-setting agar mati atau hidup pada jam-jam tertentu. Karena tersedia fitur timer pada aplikasi.

Menurut saya, fitur timer ini sangat bermanfaat. Terutama bagi kita yang ingin bangun tepat waktu di pagi hari tanpa harus menghidupkan alarm dan menghampiri saklar untuk menghidupkan lampu.

Fitur timer ini juga sangat bermanfaat karena kini, saya tak perlu lagi mematikan atau menghidupkan lampu pada jam-jam tertentu. Seperti misalnya, menghidupkan lampu di sore hari menjelang senja dan di waktu subuh ketika bangun tidur.

Kelebihan lampu pintar Bardi lainnya terletak pada pilihan warna dan temperaturnya. Yang saya miliki saat ini adalah tipe RGBWW. Maka, lampu ini bisa di setting untuk menampilkan berbagai jenis warna (hasil dari kombinasi) Red Green Blue yang jumlahnya bisa mencapai 16 juta warna.

Selain itu, temperaturnya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membaca, kita bisa mengatur temperaturnya ke angka 6500k (cool white) agar lampu menyediakan warna putih layaknya lampu LED biasa. Atau bisa juga di-setting ke angka 2700k (warm white) untuk menghasilkan warna hangat atau kuning layaknya sebuah lampu pijar.

2. Bardi Smart IR Remote 10M - BLK





Berapa banyak perangkat elektronik di rumah kita yang harus dikontrol dengan menggunakan remote (infrared)? Ya, Jawabannya "cukup banyak!" Mulai dari TV, AC, kipas angin, TV box, speaker, hingga DVD portable.

Setiap perangkat dilengkapi dengan remote masing-masing. Pernahkah terpikirkan, betapa banyak dan merepotkannya apabila kita ingin menghidupkan atau mematikan serta mengontrol setiap perangkat dengan menggunakan remote yang berbeda-beda. Belum lagi, kalau remote aslinya rusak. Membeli remote pengganti kadang-kadang bukan opsi terbaik karena rata-rata remote pengganti berkualitas rendah.

Pusing karena banyak remote atau repot karena harus mencari remote setiap kali akan menghidupkan/mematikan berbagai perangkat di rumah? Kejadian kayak gini nggak akan lagi kamu rasakan kalau kamu menggunakan Bardi Smart IR Remote yang bisa digunakan untuk mengendalikan semua perangkat elektronik dalam sebuah ruangan langsung dari smartphone.

Ya, remote pintar Bardi bisa digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat elektronik di rumah sekaligus langsung dari smartphone.

Remote ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengendalikan mayoritas perangkat elektronik yang populer dan berasal dari brand-brand besar, tapi juga bisa digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat elektronik dari brand yang tidak terdaftar sekalipun. Ini karena, Bardi Smart IR Remote telah dilengkapi dengan fungsi duplikat signal infrared yang memungkinkan kita untuk memindahkan semua fungsi dari remote lama ke remote Bardi.

Cara Setting Lampu Pintar Bardi (smart light bulb)


Bagi kamu yang kebetulan sudah membeli tapi masih bingung bagaimana cara setting lampu pintar Bardi, kamu bisa mengikuti tutorial cara setting Bardi smart light bulb berikut ini.

  1. Pastikan di rumah ada wifi atau hotspot
  2. Pasangkan lampu pada fitting yang tersedia. Dan pastikan lampu masih berada dalam jangkauan sinyal wifi (hotspot)
  3. Download aplikasi Bardi Smart Home dari Play Store bagi pengguna hp Android
  4. Jalankan aplikasi Bardi Smart Home pada smartphone
    Register Aplikasi Bardi Smart Lamp Bulp
  5. Register/Daftar terlebih dahulu dengan memilih negara dan masukkan alamat email yang aktif. Lalu tekan tombol "Get Verfication Code"
    Register Lampu Pintar Bardi
  6. Periksa emaimu, untuk melihat "Registration verification code." Masukkan kode tersebut pada form di aplikasi Bardi. Jika benar, kamu akan langsung diminta untuk
    verification code
  7. Membuat password baru. Setelah password selesai dibuat, kamu akan langsung Login
    Set password
  8. Pada halaman Home, sentuh tombol "Add Device" atau dengan menekan tombol yang ada di pojok kanan atas--yang ditandai dengan ikon "+" berwarna biru
  9. Pilih "Smart Bulb 9W - RGBWW" atau sesuai dengan tipe lampu yang kamu beli entah itu model 7W atau 12W
    Lampu Pintar Bardi 9W - RGBWW
  10. Masukkan nama dan password Wi-Fi di rumahmu pada form "Wi-Fi Name" dan "Password"
    Wifi dan Password
  11. Lalu tekan tombol "Next"
  12. Tekan On/Off saklar lampu antara 3 atau 5 kali dan diakhiri dengan position On
  13. Sesaat kemudian, lampu pintar Bardi akan berkedip-kedip
  14. Jika lampu sudah berkedip-kedip, centang pada "Confirm indicator rapidly blink"
  15. Setelah itu tekan tombol "Next"
  16. Aplikasi akan memindai (scanning). Jika berhasil, status Scan devices akan berpindah ke Register On Cloud dan ke Initialize The Device
    Scanning Cari sinyal wifi
  17. Jika sudah selesai, pada halaman Home (aplikasi Bardi) kamu akan menjumpai sebuah menu yang bisa kamu beri nama sesuai dengan lokasi lampu agar lebih mudah dikenali. Menu tersebut dapat kamu gunakan untuk mengatur kecerahan/redup, temperatur, timer, schedule, warna, suasana, ataupun mengatur agar lampu mengikuti alunan musik yang ada di smartphone
    Cara Setting Lampu Pintar Bardi

Beli Perangkat Pintar Bardi di Mana?




Kalau kamu tertarik untuk membeli lampu pintar, Portable Plug, Light Wall Switch, Extension Power Strip, smart IR remote, Smart Curtain Switch, Pet Feeder, IP Camera Indoor, Siren Alarm, Adaptor, Smart Wall Socket, dan berbagai perangkat pintar dari Bardi lainnya, kamu bisa mencari dan menemukannya di toko online favoritmu. Mulai dari JD id, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, Lazada, hingga Dinomarket.

Kalau kamu ingin lebih hemat, jangan lupa kunjungi website Bardi dan cari promo (voucher belanja) yang bisa kamu manfaatkan agar dapat harga lebih murah.

Kesimpulan Bardi Smart Light Bulb


Perangkat pintar Bardi yang terdiri atas Smart Light Bulb atau lampu pintar, IR Remote, Smart Curtain Switch, Pet Feeder, IP Camera Indoor, Siren Alarm, Portable Plug, Light Wall Switch, Extension Power Strip, Adaptor, Smart Wall Socket, hingga Robot Vacuum adalah contoh teknologi yang perlu kita dimiliki di era modern ini. Selain mudah dikendalikan dan bisa memudahkan hidup kita, perangkat-perangkat ini juga bisa membantu kita menghemat energi listrik.



Lampu pintar Bardi bisa dicerahkan dan diredupkan sesuai dengan kebutuhan. Meredupkan lampu 10% bisa menghemat energi listrik 10%, meredupkan lampu 25% bisa menghemat energi listrik 20%, dan meredupkan lampu 50% bisa membantu kita menghemat energi hingga 40%. Dari gambaran tersebut, kita bisa memperkirakan berapa banyak energi yang dapat kita hemat dalam jangka panjang jika menggunakan lampu pintar. Jika ditambah dengan perangkat lain seperti Extension Power Strip yang bisa mati sendiri pada saat tidak digunakan dan produk-produk lainnya, tentu akan semakin banyak energi yang bisa kita hemat, yang berarti ikut melestarikan bumi.
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

40 komentar

  1. Praktis sekali ya smart light bulb Bardi. Bahkan remote-nya bisa dipakai untuk bermacam hal.

    BalasHapus
  2. Pertama kali mengenal lampu pintar ya di rumah tetangga yang kebetulan ada di depan rumah, saat itu lagi kerja bakti. Dan memang asyik, lampu bisa dinyalakan meski dari jarak jauh sekalipun (misal keluar kota) asal ada jaringan internet dan lampu juga bisa berubah-ubah warna (kereeen).

    BalasHapus
  3. Wahh, aku beberapa kali baca review ttg Smart Home ini, dan keceee banget ihh lampu pintar BARDI.
    Beneran bikin mupenggg, secaraaa kita kan butuh bgt untuk bisa mengontrol pemakaian alat elektronik di rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mupeng ... dua-duanya. Pas memang lagi butuh. Perlu cek-ceki harganya nih. Siapa tahu ada diskon harbolnas 12 12 ya hehe.

      Hapus
  4. Wah bagus banget nih si lampu pintar Bardi, mempermudah pengaturannya ya..

    BalasHapus
  5. Senang banget ketemu lampu seperti ini mbak, apalagi lampu pintar ini sangat mendukung lingkungan dan disesuaikan dengan kebutuhan penerangan.

    BalasHapus
  6. Mpo belum punya nih lampu pintar. Boleh juga nih di pakai di rumah. Nanti deh mpo cek dulu harga di marketplace. 😀 cari yang lagi sale bardi

    BalasHapus
  7. Mbaakkk aku juga mau pakai ini, udah datang tapi belum kucoba nih. Penasaran banget aku lihat video2 kecanggihannya di socmed-nya Bardi Smarthome, udah berasa kayak teknologi2 di drakor, hahaha.

    BalasHapus
  8. Asyik juga ya pakai lampu bardi gak usah nekan switch lampu, bisa dikendalikan lewat smartphone. Warna lampunya juga bisa diubah-ubah ya, jadi gak perlu banyak beli lampu & ganti manual. Ada tester gak kak? hihihi

    BalasHapus
  9. wah lampu aja sekarang ada smart lamp yaaa, bisa disetting via smartphone pula, boleh nih buat dikamar dipasang yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget yaa kalau satu rumah pakai bohlam Bardi ini. Jadi terangnya bisa disesuaikan gimana nyamannya kita.

      Hapus
  10. aku mau beli juga mbak, kebetulan Bardi sudah mulai masuk ke Bandung kan :) aku naksir IP Cam dan door Locknya mbak, biar kayak di luar negri ga usah bawa2 kunci lagi hehee

    BalasHapus
  11. Lampu pintar Bardi banyak yang naksir nih. Benefitnya bikin mupeng mbak.

    BalasHapus
  12. Bardi keren euy, aku pengen coba juga jadinya mba. Kebetulan to di jd masih ada p romo dari brand bardi, tapi subuh liat-liat. Eh sekarang baca reviewnya

    BalasHapus
  13. Wah aku baru tahu nih, mba. Dan kayaknya aku harus punya lampu Baldi ini. Apalagi hemat energi ya

    BalasHapus
  14. Waw ini beneran pintar! urusan nyala-matikan saklar lampu itu emang jadi rebutan, saling suruh! Nah kalau bisa via smartphone bakal lebih mudah.

    Misal nih kita sedang pergi trus mau menyalakan lampu di rumah berarti tinggal pencet smartphone aja ya mbak?
    Lampunya bisa dibuat beragam warna pula.

    BalasHapus
  15. Adanya lampu Bardi ini memudahkan kita yang ingin serba praktis, ya. Gak perlu menghampiri saklar untuk menyalakan atau mematikan lampu, cukup memakai remote. Warna lampunya juga bisa diubah-ubah, asik, ya ...

    BalasHapus
  16. Bardi smart light ini cocok banget buat yg mageran kayak saya hehehehe yang pengen semuanya dilakukan sambil rebahan dan menggunakan remote heheheheh

    BalasHapus
  17. Canggih beneerrr..
    Kaya di drama-drama yang aku tonton. Hehhee~
    Sukaa...
    Enak yaa...tergantung kebutuhan dan ini hemat listrik gak siih...jatuhnya?

    BalasHapus
  18. Bagus banget nih lampunya, pengenlah punya yang begini di rumah. Suasana jadi lebih nyaman karena kecerahan lampu bisa diatur yaa.

    BalasHapus
  19. Lampu pintar bardi ini keren sekali sih, selain tak perlu ke tombol switch on off di tembok lagi (apalagi kalau tempat tidurnya jauh dari switch), pakai Bardi bisa meredupkan lampu pas mau tidur tanpa meninggalkan tempat tidur ya.

    BalasHapus
  20. Aku udah lama ngincer produk-produk Bardi karena memang canggih canggih jadi kayak smart home di film-film

    BalasHapus
  21. keren banget ya lampu pintar Bardi ini, jadi tergoda buat ngerayu paksu minta beliin juga. 1 aja cukup buat kamar dulu. Emang kadang suka males banget buat bangun nyalain saklar pas udah PeWe di kasur.

    BalasHapus
  22. Wih keren nih lampu ya, sepertinya harus punya ini lampu pintar biar tinggal nyala otomatis sesuai waktu yang sudah kita tentukan

    BalasHapus
  23. Wah keren. Baru tahu bisa disetting supaya nyala dan mati sendiri gitu. Enak dong, supaya bangun pagi, disetting aja nyala. Kan kebangun deh...Soalnya aku kalau tidur lampu hrs mati. Cari tahu ah harganya berapaan...

    BalasHapus
  24. Wiiiiih keren lampunya. Smart banget bisa diatur-atur cuma pake aplikasi. Jadi pengen beli juga akutuh mbak. Sek nunggu inpoice cair dulu 😆

    BalasHapus
  25. Bermanfaat banget ya kalau rumah sering ditinggal kosong sampai malam atau malah sampai beberapa hari. Jadi bisa ngatur kapan lampu nyala kapan mati. Bukan sekadar penghematan, tapi keamanan. Maling kan sering nandain rumah kosong dari lampu luar yang masih nyala di siang hari dan belum nyala di malam hari.

    BalasHapus
  26. saya baru tahu yang Bardi Smart IR Remote. Keren juga ya punya ini. Cukup pakai HP aja, semua alat elektronik yang pakai remote bisa dikendalikan.

    BalasHapus
  27. Wowww keren lampunya. Smart banget bisa diatur-atur cuma pake aplikasi. Jadi pengen beli juga, klo di letakkan di kamar anak, pasti mereka girang

    BalasHapus
  28. Produk dari smart Bardi ini memang smart semua ya karena membuat hemat, efisien, dan memudahkan kitanya baik urusan lampu dan remot yg dapat mengontrol perangkat elektronik lainnya

    BalasHapus
  29. Asli si Bardi ini keren banget dah jadi lampu! Ada apps nya lagi buat ganti-ganti warna lampu dan setting lampunya. Cocok juga nih dijadiin buat set up studio sederhana ataupun lighting sederhana.

    BalasHapus
  30. Suamiku termasuk pilah-pilih kalau soal beli lampu. Akhirnya sejak beberapa tahun lalu mulai sering beli lampu di salah satu toko perkakas terbesar A** Har*****

    Kira-kira lampu Bardi ini ada di A** gak kak?

    BalasHapus
  31. Lampunya kok kece banget gitu. Aku dari tadi sampai takjub, lampu pintar ini perangkatnya juga mesti konek internet. Baru ada nih, lampu yang begini. Jadi pengen beli.

    BalasHapus
  32. Wah cocok nih buat aku yang mageran. Kadang kalau udah ngantuk banget males bangun buat matikan lampu hehehe

    BalasHapus
  33. Sungguh kecanggihan teknologi sekarang luar biasa, apa-apa bisa di remote pakai smart phone..efisien dan tepat guna.. mantap

    BalasHapus
  34. praktis, terjangkau, dan smart haha keren nih Bardi

    BalasHapus
  35. Desain lampu nya bagus sekali ya dan tentunya akan sangat menyenangkan penerangannya yang bagus

    BalasHapus
  36. Kuncinya kalau ingin Lampu dr Bardi ini bisa digunakan dan kendalikan via smartphone harus ada WiFi ya mbak.
    Soalnya belum pasang Wifi
    Cuman suka aja sama teknologi dari produk2 Bardi yg praktis tsb. Cukup dr smartphone pun, bisa diatur itu lampu dan produk lainnya

    BalasHapus
  37. Satu rumah ku pakai BARDI semua, dan ga nyesel belinya

    BalasHapus
  38. Ini sih bukna berbago pengalaman, tapi iklan ehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar