Rekomendasi: Tempat Kursus Bahasa Korea Online Terbaik di Indonesia

1 komentar

K-pop hingga drakor (Drama Korea) adalah dua faktor yang paling sering membuat kita mupeng buat belajar bahasa Korea. Entah itu, lewat metode kursus, private, atau secara otodidak.

Kursus bahasa Korea online yang tersedia di Ruangguru--yang dikenal sebagai salah satu tempat kursus bahasa Korea online terbaik di Indonesia, juga turut membuat banyak orang semakin tertarik untuk belajar bahasa Korea.

Tapi, Perlu Nggak Sih Kita Kursus Bahasa Korea?

Mempelajari bahasa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari, belajar secara otodidak, melalui kursus online maupun offline, dan bisa juga langsung belajar ke guru private bahasa Korea.

Yang jelas, siapapun pasti ingin proses belajarnya lebih singkat dan biayanya lebih murah. Karena itu, kita pasti bertanya-tanya. Manakah dari sekian cara tersebut yang terbaik, yang akan memudahkan kita dan bisa mempercepat progres belajar bahasa Korea kita?

Saya pribadi sebenarnya pernah punya pengalaman belajar bahasa secara otodidak, kursus, dan private. Berdasarkan pengalaman saya… Kalau dibandingkan dengan belajar secara otodidak, belajar bahasa lewat jalur kursus online ataupun dengan belajar dari guru private progresnya lebih cepat dan lebih mudah.

Apalagi kalau kita awam dengan bahasa Korea dan belum tahu bagaimana struktur, karakteristik, pengucapan, dan intonasinya, tentu akan sulit untuk mempelajarinya secara otodidak.

Kalau kita belajar secara otodidak, kita memang akan punya waktu yang lebih fleksibel. Artinya, kita bisa menyesuaikan materi yang paling relevan dan menarik buat kita, dan biayanya pun bisa lebih murah. Tapi semua itu tergantung bagaimana cara kita mencari referensi.

Terus, kalau kita belum tahu bagaimana struktur bahasa Korea, bagaimana karakteristiknya, bagaimana cara mengucapkan yang benar, begitu juga dengan intonasinya, saya jamin, belajar otodidak akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga. Bahkan tak jarang, belajar secara otodidak akan memaksa kita mengeluarkan lebih banyak biaya karena kita harus mengakses lebih banyak referensi dari buku atau sumber online.

Sebaliknya, belajar bahasa Korea melalui metode kursus umumnya lebih terstruktur karena materi yang diberikan sudah didesain sedemikian rupa untuk mempercepat progres kita dalam mempelajari bahasa Korea.

Metode kursus atau private juga seringkali membantu kita memahami dasar-dasar bahasa dengan baik, sehingga progres selanjutnya akan lebih cepat.

Bimbingan dari guru atau tutor atau instruktur yang berpengalaman dan fasih berbahasa Korea akan bikin kita lebih yakin dan lebih percaya diri.

Di samping itu, keberadaan instruktur atau guru private bahasa Korea juga memungkinkan kita mendapatkan feedback langsung, dan memungkinkan kita untuk mendapatkan jawaban langsung dari setiap pertanyaan.

Keterlibatan guru atau instruktur serta kehadiran kita di kelas bahasa Korea juga seringkali bisa menjadi sumber motivasi lebih. Di samping itu, keterlibatan kita secara sosial juga bisa menambah koneksi sosial yang tentu saja akan sangat berharga untuk membentuk jaringan di masa depan.

Kita juga bisa memilih kursus berdasarkan kemampuan kita. Misalnya, kita bisa memulai dari tingkat pemula atau intermediet. Atau, kita juga bisa memulai dari tingkat lanjut kalau kita sudah punya dasarnya.

Dan, yang tak kalah penting, belajar bahasa Korea dengan cara kursus atau lewat jalur private akan membuka peluang bagi kita untuk mendapatkan materi TOPIK (Test of Proficiency in Korean).

Saya yakin, pasti banyak di antara kalian yang masih merasa asing dengan istilah “Test of Proficiency in Korean” yang disingkat “TOPIK” ini. Istilah ini sebenarnya mirip-mirip dengan tes TOEFL atau IELTS dalam bahasa Inggris. Jadi, TOPIK disebut sebagai tes standar internasional yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Korea.

Tes TOPIK sendiri dirancang oleh National Institute for International Education (NIIED) di Korea Selatan. Diantara tujuannya adalah,

  • Mengevaluasi kemampuan bahasa. Misalnya mengukur kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Korea
  • TOPIK juga sering digunakan sebagai syarat untuk masuk ke universitas di Korea Selatan
  • Selain kerap digunakan sebagai syarat untuk masuk universitas di Korea Selatan, TOPIK juga selalu dijadikan sebagai persyaratan untuk mendapatkan visa kerja kalau kita mau kerja di Korea

Lebih Baik Mana, Kursus atau Private Bahasa Korea?

Kelebihan belajar bahasa Korea lewat jalur kursus sudah saya jelaskan di bagian atas. Lalu bagaimana kalau kita memilih belajar langsung ke guru privat bahasa Korea?

Setiap pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kembali lagi, pilihan ini semuanya kembali kepada referensi masing-masing, tingkat kemampuan saat ini, budget, dan juga tujuan kita mempelajari bahasa Korea.

Supaya lebih jelas perbedaan antara belajar bahasa Korea lewat kursus dan privat, berikut adalah beberapa keuntungan belajar bahasa Korea melalui jalur private.

  • Jika belajar langsung ke guru private bahasa Korea, umumnya kita akan memiliki kendali penuh atas pembelajaran, materi, dan metode yang kita inginkan.
  • Kita akan mendapatkan perhatian yang lebih intensif dan kustomisasi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan maupun kebutuhan kita
  • Kita bisa lebih mudah menyesuaikan jadwal
  • Akselerasi belajar kita bisa diatur dengan mengikuti perkembangan atau kemampuan kita dalam menerima pelajaran
  • Seperti pada kursus, belajar langsung dari guru private juga akan memudahkan kita menerima umpan balik (feedback). Dan, akan memudahkan kita memperbaiki setiap kesalahan secara cepat dan langsung

Rekomendasi Kursus Bahasa Korea Online

Jadi, teman-teman, kalau kalian pengen belajar Bahasa Korea dengan cara yang seru, Ruangguru adalah yang paling saya rekomendasikan. Mereka bener-bener tahu cara membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan dan mudah.

Setidaknya, ada 7 alasan mengapa saya merekomendasikan Ruangguru buat private atau kursus Bahasa Korea online.

1. Guru Private Bahasa Korea di Ruangguru keren-keren

Pertama, mari kita kenalan sama guru-guru Bahasa Korea di Ruangguru. Nggak main-main, rata-rata mereka sudah punya pengalaman mengajar antara 7-11 tahun.

Kerennya lagi, mereka sudah lulus seleksi ketat dari universitas terbaik (dalam dan luar negeri). Jadi, belajar kepada guru-guru seperti mereka ini, menurut saya adalah pilihan yang tepat!

2. Bebas Atur Kebutuhan Belajar

Salah satu yang aku suka dari Ruangguru adalah fleksibilitasnya. Di sini, kita bisa mengatur sendiri jadwal berdasarkan aktivitas kita. Terus, kamu juga bisa memilih materi yang pengen kamu pelajari. Jadi, gak ada lagi materi yang bikin kita auto bosan.

3. Bebas Memilih Belajar Online atau Offline

Menurut saya, ini keren banget! Kalau private Bahasa Korea di Ruangguru, kita bisa belajar kapan aja dan di mana aja sesuai kebutuhan. Selain bisa belajar secara online, kita juga bisa memilih belajar offline di rumah.

4. Harganya Murah Meriah

Kadang kursus Bahasa Korea itu mahal banget. Tapi Ruangguru punya Paket les private Bahasa Korea yang bener-bener hemat. Kamu bahkan bisa dapat diskon sampai 40%! Dengan harga segitu, kamu bisa lebih sering belajar tanpa perlu takut kantong bakal terkuras.

5. Fasilitas Lengkap

Ruangguru juga punya fasilitas lengkap yang bikin belajar makin seru. Ada video pembelajaran yang bisa kamu tonton kapan aja, latihan soal TOPIK (Test of Proficiency in Korean) yang bisa membantu kamu mengukur kemampuan, dan laporan belajar yang bikin kamu bisa melihat perkembanganmu.

6. Faktanya, 90% Murid Ingin Balik Les di Ruangguru

Ini beneran, guys! Menurut survey, 90% murid yang udah les privat Bahasa Korea di Ruangguru pengen balik lagi. Dan, saya bisa membayangkan kenapa. Itu karena… belajar di Ruangguru itu gak cuma efektif, tapi juga seru dan mengasyikkan!

7. Ada Jaminan Ganti Pengajar

Ruangguru punya jaminan ganti pengajar. Ini adalah faktor yang menurut saya, bisa bikin kita merasa aman dan nyaman. Jadi, kalau kamu merasa gak nyambung sama guru, atau kalau kamu ada masalah, kamu bisa minta ganti guru private.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Korea?

Gara-gara kebiasaan nonton drakor nggak cuma bisa bikin kita suka sama aktor-aktornya yang cantik dan ganteng-ganteng. Tapi, juga bisa bikin kita jatuh cinta sama budaya Korea, plus bahasanya.

Menurut aku lumrah sih. Soalnya aku juga pernah ngalamin hal yang sama ketika aku suka banget sama anime. Saking senangnya nonton anime, aku sempat berniat buat belajar bahasa Jepang.

Meskipun mempelajari bahasa Korea kedengarannya sangat menarik dan menyenangkan. Terutama, supaya nggak sibuk baca subtitle saat nonton film drakor, atau saat mendengarkan lagu-lagu K-pop. Tapi, apakah alasan tersebut sepadan dengan waktu, tenaga, dan biaya yang akan kita habiskan?

Menurut aku sih, belajar bahasa asing itu nggak ada ruginya. Bahasa apapun itu! Termasuk bahasa Korea. Soalnya, selain bisa menjadi pencapaian pribadi yang membanggakan, bisa bahasa asing itu juga akan bikin kita,

  • Lebih mudah diterima kalau mau kerja di Korea sana. Atau kerja di perusahaan internasional yang membutuhkan bahasa Korea sebagai bahasa pengantar, entah itu untuk first language atau second language
  • Terus kalau kamu berencana travelling ke Korea. Belajar bahasa Korea wajib kamu lakukan supaya perjalanan wisata ke sana terasa lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi kalau kita bisa berkomunikasi langsung dengan penduduk lokal yang pasti bisa bikin liburan kita makin berkesan
  • Selain berbagai keuntungan di atas, pasti ada banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan, kalau kita belajar bahasa asing. Termasuk, memudahkan kita memahami budaya dan menikmati film hingga musiknya, kita juga punya kesempatan lebih besar untuk belajar di Universitas Korea--terutama bagi yang masih berstatus siswa atau mahasiswa. Dan, belajar bahasa asing juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta analitis.

Penutup

Terlepas dari apapun alasanmu belajar bahasa Korea. Belajar melalui metode kursus atau private adalah opsi terbaik, khususnya bagi kamu yang belum punya dasar.

Kalau kamu masih berada di level pemula, saran saya, coba pilih belajar lewat jalur kursus. Kalau kamu berada di level menengah, belajar pakai metode private (menurut saya) lebih tepat karena akselerasi belajarmu akan lebih cepat. Dan, jangan lupa! Kalau private di Ruangguru, kita bebas memilih, mau belajar online atau offline.

Guru private bahasa Korea yang ada di Ruangguru, menurut saya the best lah… rata-rata mereka punya pengalaman mengajar bahasa Korea lebih dari 5 tahun. Bahkan, banyak juga guru privat bahasa Korea di Ruangguru yang punya pengalaman antara 7 sampai 11 tahun. Terus, di Ruangguru juga ada jaminan ganti guru kalau kita enggak nyambung, kurang enjoy, atau karena masalah-masalah yang lain.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

1 komentar

  1. aku dulu belajar bahasa Korea awalnya karena demen sama Korea, waktu itu lagi rame ramenya Full House, My Girl dan masih banyak lagi
    dan ikutan kursus di tempat les bahasa korea yang ada di kampusku dan ternyata pengajarnya orang korea asli, berasa kayak di drama waktu yg ngajar orang korea.

    Truss karena udah lama banget lesnya, dan udah jarang dibuka bukunya, jadi agak lupa untuk beberapa kosakata. dan kepikiran mau les lagi secara online

    BalasHapus

Posting Komentar