Selain Tempat Wisata Pekanbaru, Ini Makanan Khas Riau yang Perlu Kamu Tau

Tempat Wisata Pekanbaru mungkin sudah tidak asing lagi buat warganya. Namun berbeda dengan wisatawan yang datang kesana. Mengunjungi ko kota kalau tak mencoba makanan khas kota tersebut rasanya ada sesuatu yang kurang. Layaknya seperti berkunjung ke Bumi Melayu Riau yang terletak di Pulau Sumatera ini. Kota yang identik dengan ciri khas melayu nya ini mempunyai makanan khas yang wajib kamu coba.

Image from ig@eksplorepekanbaru


Asam Pedas Patin


Nama masakan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Riau, terutama kota Pekanbaru. Gabungan rempah – rempah seperti kunyit, daun jeruk, asam kandis dan batang serai semakin menambah kenikmatan masakan ini. Rasa kuah campuran pedas dan asam menambah selera siapapun yang memakannya. Bagi masyarakat melayu Riau masakan ini sering disajikan di acara pernikahan, khitanan, acara adat, maupun untuk disantap sehari – hari. Rumah makan yang ada di kota ini juga menyediakan menu Asam Pedas Patin ini, biasanya bagian ikan patin yang digunakan adalah kepala . Harga per porsinya ditaksir Rp.20.000-Rp.30.000 tergantung ukuran ikannya.

Laksamana Mengamuk


Laksamana Mengamuk merupakan nama minuman khas riau. Bahan utama nya adalah mangga kweni (kuini). Aroma buah kweni yang khas serta ditambah santan dan es menambah kesegaran minuman khas sekaligus tradisional masyarakat melayu Riau. Pembuatan minuman ini sangatlah mudah, hanya dengan memblender buah kweni, santan, serta es batu secukupnya, bisa juga ditambah beberapa potong buah kweni setelah semua terblender, layaknya memberi topping. Minuman ini jarang dijual di umum, biasanya kita bisa menemukan ini di acara – acara tertentu seperti pesta pernikahan adat melayu, arisan adat serta acara – acara yang bersifat melayu.

Kue Bangkit


Kue ini biasa ditemukan didaerah Pekanbaru, Jambi dan Kepulauan Riau. Kue ini hanya disajikan pada momen momen tertentu saja. Kue bangkit merupakan kue khas Riau yang biasa disajikan sebagai kue lebaran, bukan hanya itu masyarakat tionhoa juga menyediakan kue ini saat hari raya imlek, sehingga disini terjadi seperti silang budaya antara melayu dan tionghoa. Bentuknya yang kecil , berwarna putih serta renyah. Dinamakan kue bangkit karena ukuran dari kue ini setelah matang dan dikeluarkan dari oven bisa berukuran dua kali lipat dari ukuran adonan semulanya. Harga Kue Bangkit ini sekitar Rp.30.000 perkotak atau perpaketnya.

Lempuk Durian


Lempok Durian atau di Bengkulu disebut juga dengan Lempuk adalah sejenis dodol yang terbuat dari daging buah durian/ duren yang segar . Makanan ini sangat familiar dan populer bagi mayarakat melayu, wilayah Sumatera seperti Bengkulu, Pekanbaru Riau, Palembang hingga Lampung dan beberapa wilayah di Kalimantan seperti Pontianak dan Samarinda. Harga Lempuk Durian ini sekitar Rp.27.000 perkotaknya, dimana perkotaknya berisi 10 buah lempuk durian. Lempuk durian ini juga salah satu oleh – oleh wajib dari Riau yang bisa kamu bawa pulang.

Gulai Kuning Baung


Baung adalah nama segolongan ikan yang  menyebar luas di India, Cina selatan dan Asia Tenggara. Di Riau, Baung biasanya dijadikan santapan berkuah. Santapan berkuah ikan baung ini biasa disebut Gulai Kuning Baung. Dengan rasa ikan baung yang gurih dengan tekstur lembut di lidah dan dipadukan rasa kuah yang beraroma nikmat kaya bumbu, makanan ini terasa sangat istimewa. Disebut Gulai kuning karena kuah nya berwarna kuning yang berasal dari kunyit yang merupakan salah satu rempah dalam pembuatan Gulai Kuning Baung ini. Gulai baung dapat kita jumpai di pesta pernikahan, ulang tahun, arisan maupun dimasak sendiri untuk makanan sehari hari. Gulai Kuning Baung juga dapat kita santap di rumah makan yang ada , dengan kisaran harga Rp.30.000 – Rp.50.000 perporsi nya tergantung ukuran ikan baungnya.

Salai Ikan Selais


Ikan selais merupakan ikan asli dari Riau. Di kota Pekanbaru juga terdapat tugu ikan selais yang terletak ditengah kota, selain itu ikan selais juga menjadi thema badan busway yang berada di kota Pekanbaru. Ikan ini biasanya bisa dicicipi disetiap keadaan seperti pesta dan makanan sehari – hari. Salai ikan selais merupakan ikan yang diasapkan, atau ikan yang dijemur di bawah terik matahari. Salai ikan selais biasanya dicampur dengan sambal, di gulai ataupun di goreng biasa. Tekstur ikan ini tidak terlalu tipis dan tidak terlalu padat atau tebal. Ikan ini biasanya dibeli perkilogramnya, layaknya ikan ikan salai lainnya seperti salai lele, salai patin dan salai gurame. Harga sekitar Rp.25.000 – Rp.90.000 perkilogram. 
   

No comments