Cara Saya Melindungi Kesehatan Bayi di 1000 Hari Pertamanya

Pengalaman menjadi seorang ibu sudah menjadi impian saya sejak lama. Sejak dulu--ketika masih menjadi PRT. Dulu, saya kerap membayangkan diri saya mengasuh dan membesarkan dan membereskan rumah milik sendiri. Bukan seperti saat itu, ketika saya harus mengasuh dan membersihkan rumah majikan.

Setelah berumah tangga dan punya anak, saya menyadari bahwa pengalaman tersebut ternyata memberikan saya banyak pelajaran kemudahan. Sehingga, ketika dihadapkan pada kondisi yang sulit, saya bisa tetap tenang dan mengambil alih berbagai tanpa rasa gugup atau panik. Akan tetapi, walaupun sudah merasa punya cukup banyak pengalaman, tetap saja ada banyak pengalaman baru yang saya dapatkan sejak berumah tangga, khususnya ketika anak kami mulai lahir.



Sebagai seorang ibu, saya, seperti juga ibu-ibu yang lain tentu saja memiliki naluri untuk menjaga dan melindungi anak agar mereka bisa tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Naluri keibuan membuat saya lebih aktif belajar dan mencari berbagai informasi yang dapat saya gunakan untuk melindungi anak dan mendukung tumbuh-kembangnya.

Sebagai seorang blogger dan seorang ibu, naluri saya mengatakan bahwa saya harus belajar dengan banyak-banyak membaca. Terutama, dari website dan blog yang menyajikan pengalaman-pengalaman menarik dari blogger yang sudah terlebih dahulu jadi ibu. Dari membaca, saya mendapatkan banyak sekali ilmu, khususnya yang berkaitan dengan cara melindungi kesehatan bayi di 1000 hari pertama kehidupan mereka. Karena pada #1000HariPerlindungan ini adalah waktu yang paling tepat untuk menetapkan fondasi kesehatan, pertumbuhan, dan mempromosikan perkembangan saraf yang optimal.

1000 hari perlindungan pertama ini sangat penting. Pasalnya, pondasi yang kita tanamkan selama kurang lebih 3 tahun ini pengaruhnya akan dirasakan anak selama sisa hidup mereka. Jadi, jika kita bisa memaksimalkan seribu hari tersebut, maka tidak menutup kemungkinan anak-anak akan sehat sepanjang hidup mereka, bisa tumbuh secara normal, dan perkembangan otak mereka akan lebih maksimal.

Sebaliknya, apabila anak sampai terinfeksi penyakit akibat virus atau bakteri, atau anak-anak sampai kekurangan gizi (protein, seng, zat besi, kolin, folat, yodium, asam lemak tak jenuh ganda, serta vitamin A, D, B6 dan B12), hal tersebut dapat mengakibatkan anak penyakitan atau mengalami defisit fungsi otak seumur hidup. Meskipun kebutuhan nutrisi berusaha dipenuhi sepanjang sisa hidup mereka, setelah usia 1000 hari, pemenuhan kebutuhan nutrisi tersebut tidak akan banyak membantu.

Bagaimana Saya Melindungi Kesehatan Bayi di 1000 Hari Pertamanya?

Memberikan asupan ASI selama 2 tahun penuh

Sejak anak belum lahir, saya sudah bercita-cita untuk menyusui buah hati selama 2 tahun. Dan, saya sangat berharap anak bisa menikmati kolostrum agar mereka bisa mendapatkan sumber imun tubuh yang baik dan kuat.

Untuk mendukung agar ASI yang saya hasilkan kaya nutrisi. Saya berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi (vitamin dan mineral) melalui makanan sehari-hari. Jadi, alih-alih menuruti nafsu untuk makan makanan yang enak tapi rendah gizi, saya justru berusaha untuk memaksakan diri mengkonsumsi makanan sehat.

Dan untungnya, saya termasuk orang yang menyukai hampir semua jenis makanan, tidak terkecuali sayur-mayur dan buah-buahan. Tak ada makanan yang tidak saya sukai, walaupun saya sendiri alergi terhadap seafood.

Pastikan Pakaian, Peralatan Makan dan Minum serta Mainan Steril

Ketika melahirkan anak pertama, saya lebih sering menggunakan sabun cuci biasa mensterilkan tangan, pakaian, mainan, serta peralatan makan dan minum anak, selain direndam di air hangat atau air panas.

Menjaga peralatan makan dan minum anak agar tetap steril sangat penting. Mengingat, imun tubuh bayi masih lemah dan sangat rentan. Bahkan, terhadap virus ataupun bakteri yang dianggap lemah oleh orang dewasa, bisa sangat berbahaya dan mengancam jiwa bagi bayi.

Membersihkan peralatan makan menggunakan sabun cuci biasa saja kadang-kadang menyisakan kekhawatiran. Pasalnya, sabun tersebut tentu saja tidak diformulasikan untuk peralatan makan dan minum anak-anak apalagi bayi.

Mengenal Sleek Baby

Di kelahiran anak kedua, kami mencoba menggunakan pembersih yang lebih spesifik, yang memang secara khusus diformulasikan untuk membersihkan berbagai peralatan makan dan minum serta mainan anak-anak.

Sleek Baby adalah salah satu #ProdukBayi yang aman, yang saya pilih karena produk ini saya anggap sebagai yang terbaik. Saya menjatuhkan pilihan dan mempercayakan Sleek Baby #PembersihBotol Dengan 8 Proteksi, karena dilengkapi dengan 8 Proteksi yaitu:

Food grade. Ini mengindikasikan bahwa pembersih ini tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk si kecil

Natural Anti Bacterial. Anti bakteri alami yang terkandung di dalam produk pembersih ini,   #SleekBabyAlamiMelindungi mampu membasmi kuman secara maksimal. Sehingga, saya merasa lebih tenang jika mencuci berbagai macam peralatan bayi

Stain removal. Botol susu bayi adalah peralatan minum yang menurut saya paling sulit untuk dibersihkan. Karena tak jarang, pembersih biasa tidak mampu menghilangkan sisa lemak serta bau tak sedap yang tertinggal di botol susu. Tapi, dengan menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi, hal tersebut bukan lagi masalah. Karena formulasi khususnya bisa membantu mempermudah kita menghilangkan bau dan sisa lemak yang menempel di peralatan makan maupun botol bayi

Hypoallergenic. Merupakan formula yang bisa menghindarkan tangan kita dari alergen saat mencuci peralatan bayi menggunakan Sleek Baby. Tidak hanya melindungi tangan kita yang mencuci, formula hipoalergenik ini juga bisa meminimalisir allergen pada peralatan bayi. Sehingga, peralatan tersebut tidak akan menyebabkan gatal, iritasi pada kulit, atau menyebabkan kulit menjadi kasar

Dermatologically Tested. Yang lebih penting lagi, sabun pencuci botol dan berbagai peralatan bayi termasuk mainan bayi ini telah teruji secara klinis sehingga aman digunakan

Microbiological Tested. Mencuci menggunakan produk #SleekBaby ini membuat kita sebagai ibu jadi lebih mudah buat melindungi kesehatan bayi di 1000 hari pertamanya. Karena, produk ini telah dilengkapi dengan formula yang telah teruji efektif membunuh mikroorganisme berbahaya

High Quality Concentrate. Tidak perlu menuangkan terlalu banyak, dengan sedikit Pembersih Botol dan Aksesoris Sleek Baby, itu sudah cukup untuk membersihkan botol susu si kecil dan melindunginya dari kuman dan berbagai organisme berbahaya lainnya. Dengan kata lain, mutunya yang tinggi membuat penggunaan produk ini jadi lebih irit dan efektif

Paraben Free. Produk ini juga bebas dari bahan pengawet atau tidak mengandung paraben, sehingga aman digunakan untuk mencuci berbagai peralatan makan, aksesoris, hingga mainan bayi--khususnya botol susu

Saran saya, jika ingin lebih aman dan kesehatan anak lebih terjamin, Bunda bisa mencoba menggunakan produk Sleek Baby ini untuk mencuci #PerlengkapanBayi. Mulai dari peralatan makan dan minum si kecil hingga mainannya. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk mencuci tangan bunda sebelum memegang bayi, agar tangan lebih steril dan bebas kuman. Terutama, jika di ruangan tidak tersedia gel antiseptik.

Rumah Harus Lebih Bersih Dibandingkan Hari-Hari Biasa

#BayiBaruLahir harus tinggal di lingkungan yang bersih. Dan seiring dengan pertumbuhan mereka, nantinya mereka akan belajar merangkak, belajar duduk, dan berjalan. Jika sudah mulai bisa merangkak, mereka pasti akan mengeksplor semua bagian rumah dan penasaran dengan berbagai benda yang ditemuinya.

Tak jarang, benda-benda tersebut tidak hanya sekedar mampir di tangannya tapi juga bisa singgah di mulutnya. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan rumah dan perabotannya wajib dilakukan.

Setiap kali punya bayi, saya berusaha untuk menyediakan lingkungan yang benar-benar bersih bagi mereka. Saya juga tanpa ragu menggunakan produk Sleek Baby untuk mencuci tangan anak setelah mereka selesai bermain atau sebelum makan.

Karena saya percaya, selain bisa digunakan untuk mensterilkan dot susu, #SleekBaby8Protection 
 ini juga bisa digunakan untuk membersihkan mainan dan perlengakapan bayi dari kuman atau pun organisme berbahaya lainnya.

Cara memperoleh info terbaru tentang Sleek Baby
Bagi Bunda yang penasaran dengan produk-produk dari Sleek Baby dan ingin tahu berbagai kelebihan produk yang mereka miliki, Bunda bisa follow akun sosial media mereka, mulai dari Facebook hingga Instagram. Selain memudahkan Bunda mengakses info produk terbaru, mengikuti sosmed Sleek Baby juga akan sangat menguntungkan karena, banyak tips dan trik menjaga kesehatan bayi yang bisa Bunda peroleh.

Jauhkan Benda-Benda Berbahaya Terutama yang Mengandung Racun

Jika orangtua (Ayah) merokok, pastikan Bunda meminta agar ayah mau berhenti merokok. Atau jika tidak memungkinkan, mintalah mereka untuk merokok di luar rumah dan menjauh dari si kecil.

Selain rokok, saya juga berusaha untuk mengeliminasi benda-benda berbahaya yang mengandung racun seperti obat nyamuk bakar ataupun elektrik.

Agar anak tidak mudah digigit nyamuk, saya pribadi sengaja membeli kelambu untuk dipasang di kamar tidur. Saya juga sengaja menggunakan penghangat tubuh bayi yang mengandung anti serangga. Cara ini cukup efektif untuk mencegah gigitan nyamuk dan berbagai macam serangga pengganggu.

Yang terakhir. Ketika bermain, anak-anak harus selalu berada dalam pengawasan dan jangkauan. Pasalnya, mainan yang kita anggap aman sekalipun, bagi mereka bisa sangat berbahaya.

No comments