Cara Merawat Vulva dan Miss V agar Tetap Sehat

Posting Komentar

Menjaga kesehatan area kewanitaan seperti Miss V dan vulva sangat penting. Hanya saja, masih banyak yang menyebut kedua bagian area kewanitaan tersebut dengan satu kata, yakni "Miss V" saja.

Padahal, area kewanitaan yang lebih akrab kita sebut Miss V sebenarnya terdiri atas 2 bagian yaitu, vulva dan vagina (Miss V). 

Tapi, mengapa keduanya perlu dibedakan?

Kedua bagian area kewanitaan tersebut perlu dibedakan agar kita (sebagai wanita) bisa memberikan perawatan yang tepat. Mengingat, cara memperlakukan dan merawat Miss V maupun area vulva itu berbeda.

Perbedaan Miss V dan Vulva

Seperti yang saya katakan di atas, masih banyak orang yang cenderung menggunakan istilah "Miss V" untuk menyebut tentang alat kelamin wanita termasuk vulva. Jadi, apa sebenarnya perbedaan antara Miss V dan vulva?

1. Apa Itu Vulva?

Vulva merupakan area kewanitaan yang terletak di luar Miss V. Yang termasuk vulva diantaranya adalah, lipatan yang disebut labia (bibir). Labia sendiri terdiri atas dua lipatan, yaitu lipatan terluar yang disebut labia mayora, dan yang kedua adalah yang berada di bagian dalam yang disebut labia minora.

Area vulva juga termasuk gundukan yang tercipta akibat adanya tulang kemaluan (mons pubis), organ bulat kecil yang disebut klitoris, dan salurah kemih yang disebut uretra.

2. Apa itu Vagina (Miss V)?

Miss V adalah jalan lahir yang menghubungkan bagian luar area kewanitaan (vulva) dengan rahim. Lebih spesifik, yang disebut Miss V itu dimulai dari, area pembukaan yang disebut introitus hingga serviks atau leher rahim.

Jika harus dijelaskan dalam istilah awam, rasanya penjelasan dari pakar Obstetrics and Gynecology bernama Oluwatosin Goje, MD ini bisa dicoba. Menurutnya, “Miss V adalah area kewanitaan berwarna pink yang tidak bisa dilihat dari luar.”

Cara Merawat Vulva dan Miss V

Tadi di bagian atas, saya juga sudah mengatakan bahwa, kita harus membedakan antara vulva dan Miss V karena keduanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Hal ini disebabkan karena, penyakit pada Miss V dan vulva seringkali berbeda.

1. Cara Merawat Vulva

Vulva atau bagian terluar dari area kewanitaan harus dirawat agar tidak mengalami iritasi dan tetap kering. Menjaganya tetap kering dan bebas dari iritasi adalah cara mencegah vulva mengalami pembengkakan atau memerah.

Mengingat vulva adalah pintu masuk ke Miss V, maka area ini juga harus dirawat dengan benar. Adapun cara merawat vulva yang benar adalah:

  • Sebelum melakukan perawatan, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Misalnya, dicuci dengan air mengalir dan sabun
  • Gunakan air hangat untuk membasuh vulva
  • Keringkan secara menyeluruh dengan menggunakan handuk atau tissue halus yang bersih
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun 100%. Sebaliknya, hindari menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan asetat atau nilon serta berbagai macam serat buatan lainnya
  • Saat mencuci pakaian dalam, hindari menggunakan deterjen terlalu banyak. Jika memungkinkan, cucilah pakaian dalam secara terpisah dan dengan menggunakan deterjen ringan
  • Selalu cuci daleman yang baru dibeli sebelum digunakan
  • Jangan digaruk apabila gatal
  • Apabila area kewanitaan terasa gatal, berbau tak sedap, atau apabila mengalami keputihan, bersihkan dengan menggunakan sabun yang lembut dan yang telah dirancang secara khusus. Misalnya seperti, produk BETADINE™ Feminine Wash Foam Gentle Protection

2. Cara Merawat Miss V

Untuk merawat Miss V sebenarnya sangat mudah. Karena pada dasarnya, Miss V bisa merawat dirinya sendiri. Jadi, semakin sedikit perawatan yang kita lakukan, maka akan baik. Agar Miss V sehat, kita bisa melakukan perawatan dengan menerapkan beberapa cara berikut ini.

  • Perawatan Miss V bisa dimulai dari gaya hidup. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, menjaga berat badan, dan olah raga secara teratur
  • Miss V adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Karena itu, gunakan air biasa untuk membersihkannya dan hindari penggunaan sabun yang mengandung SLS, seperti sabun mandi pada umumnya

Rekomendasi Sabun untuk Area Kewanitaan

Di bagian atas, saya beberapa kali menyebut bahwa, membersihkan area kewanitaan harus menggunakan sabun yang ringan atau yang di desain khusus. Seperti, BETADINE Daily Feminine Wash Foam Gentle Protection, misalnya.

Sebisa mungkin, hindari menggunakan sabun mandi untuk membersihkan Miss V. Sebaliknya, selalu gunakan sabun-sabun seperti Betadine Feminine Wash Foam. Karena,

  • Produk seperti ini tidak mengandung SLS, paraben, dan juga pewarna yang dapat membahayakan Miss V
  • Bisa membantu menjaga keseimbangan PH alami Miss V
  • Mengandung prebiotik yang dapat membantu menjaga pertumbuhan perkembangan bakteri baik sekaligus mencegah tumbuhnya bakteri jahat yang dapat menyebabkan keputihan atau gatal
  • Mengandung pelembab alami

Menggunakan sabun biasa yang mengandung SLS, pewangi, dan juga pewarna, dapat berdampak buruk pada Miss V. Karena SLS hingga pewarna dapat menyebabkan keseimbangan PH dan bakteri baik yang ada di dalam Miss V terganggu. Hal inilah yang dapat memicu berbagai masalah kewanitaan, seperti infeksi, bau tak sedap, hingga keputihan.

Saya sendiri sudah memakai Betadine Feminine Wash Foam varian Gentle Protection yang berwarna keunguan, dan varian Fresh & Active yang berwarna hijau.

Setelah saya mencoba sendiri produk ini. Menurut saya produk ini sangat bagus dan layak untuk dimiliki oleh semua wanita dalam rangka menjaga dan merawat area kewanitaannya.

Jadi, penting banget untuk selalu menyediakan produk ini di kamar mandi.

Seperti yang saya katakan tadi, saya sendiri sudah menggunakan 2 varian dari Betadine Feminine Wash Foam karena kedua produk ini menawarkan manfaat yang sedikit agak berbeda.

Sebagai informasi, BETADINE Daily Feminine Wash Foam varian Gentle Protection adalah sabun yang dirancang secara khusus untuk merawat area kewanitaan. Terutama saat menstruasi atau ketika mengalami gatal-gatal, keputihan, dan saat Miss V berbau tak sedap.

Produk ini bisa membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik karena mengandung prebiotik dan bisa membantu menjaga keseimbangan PH alami Miss V.

Sedangkan untuk varian Fresh & Active, secara khusus saya sediakan untuk membantu memberikan kesegaran dan membantu menjaga keseimbangan PH serta bakteri baik pada Miss V saat cuaca panas atau ketika saya harus beraktivitas fisik. Misalnya saat berolahraga, atau saat melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan tubuh banyak berkeringat.

Saya pribadi merekomendasikan produk ini tidak hanya karena manfaatnya tersebut, melainkan juga karena, Betadine sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu merek produk kesehatan yang terpercaya. Kemudian, harga BETADINE Feminine Wash juga relatif terjangkau.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang produk Betadine dan informasi seputar kesehatan lainnya. Kamu bisa kunjungi langsung situsnya di https://betadine.co.id/ ya.. Semoga bermanfaat.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar