Ingin Tahu Siapa Saja yang Membutuhkan Hosting?

Posting Komentar

Ketika menggunakan suatu produk dari brand yang belum terkenal, saya biasanya akan mengecek detail dari produk tersebut melalui website dengan tujuan untuk meyakinkan diri.

Saat mengecek detail sebuah produk, saya selalu berharap bisa mengeceknya langsung melalui official website atau website resminya.

Jika keterangan yang saya peroleh tidak berasal dari website resmi. Saya tidak akan pernah merasa yakin 100% terhadap setiap informasi yang saya dapatkan.

Sebaliknya, saya juga sering merasa kecewa saat ada produk tertentu dari brand tertentu yang hanya mencantumkan gambar tanpa keterangan yang mendetail.

Bahkan ketika saya mencoba membeli sesuatu di toko online. Saya juga selalu berusaha untuk mengecek harga aslinya di website resmi dari produk yang bersangkutan. Mengingat, di toko online banyak sekali produk palsu (KW) yang dijual dengan harga sangat murah.

Tapi, kalian mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya saya mengidentifikasi sebuah website resmi? 

Sebuah website resmi biasanya memiliki beberapa ciri-ciri. Namun saya paling sering menggunakan 2 ciri berikut ini untuk mengidentifikasi sebuah official website.

  1. Menggunakan domain TLD atau berbayar seperti, .com, .id, .co.id, .org, .go.id, dll
  2. Nama domain harus sesuai dengan nama brand

Saya yakin, kebiasaan saya ini pasti banyak dipraktekkan oleh konsumen di luar sana. Karena itulah, setiap merek sangat disarankan untuk memiliki sebuah website.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Verisign menyebutkan bahwa, 2/3 konsumen meyakini bahwa, brand yang memiliki website lebih kredibel dibandingkan dengan brand yang tidak memiliki website.

Kemudian, tanpa website, brand juga dianggap tidak memiliki "home base" oleh Google (search engine), sehingga dapat mempengaruhi peringkat pencarian. Meskipun, brand tersebut sudah memiliki akun Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan berbagai akun sosial media lainnya.

Mengingat akan pentingnya kehadiran website bagi brand atau perusahaan. Maka, sudah sewajarnya apabila setiap brand atau perusahaan disarankan untuk memilikinya.

Meski demikian, website tersebut juga sebaiknya tampil profesional agar lebih kredibel atau dapat dipercaya. Karena website yang dibuat ala kadarnya, juga dapat menurunkan citra, gengsi, serta personal branding.

Selain menggunakan domain TLD dan tampilan yang sesuai dengan tema produk/merek, sebuah website yang profesional juga umumnya harus diletakkan pada sebuah hosting berbayar, bukan yang gratisan.

Bagi Anda yang belum familiar dan bertanya-tanya, apa itu web host atau hostingan dan mengapa kita membutuhkannya? Jawabannya akan kamu temukan dengan membaca ulasan singkat di bawah ini.

Apa Itu Hosting?

Dalam istilah awam, hosting bisa berarti "rumah" bagi website kita. Di sanalah data base atau files website kita akan disimpan.

Meskipun banyak tersedia hosting gratisan. Akan tetapi, seperti biasanya, hosting gratisan umumnya punya banyak kekurangan.

Berbagai kekurangan hosting gratis diantaranya adalah, 

  • Kapasitasnya terbatas
  • Minim support
  • Sulit dikomplain apabila ada masalah pada server
  • Dianggap kurang aman, serta
  • Tidak menyediakan fitur-fitur eksklusif seperti alamat email dengan nama domain

Sebaliknya, menggunakan hosting berbayar untuk website punya banyak kelebihan. Misalnya seperti, kapasitas penyimpanan yang bisa disesuaikan, bandwidth unlimited sehingga loading website lebih cepat, full support, keamanannya lebih terjamin, didukung plug-in yang lengkap, lebih SEO friendly, dan masih banyak keuntungan sewa hosting lainnya yang bisa kita dapatkan.

Mengingat betapa pentingnya sebuah hosting untuk website. Saya yakin, pasti banyak di antara teman-teman yang penasaran dan bertanya-tanya, "apakah harga hosting mahal?"

Biaya hosting untuk website sebenarnya relatif murah. Saya ambil contoh harga hosting di Niagahoster misalnya. Di sana, paket hosting paling murah ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 9.900 per bulan. Sangat terjangkau, bukan?

Siapa Saja yang Membutuhkan Hosting?

Di atas saya telah menyebutkan bahwa, sewa hosting umumnya dibutuhkan untuk membuat agar, website kita lebih mudah di kustomisasi, bisa loading lebih cepat, dan aman, sehingga website kita pun akan terlihat lebih profesional.

Singkatnya, siapapun yang membutuhkan website profesional untuk, meningkatkan personal branding, meningkatkan citra brand, atau agar dapat menyuguhkan informasi yang mudah dipahami, harus menyewa hosting.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar siapa saja yang membutuhkan hosting dan alasannya.

1. Bloger atau penulis

Dewasa ini, blog tidak hanya difungsikan sebagai media untuk berbagi pengalaman dan informasi. Melainkan, sering juga dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan.

Pasalnya, dengan memanfaatkan blog, kita bisa menjual backlink, berbisnis afiliasi, menerima endorsement produk, review produk, dan lain sebagainya.

Disamping itu, personal blog juga bisa digunakan untuk membangun personal branding. Sehingga, kita bisa memberikan informasi mengenai keunikan diri kita, menonjolkan ciri khas, menunjukkan skill atau kemampuan kita, sehingga orang atau masyarakat bisa menilai diri kita dari informasi ataupun prestasi yang kita tampilkan.

2. Brand atau Perusahaan

Jika suatu brand atau perusahaan tidak memiliki website. Orang pasti akan mempertanyakan legitimasi atau kredibilitasnya. 

Sebaliknya, dengan kehadiran website yang profesional, brand atau perusahaan memiliki kesempatan untuk menciptakan kesan yang baik. Dan, menegaskan bahwa bisnis mereka adalah bisnis yang nyata kepada klien ataupun orang-orang yang mengaksesnya.

Disamping itu, website yang profesional juga sangat bermanfaat untuk menyampaikan informasi mengenai, produk yang dibuat, manual produk, keunggulan produk, rencana-rencana perusahaan, status keuangan perusahaan yang mungkin dibutuhkan oleh investor, dan lain sebagainya.

3. Pedagang

Selain menggunakan marketplace dan sosial media, pedagang juga membutuhkan web store (toko online) untuk berjualan. 

Pasalnya, dengan memanfaatkan webstore, seorang pedagang atau penjual, bisa membantu meningkatkan kepercayaan, bisa membangun loyalitas untuk mempertahankan pelanggan, bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal, dan akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis di masa depan.

4. Hotel atau Penginapan

Hotel atau penginapan adalah daftar selanjutnya yang membutuhkan web hosting. Alasannya, hotel atau penginapan umumnya memiliki ciri khas tertentu yang bisa ditampilkan melalui website.

Dengan website yang unik dan mencirikan pelayanan hotel, sebuah hotel akan lebih mudah dalam menarik minat konsumen. Di samping itu, website hotel yang diletakkan di sebuah hosting berbayar juga akan,

  • Mempermudah hotel menawarkan promo
  • Lebih mudah mengupdate informasi terbaru
  • Terlihat lebih profesional
  • Berpeluang membuat email profesional sesuai nama hotel, dan
  • Akan lebih mudah menampilkan form reservasi (booking)

5. Situs Pemerintahan dan Lembaga

Web hosting juga dibutuhkan oleh situs pemerintahan dari mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kementerian yang. 

Disamping itu, lembaga-lembaga yang berkaitan dengan pemerintahan seperti, lembaga kesehatan, hukum, penanggulangan bencana, dan lain sebagainya.

6. Sekolah

Saat ini, semakin banyak bermunculan sekolah-sekolah baru yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Sehingga, persaingan untuk menarik minat siswa baru semakin ketat.

Tanpa ada informasi yang jelas, tentu calon siswa ataupun wali murid sudah barang tentu akan kesulitan untuk mengetahui keunggulan sekolah yang mereka inginkan.

7. Politikus

Untuk membangun karir politik, seorang politikus juga wajib memiliki website yang sebaiknya ditempatkan pada sebuah hosting berbahaya.

Melalui website, politikus bisa menggalang dukungan, menyampaikan informasi mengenai berbagai prestasi ataupun pendidikannya, berbagi pengalaman politik, dan masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan berbekal website.

Kesimpulan

Setiap orang yang ingin membangun kepercayaan atau personal branding, serta ingin meningkatkan citra brand atau perusahaan, wajib memiliki sebuah website profesional.

Website yang profesional bisa dibangun dengan dukungan web hosting. Dengan menyewa hosting, website pasti akan tampil lebih profesional dan menarik.

Karena didukung domain TLD, custom email address, serta support dan keamanan yang mumpuni. Sehingga akan terlihat lebih kredibel atau lebih terpercaya di mata masyarakat atau konsumen.

Bloger atau content writer, politikus, perusahaan atau brand, organisasi atau lembaga, komunitas, startup, restoran, hotel, hingga pedagang atau pebisnis, adalah sejumlah contoh (siapa saja) yang membutuhkan web hosting.

Bagi anda yang membutuhkan hosting, saya pribadi menyarankan Anda membeli di Niagahoster. Pasalnya, selain menyediakan pelayanan yang menurut saya sangat memuaskan, mereka juga memiliki banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga paket hosting termurah di Niagahoster kurang dari Rp. 10.000 per bulan.

Selain menyediakan paket hosting murah yang di bundling dengan domain, mereka juga menawarkan berbagai macam domain dengan harga mulai belasan ribu per tahun.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar