Yuk Kenali Berbagai Macam Soy Sauce

Posting Komentar
Memasak bagi sebagian orang merupakan sebuah hobi yang menyenangkan. Tidak hanya untuk perempuan saja, banyak juga laki-laki yang pandai memasak dan tak sedikit yang menjadi seorang koki di sebuah restaurant. Anda yang suka memasak, tentu memiliki banyak peralatan, bumbu dapur dan juga bahan makanan untuk menghasilkan sebuah masakan bercita rasa enak. 

Memilih bahan-bahan masakan yang lengkap, akan memudahkan Anda untuk berkreasi dan berinovasi dalam mencoba berbagai resep. Salah satu bahan makanan yang tidak pernah ketinggalan ada di dapur yaitu soy sauce.

Soy Sauce Adalah

Apa itu soy sauce


Apa itu soy sauce? Jika kita adalah ibu rumah tangga baru, kemungkinan kita baru mendengar bumbu masak ini. Padahal, soy sauce artinya saus dari bahan kedelai yang di Indonesia umumnya disebut sebagai kecap. Ya.. ternyata soy sauce adalah kecap ya bu ibu.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis masakan yang membutuhkan kecap sebagai penambah rasa dalam masakan sehingga terasa lebih sedap dan nikmat. Misalnya saja berbagai macam tumisan, nasi goreng, semur, bumbu masak, mie goreng dan masih banyak lagi.

Namun tahukah Anda rupanya soy sauce memiliki banyak macamnya. Anda jadi tidak boleh sembarangan memilih soy sauce sebab memiliki citarasa yang berbeda-beda. Agar Anda tidak salah memilih jenis soy sauce untuk masakan Anda, yuk kenali macam-macam soy sauce berikut ini.

Macam-macam Soy Sauce

1. Soy Sauce Kikkoman

Kikkoman merupakan salah satu jenis soy sauce yang seringkali dipakai sebagai tambahan dalam masakan Jepang. Misalnya saja sukiyaki, kuah ramen dan masakan ayam. Kegunaan soy sauce kikkoman adalah membuat rasa masakan menjadi gurih dan tercium aroma masakan yang khas. Warna dari masakan juga akan sedikit berubah, sebab penggunaan kikkoman sedikit saja mampu menambah warna pada masakan.

2. Mushroom Soy Sauce

Pada label botol mushroom soy sauce menyebutkan adanya jamur sebagai komposisi soy sauce ini. Namun rasa jamurnya tidak terlalu kentara atau tidak sama sekali. Namun begitu, mushroom soy sauce digunakan untuk memasak menu apapun karena memiliki citarasa yang gurih dan enak untuk ditambahkan dalam masakan. Meski rasanya tidak sekuat soy sauce kikkoman. Masakan Anda akan terasa lebih sedap jika ditambahkan soy sauce yang satu ini.

3. Dark Soy Sauce Jepang

Jika Anda pernah merasakan masakan Jepang, Anda tentu tidak asing dengan dark soy sauce. Jika Anda penasaran dengan kecap untuk pelengkap masakan sebagai cocolan atau saus celupan, dark soy sauce adalah jawabannya. Teksturnya kental dan agak pekat dengan rasa yang tidak terlalu asin. Hal ini disebabkan karena dark soy sauce mengalami proses pembuatan yang membuat kandungan 40% garamnya diambil.

4. Light Soy Sauce

Soy sauce yang satu ini sangat cocok untuk Anda tambahkan dalam masakan tumisan. Hal ini dikarenakan light soy sauce adalah jenis kecap yang memiliki citarasa perpaduan antara asin dan manis. Berbeda dengan dark soy sauce yang memiliki karakteristik gelap dan kental, light soy sauce justru memiliki karakteristik lebih encer dan berwarna terang. Jika Anda menggunakan light sauce ini, Anda tidak perlu khawatir akan perubahan warna pada masakan Anda.

5. Tamari Jepang

Tamari Jepang seringkali disebut mirip dengan kecap tradisional China. Rasa dari Tamari cukup kuat sebab terbuat dari bahan kedelai yang banyak sehingga cocok dijadikan saus. Tamari mulai dibuat pada abad ke-15 sebagai miso yaitu pasta kedelai yang difermentasi.

6. Kecap Premium lee Kum Kee

Kecap Premium Lee Kum Kee merupakan salah satu brand kecap yang memiliki jenis saus tiram dan kecap asin. Kecap lee kum kee ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan kikkoman, namun rasanya tidak sepekat dengan kikkoman. Kecap Lee Kum Kee sangat cocok dicampurkan pada beberapa masakan seperti mie goreng, bihun goreng, nasi goreng dan juga bisa sebagai saus cocolan.

Beda Soy Sauce dan Kecap Asin

Banyak diantara kita yang masih bertanya soy sauce kecap manis atau asin sih? Jadi.. Bu ibu.. Perbedaan diantara keduanya adalah, 

1. Soy Sauce

Seperti yang sudah saya jelaskan, soy sauce adalah kata lain dari kecap dengan berbagai macam pilihan yang dibedakan dari bahan pembuatannya. Kegunaan soy sauce pun sangat beragam sesuai dengan jenis masakan yang akan kita buat. Soy sauce halal di Indonesia bisa kita temukan di banyak tempat seperti supermarket, minimarket bahkan pasar tradisional.

2. Kecap Asin

Kalau kecap asin, dia encer memiliki warna yang lebih terang dan encer. Biasanya ditambahkan sebagai bumbu yang menambah rasa asin pada masakan. Kecap asin encer banyak dijual banyak diproduksi di Indonesia dengan berbagai merek. 

Kecap asin encer tidak merubah warna masakan, dan biasanya bisa untuk menambahkan rasa masakan agar terasa asin sesuai selera. Contoh makanan yang menggunakan tambahan kecap asin encer yaitu kuah sop, mie ayam, bubur ayam dan jenis masakan lainnya.

Kesimpulan

Memasak dengan menggunakan soy sauce (kecap) yang tepat akan membuat citarasa masakan menjadi lebih enak dan mantab. Meskipun begitu, sebaiknya Ibu tidak perlu terlalu memikirkan harus menggunakan jenis soy sauce yang seperti apa. Karena sesungguhnya masakan yang enak adalah masakan yang sesuai dengan selera anggota keluarga. Semoga membantu ya..
Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar