Ikut Marathon Coaching Growthing.id Dapat Apa?

Ikut Marathon Coaching Growthing.id Dapat Apa?

Kemaren, saya sempat menulis caption di Instagram yang isinya tentang banyak hal yang saya dapatkan dari aktivitas ngeblog.  Dari teman-teman yang baik, 2 buku antologi, sampai jodohpun jalannya juga dari blog. Saya selalu bersyukur karena bisa mengenal blog dalam hidup saya. Dengan blog, saya bisa mengenal internet lebih baik dan bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Memang sih, keinginan saya sejak masih sendiri itu cuma tinggal dirumah aja, dan tentu saja ada saluran internetnya hehe. 


Saya yang memang punya bakat jadi orang rumahan karena emang sedikit pemalu malu-maluin, jadi blog adalah tempat yang cocok buat nulis segala hal tentang saya dan kehidupan ini. Bahkan, sepertinya masih ada sisa-sisa sikap minder dan jejak kebodohan saya dalam blog ini, mungkin sangat banyak. Jadi.. bisa dibilang itu kayak tempat sampah paling menyenangkan, tempat pembuangan akhir yang indah, tanpa bau busuk, tanpa rasa menjijikkan.


Ada banyak hal menyenangkan selama kurang lebih 11 tahun saya ngeblog. Dari yang nggak ngerti sama sekali kemudian ketemu sama temen blogger melalui blogwalking lalu sempat ikutan nimbrung di forum tempatnya ngumpul para master internet markting Indonesia sampai bisa menimba ilmu dari ahlinya langsung. Memang sih, saya gak pernah ikutan kopdar secara langsung kecuali pas Blogger Nasional dulu yang diadain di Sidoarjo, saya sampai lupa tahunnya. Dan kopdar itupun nggak menyisakan banyak kenangan manis buat saya, yang artinya saya gak dapat apapun haha. Ya karena ngikutnya cuma bentar aja sih, cuma beberapa jam aja sedangkan acaranya 3 hari. Wajar lah..


Tapi yang kemaren dan baru kali ini saya ikutan Marathon Coaching selama 3 hari yang diadain sama BRT Network bener-bener berbeda banget. Saya bisa mendapatkan ilmu baru tentang blog dari orang yang berpengalaman. Apa aja sih?


Cara Menaikan Pageview Blog


Hari pertama, yang dimoderatorin sama mas Ari Getas ini dihadiri oleh sekitar 160 orang dan itu saya lihat bisa bertahan sampai akhir acara. Selain mengomentarin suara mas Ari yang kayak penyiar radio, empuk kayak macaron, tentu aja yang nyampein materi juga gak kalah empuk dong. Materi pertama dari mbak Rini pemilik blog celoteh dini hari yang membahas topik gimana cara kita naikin pageview blog tentu saja.  



Saya setuju dengan penyampaian mbak Rini bahwa ada banyak cara untuk menaikkan Pageview blog kita. Dan point penting yang saya catat adalah memperhatikan artikel yang kita buat baik yang udah lama dan yang akan kita tulis. Meskipun saya sendiri adalah seorang penulis artikel, tapi tetap saja saya harus tetap belajar lagi dan lagi untuk membuat artikel dengan baik dan SEO Friendly. Tapi tetap saja, yang terpenting adalah artikel yang bermanfaat dan artikel yang bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia. Secara teknis bagaimana-bagaimananya, saya juga masih belajar dan baru praktek. Semoga kedepan, usaha saya bisa membuahkan hasil.


Hal lain yang juga menjadi catatan saya adalah gimana cara menambah pageview melalui Google analytics dan Googe Search Console. 2 alat ini baru-baru ini saya agak ngerti fungsinya, belum sepenuhnya. Memang benar, saya udah masukin jombloku ke kedua situs ini, tapi ya cuma dimaskin aja, nggak ngerti fungsinya sama sekali haha. Meskipun ngeblog sejak 2009, tetap saja kalau nulis cuma buat curhat doang ya ilmunya banyakan curhat. Tapi MasyaAllah.. meskipun isinya cuma curhat, saya bahagia. Makanya.. saya ingin menularkan kebahagiaan itu dengan belajar SEO, agar lebih banyak yang membaca tulisan saya dan menularkan motivasi kepada yang lain.


Pemateri lainnya ada mas Bahrul Ilmu atau yang sering dipanggil mas Baim. Beliau menyampaikan beberapa bahasan tentang Google Analytics. Yang yaaaa.. saya sejujurnya belum terlalu paham karena baru kali ini saya belajar membaca Google Analytics selain dari pencarian di google. Materi ini yang saya garis bawahin adalah memahami audiens blog kita. 

Cara naikin Pageview blog


Jadi, selama ini tuh saya cuma memahami diri sendiri aja. Ya.. contohnya pas ganti template ini, dulu saya terserah aja mau ganti jam berapa aja, tapi setelah dapet materi dari mas Baim, saya lebih memilih waktu dimana orang pada tidur. Ya gak harus jam malem banget sih sebenernya, tapi karena saya belum tau jam dan kapan aja blog ini rame, atau malah gak pernah rame sama sekali hihi. Jadinya ya saya pilih jalur aman *Cieee.. ada yang mulai perhatian nie sama blognya, :D.


Fotography dan Media Sosial


Di hari ke dua ini, materi akan disampaikan oleh Teh Gilang pemilik gemaulani.com yang berbagi  tentang bagaimana caranya membuat foto yang menarik untuk media sosial kita. Saya, yang biasanya suka cuma asal jepret, jadi sedikit lebih tau kalau ketika kita mau ambil gambar yang bagus ambil foto itu gak harus kamera di depan haha. Kadang, kita juga perlu naruk kamera di atas juga dari bawah objek. Sebenarnya, saya mengharap banyak dari Teh Gilang buat lebih menjelaskan bagaimana kalau udah diaplikasikan ke Instagram gitu. Tapi waktu materi disampaikan, sepertinya cuaca sedang tidak mendukung dan bikin koneksi jelek, jadinya saya ngerasa kurang puas sama penjelasannya.




Untuk pemateri ke dua, ada mas Ilham Sadli yang punya web Blogsadli.com dan juga pemilik akun twitter hits @blogsadli dengan 11K+ Follower ini membagikan gimana caranya mas Ilham bisa bikin followernya begitu banyak.  Mas Ilham yang gak pelit share tentang optimasi sosial media twitter ini membeberkan rahasia gimana bikin twitter kita disukai banyak orang. Jujur sih, ilmu baru buat saya, karena saya make twitter yaa.. cuma buat itu.. ammm.. itu lo, ya itu deh haha.

Kalian tau gak apa rahasianya, yaa.. mirip-mirip kayak mepetin gebetan gitu deh, 


  • SKSD
  • Perhatian
  • Dan Membalas


Tapi.. ada yang lebih oke dari itu, yaitu gimana caranya kita bisa tetep fokus dijalan dan niat yang mau melamar anak orang Eh bukan.. mau ditujukan untuk siapa twitter kita dan bagaimana cara kita menulis setiap twit dan dengan gaya bahasa kayak gimana, itu emang bener-bener harus ditentuin dari awal. Jadi kita tu gak belok kemana-mana, fokus sama tujuan. Saya pikir, cara ini juga bisa diterapkan di Instagram. Bahwa pertama-tama itu kita harus menentukan topik apa dan siapa target kita terlebih dahulu sebelum membuat konten. Kalau gak ada tujuannya, bisa-bisa kita salah sasaran, niatnya mau ngelamar si A, eh yang didatengin rumah si B, bisa gawat kan :D.

Tips menambah follower twitter




Diskusi Santai Tentang Blog dan SEO

Sebenarnya nih ya... saya ngarep banget dari obrolan ini tu saya dapet ilmu baru dari Coach yang terkenal sebagai tukang Kick, Mas Irwin pemilik masirwin.com dan banyak website lainnya. Dan tentu aja dari Mas Pe-We pemilik pe-we.com juga banyak domain lainnya. Tapi namanya obroan santai, jadinya emang beneran yang santai gitu. Gak ada materi seperti yang dikatakan, tapi beberapa blogger beruntung blognya di audit sama master dan dikasih arahan sampai tuntas. Jadi semuanya gak kebagian waktu karena memang ngulik 1 blog itu butuh waktu dan kepusingan tersendiri. Tapi saya sih salutnya, mereka dengan baik dan sabar memberi arahan meski kadang-kadang ya mbanyol juga, bukan kayak belajar :D.


Dimalam terakhir ini pertanyaan saya tentang seberapa banyak maksimal kita bisa nanam backlink setiap hari Alhamdulillah dijawab oleh Mas Pewe, kata beliau, gak ada batasan. Tapi emang gak mungkin kan kita mau nanem backlink sepanjang hari haha.. Baik, saya mengerti. 


Jadi selain melalui Voice, pertanyaan melalui kolom chat juga dijawab dengan sabar. Bukan hanya oleh pemateri aja sih, ada mbak Monic, mbak Amma juga ikut mantengin dan moderatorin. Mungkin ada yang ngerasa gak dapet bagian dan merasa materinya gak nyambung sama blog miliknya, sampai ada beberapa orang yang keluar dari Zoom. Saya sendiri lebih memilih buat stay menunggu pertanyaan temen-temen blogger dijawab, kali aja kan kasusnya sama kayak punya saya.


Cumaaa.. saya itu kepengen gitu ada Coach dari GrowthingID yang ahli di blogspot buat ngajarin blogspot mania, jadi kita terkesan nggak salah kamar gitu karena yang dibahas Wordpress terus. Meskipun saya pernah menggunakan wordpress dulu tapi akhirnya balik lagi karena artikel lebih dari 5K ilang pada jamannya, saya sedikit trauma kalau mau balikan sama Wordpress. Itulah kalo ketemu sama hosting yang gak profesional. Udah bayar, artikel ilang gak ada tanggung jawabnya, nah kan malah curhat to jadinya :D 

Growthing ID


Kalau ada Coaching lagi dari Growthing.ID, mau apa?

Hah.. akhirnya sampai juga dibagian terakhirnya MasyaAllah.. Saya memang udah niat mau nulis tentang Marathon Coaching dari Growthing.id ini pas saya lagi bikin caption di Ig Feed saya. Saya ngerasa nggak cukup karena ruangnya yang sempit, gak ada 300 kata mungkin. Tapi Alhamdulillah.. keinginan saya memang tercapai dengan bonus yang MasyaAllah. Selain ilmu yang saya dapatkan, saya juga dapat 2 doorprize sekaligus.


Entah kenapa, saya udah niatin make smartphone saya buat ikutan Zoom hari ketiga. Karena di laptop sempat ada masalah gak bisa keluar audionya. Tapi namanya takdir mau gimana lagi, ya udah kita emang perlu meng-imani-nya aja kan. Kalau misalnya nih, GrowthingID ngadain lagi webinar kayak kemaren pas menyambut hari blogger, beberapa keinginan saya semoga bisa dijadikan pertimbangan dan sebagai masukan sebagai blogger nyubi kayak saya, yaitu:


  • Ada materi khusus untuk pengguna platform blogger, karena kebanyakan blogger awam yang baru pasti menggunakan blogger sebagai rumah mereka. Ya.. saya tahu, menggunakan platform wordpress memang jauh lebih disarankan karena banyak sekali kelebihannya yang gak blogger miliki. tapi semoga ini bisa dipertimbangkan yaa.. Semoga ada orang baik dari platform ini bisa gabung sama Growhting dan BRT Network.
  • Kemudian yang kedua, kalau ada diskusi santai kayak kemaren, apa nggak sebaiknya waktunya itu dibatasi dan untuk pertanyaan topik yang sekiranya menyita banyak sekali waktu, dijelaskan lebih singkat agar semua kebagian. Peserta yang datang pasti pengen banget jadi blogger yang lebih maju, itu kan buktinya datang, kayak saya yang rela berantem sama anak karena rame terus pas emaknya ikut webinar haha.
  • Yang ketiga, kan media sosial Instagramnya belum ya, boleh dong, mau dong Coach.. ^_^


Kayaknya itu aja sih, saya sendiri sangat berterimakasih dan mengapresiasi acara dan waktu yang diberikan untuk kami. Saya tahu, para Coach dan moderator memiliki waktu yang gak mudah karena pekerjaan mereka yang juga tidak sedikit tapi masih menyempatkan diri dan meluangkan waktunya buat kami. Enggak dibayar, malah kita yang dapat doorprize. Semoga Allah ganti dengan berlipat ganda kebaikan buat yang berkontribusi didalamnya ya. Bukan hanya uang, tapi juga keberkahan hidup dan ilmu yang bermanfaat bisa menjadi amal jariyah. Semoga para Coach ihklas dan ridho akan ilmu yang diberikan untuk kami ya... Berkah untuk kita semua. Menjadikan blogger jauh lebih baik dan bisa menebarkan informasi dengan cara yang muantul hehe. Barokallah semuanya.. Mohon maaf kalau misalnya tulisan saya agak ngelantur gimanaaa gitu :D.

55 komentar

  1. saya yg bacanya aja kayak merasakan keseruannya. Saya jg gak pernah ikut kopdar mba, karena waktunya selalu bentrok sama jam kerja saya di kantor. Kalau weekend, waktunya saya bareng kelg 😁

    BalasHapus
  2. Wah selamat ya ka dapet doorprize 2 kali, mantaaap, rejeki emang g kemana 👍

    BalasHapus
  3. Jadi makin cakep deh nanti ngeblognya setelah ikut ini. Google Analytic ini saya masih pelajari banget cara kerjanya

    BalasHapus
  4. Ini gokilll banget siik. Para master yang mumpuni di digital world pada ngariung di satu workshop, BRAVO! Serunya lagi, mereka kalo ngasih ilmu tuh beneran applicable ya. Jadi siap dipraktikkan. Semangaaatt!

    BalasHapus
  5. Sayang sekali kemarin saya hanya ikut hari ketiga aja itu pun gak tahan krn sudah mengantuk, next pengen ikutan lagi kalau ada marathon coaching Kelas Growthing :)

    BalasHapus
  6. Keren nih rekan rekan yang senior blog, aku masih menganggap blog sebagai catatan dan hobby, ga pusing dengan SEO. Memang beda tiap orang tujuan ngeblog. Salam ngeblog

    BalasHapus
  7. Bener banget nih Waah butuh pisan coach begini. Emang kalau udh serius mending seriusin skalian ya hihi makasih mbak infonya

    BalasHapus
  8. Saya gak ikutan sama sekali coaching lewat Zoom, gak sempat juga sih waktunya pas malam. Blogger juga kudu belajar seputar SEO, biar blog yang dikelolanya bisa bersaing dengan media nasional, hampir sebagian besar keyword diembat mereka, ya kita juga kudu bangkit dong, jieee ileeh..

    BalasHapus
  9. Daging banget ya mbak materinya...aku pengen ikutan kemarin tapi kok ya pas gak stay di rumah...kadang sebagai pengguna platform blogspot saya suka minder...mau beralih ke wordpress kok masih kagok...mau mindahin artikel yang sudah ratusan ya riskan banget...pasti butuh waktu ekstra buat berbenah kan...akhire aku cuma bisa jadi silent reader aja...walau diam2 sebenarnya juga belajar hehehe...

    BalasHapus
  10. Makasih banyak kak udah nulis ini, aku makin semangat untuk nulis diblogku. Setelah beberapa bulan terakhir aku kurang semangat gitu deh kak. Semoga Kakak sehat slalu yah. Amin

    BalasHapus
  11. Senang ya mba kalau dapat ilmu sesuai dengan yang kita butuhkan. Apalagi gratis dan ilmunya boleh dibilang 'daging banget' :)

    BalasHapus
  12. Wah ketinggalan nih aku event keren kaya gini, seneng ya bisa bertemu secara online dan belajar banyak juga.

    BalasHapus
  13. Nah, udah tayang nih tulisannya. Lengkap ya rangkumannya.

    Udah diterapin semua gak mbak materi dari para coach?

    BalasHapus
  14. Wah keren nih ilmunya daging semua ya, saya tertinggal, dapatnya yg hari ketiga, kalau ini selain ilmunya sebenarnya sdh tahu tinggal aplikasi bentrok juga dengan acara lain ya sudahlah.... mudah2an next bisa ikut..

    BalasHapus
  15. Sebagai pengguna blogspot, aku juga berharap yang sama :D
    Yang materi Mas Baim aku nggak nyimak karena tertidur, tapi posisi zoom tetep online. Untung matiin kamera dan audio :D

    BalasHapus
  16. Saya juga sempat ikut marathon selama 3 hari berturut-turut ini , alhamdulillaah dapat nambah ilmu . Materinya keren2 , cara penyampaiaannya juga asyikk

    BalasHapus
  17. Saya masih belum paham google search console nih. Harus belajar lebih banyak lagi ya.

    BalasHapus
  18. Dari awal ngeblog sampai sekarang banyan ilmu dan perkembangan di dunia blog ya. Pilihan Kita mau ikut atau jalan di tempat.
    Kalau dulu share curhatan sekarang sebisa mungkin ada manfaat yg bisa diambil

    BalasHapus
  19. Makasih mba Husnul, karna baca artikel ini aku bisa ngintip materinya full. As usual ngalir banget bahasanya, enak dibaca 🤩

    BalasHapus
  20. Seru kali Mbak ikutan coachingnya. Nah gini dong, nulis panjang buat blog sendiri :p

    BalasHapus
  21. Keren ih Mbak Inuel, meski sibuk tapi masih meluangkan waktu buat belajar. Acaranya padat ya, Mbak.. Semoga kapan-kapan aku bisa ikutan.

    Betewe, Mbak.. Tumben tulisanmu panjang banget.. wkwkw.. tapi padet, Mbak, keren..

    BalasHapus
  22. Bener mba, buat aku yang anak rumahan ngeblog tuh kayak tempat pembuangan unek-unek yang gak bisa disampaikan secara lisan. Wuiiih sampai dapet jodoh jalannya dari ngeblog. Luar biasa :) lama juga ya 11 tahun ngeblog.
    Hahaha mohon maaf ya, koneksinya sedang tidak bersahabat nih akhir-akhir ini apalagi dipakai ngezoom :) jadi penyampaiannya enggak sesuai harapan yang bagian fotografi :D Seneng banget deh banyak yang antusias ikut sampai 3 hari berturut-turut, sampai zoom meetingnya diclose, termasuk mbanya.
    .
    Maaf saya ngakak bagian rela berantem sama anak karena rame terus pas emaknya webinar :D
    .
    Semoga ilmu-ilmu yang didapatkan bermanfaat ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih banyak Teh Gilang Ilmunya ya.. ^^. Iya dong, anakku ikut begadang 3 hari, soalnya kalo tidur harus ditemenin haha

      Hapus
  23. Ilmunya sungguh membuat para bloher sadar yaa..
    Menulis tidak sekedar menulis kalau tujuannya blogger professional.

    Kereen-keren banget pembicaranya....

    BalasHapus
  24. Aku juga ikut tuh. Semangat yah, walaupun aku agak capek, karena lama lho. Hampir 3 jam manteng monitor. Sayang kalau terlewat diskusinya. Aku sih ikut aja deh materinya apa aja. Soalnya bagus semua...

    BalasHapus
  25. Mbak, aku tertarik ikut coaching ini, bagaimana caranya? thanks Mbak

    BalasHapus
  26. waaa pembahasannaya menarik banget inii, pengen banget ikutan yang kaya gini soalnya masih awam juga di blog huhuhu

    BalasHapus
  27. Ini salah satu berkumpul secara virtual dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat apalagi untuk peningkatan blog ya mbak

    BalasHapus
  28. Wahhh.. salut deh masih mau belajar lagi soal blog. Blogku udah jarang kuurusin nih mbak, malah sekarang mau ada pasukan baru. Nggak sempat. Soal GSC aja aku blom paham bener 😁. Semoga kalau udah longgar ntar bisa belajar lagi deh. Oh ya.. baru denger nih ada BRT Network, komunitas baru kah mbak?

    BalasHapus
  29. Bagus ya materinya. Tp kekuranganku tuh gk konsisten, udah tau ilmunya gak dipraktekin, wkwkwk, nasib. Kapan2 klo ada webinar lg mw ikutan lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... podo ini sama aku wkwkw.. ayo yuk semangat meski dah emak emak wkwkw

      Hapus
  30. Aku masih perlu belajar analytics & Console juga mbak. Aku ga tau infonya nih padahal pingin dapet juga ilmu yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  31. Aku save infografisnya ah. Terima kasih tipsnya ya Mbak.

    BalasHapus
  32. MashaAllah.. marathon coaching growthing seperti ini dapat banyak manfaat ya mbak.. senengnya bisa mengikuti marathon coaching growthing bareng BRTnetworking.. dan seneng banget mbak bisa sharing melalui tulisan ini dan saya seakan mengikuti coaching ini juga dan dapat insigt dari membaca tulisan ini

    BalasHapus
  33. Wah banyak oleh2 dr acara ini ya mba.. semoga lain kesempatan saya bisa ikutan juga, karena saya juga masih bsnyaaaak PR utk maksimalkan blog saya hehe.. TFS mba..

    BalasHapus
  34. Senangnya dapat ilmu banyak gini ya dari para ahlinya. Pengin ikutan juga nih, tapi kok selalu ketinggalan ya. Saya juga nih ngeblog taunya ya cuma nulis aja, yang lain-lain hanya tau sedikit.

    BalasHapus
  35. emang seru banget ya Mbak kemarin Marathon Zoomnya ini, 3 hari berasa kurang ya, karena belum kesampaian blog kita diubek-ubek ama para Mastah, hihihih.
    yang paling seru di tiap sesi akhir acara ya, terlebih lagi malam ketiga, degdegan banget bisa dapat beasiswa kelas Growthing juga padahal tuh :D
    wooow Mbak, 5k artikel hilang? Duuh, nyesek banget pasti ya :((

    BalasHapus
  36. belajar bareng kayak begini memang seruu ya mba dan banyak bangeet yang bisa didapat

    BalasHapus
  37. Saya ikut full hari pertama dan kedua. Tapi yang hari ketiga saya ga ikut sampai habis. So far, saya dapat banyak insight dari beberapa materi yang dibahas.

    BalasHapus
  38. Yang belum kuoptimasi adalah mainin grafis dan foto di blog, masih asal tempel, ga suka effort ngedit grafis pun
    jadi PR besar buatku

    BalasHapus
  39. Waw 11 tahun ngeblognya keren bgt kak.

    Semangat terus ya ngeblognya..yuk sama sama belajar biar makin naik kelas hehe

    BalasHapus
  40. Terima kasih sudah menulis dan merangkum ilmu dari marathon coaching kemarin mbak. Saya mau ikutan tapi masih sering ribet sama bocil makanya gak ikur. Alhamdulilah ada rangkumannya di sini.

    BalasHapus
  41. Huaaa mantap banget acaranya... Saya ketinggalan nih, enggak tau ada acara ini huhu...

    BalasHapus
  42. Sama nih Mba saya kalau abis dapat materi seminar atau workshop pasti langsung ditumis ulang di blog. Biar ilmunya gak berakhir di buku catatan aja yang bisa2 hilang atau ke buang :(. Makasih ya Mba sharingnya :)

    BalasHapus
  43. Wah aku juga ikut ini mba tapi ada yg kelupaan. Pas materi Twitter itu sesuatu yg baru banget buat aku. Maklum bukan anak Twitter. Hehe. Materi tanya jawab blog dan seo aku malah ketinggalan hiks

    BalasHapus
  44. Udah daftar untuk ikut acara ini, sayang sekali sinyal saya bermasalah dan gagal ikutan di 3 jadwal kelas yang ada... Alhamdulillah ada yang merangkum seluruh kegiatannya.... Makasih ya mbak

    BalasHapus
  45. asyiknya bisa gabung acar acoachinng bbrt, duu saya gak bisa gabung, terimakasih share ilmunya ya mba :)

    BalasHapus
  46. Tergabung dalam kegiatan yang diadakan BRT NETWORK dengan tema "Marathon Coaching" pasti seneng banget ya,karena pastinya bakal banyak ilmu yang bisa kita serap. Supaya konten kita lebih baik lagi kedepan nya.

    BalasHapus
  47. Udah lama juga ya kak 11 tahun, ini pasti mengalami masa ternak ikan di blog? Wkwkwkwk. Aku ikut marathon growthing ini cuma di hari terakhir huhu pdhl ketiga hari ini seru bets yak, salahsatunya mengenai PV itu. Semoga growthing sering2 lg bikin ginian wkwkwkw

    BalasHapus
  48. Toss kakak.. aku pun setia pada blogspot. Bukan karena nggak suka atau trauma sama wp. Tapi kantongku lebih nyaman sama wp wkwk. Lagian semakin banyak dikompori migrasi ke wp, aku kok malah semakin kepo ngulik blogspot hehe.

    BalasHapus
  49. keren kak Ini sangat bermanfaat buat saya. tip untuk meningkatkan PV sangat membuat saya semangat untuk menulis kembali. Thank you kak

    BalasHapus
  50. Wah nggak ikut belajar aja saya udah dapet banyak hal dari baca artikel ini. Bener banget sih kalo ingin optimasi blogspot kudu tahu cara baca Google analytic dan prefer web search console. Terus ya praktek juga

    BalasHapus
  51. Senangnya ya mba, dapet ilmu dapet sahabat dan makin semangat berkarya khusunya dalam hal. Menulis. Aku juga ikutan sampean dapet hadiah kelas kan ya. Selamat

    BalasHapus
  52. Maa Syaa Allah, ilmunya manteeeep banget ini, mba. Ujame ikut seru banget baca artikelnya, jadi ngebayangin, kalo secara langsung pasti lebih seru banget.

    izin simpen artikel ini ya, mba... keren!!!

    BalasHapus
  53. Berantem sama anak? Hahaha. Samaan. Tapi, karena keterlaluan sering ikut zoom jadi dapat wangsit, sebelum mulai sudah sedia makanan segambreng biar anak anteng pas emaknya mantengin seminar.

    BalasHapus