7 Kiat Saya Mempertahankan Produktivitas Menulis

Posting Komentar

Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari ada kalanya kita merasa bosan dan kehilangan motivasi. Meski pekerjaan tersebut berkaitan dengan hobi atau hal-hal yang sangat kita sukai.

Sebagai blogger sekaligus content writer (penulis), saya juga tak luput dari perasaan jenuh dan bosan meskipun saya sangat menyukai dunia kepenulisan.

Untuk mempertahankan produktivitas menulis, saya sering mempraktekkan 7 kiat berikut ini. Karena, selain bisa membantu merilis stres, kegiatan-kegiatan berikut ini kerap kali membuat saya merasa lebih segar, dan tak jarang, memberikan ide-ide menarik saat saya menghadapi deadlock.

1. Bermain Game

Meskipun punya tablet dan smartphone Android, tapi saya lebih suka bermain game di PC atau laptop. Ada tiga alasan mengapa saya lebih suka bermain game di PC daripada main game di hp.

  1. Game di hp banyak iklannya, yang justru kerap bikin bete
  2. Saya bisa tetap fokus. Karena kalau main 3di hp, fokus saya sering teralihkan oleh berbagai notifikasi yang "menggoda"
  3. Banyak game menarik di browser yang bisa saya mainkan, tapi tidak memaksa saya untuk terus-menerus bermain

Cooking Fever yang ada di website Mortgage Calculator adalah salah satu game yang sering saya mainkan saat ingin jeda sejenak dari kesibukan menulis. Entah itu, karena kehabisan ide atau pada saat saya ingin sedikit mendinginkan otak.

Yang saya suka, di website Mortgage Calculator tersebut terdapat banyak game-game menarik yang mudah untuk dimainkan dan gratis serta tanpa iklan.

Berhubung saya perempuan, maka jenis-jenis game yang saya mainkan juga kebanyakan adalah game bergenre cewek. Semisal, Cooking Fever, Burger Shop, Pizza Cafe, hingga money games seperti Cash Back.

Saya masih ingat, Cash Back adalah judul game pertama yang saya mainkan ketika pertama kali mengunjungi website ini dulu.

Waktu itu, saya tertarik pada game tersebut karena, game ini menantang kita (pemain) untuk berhitung. Meski demikian, game hitung-hitungan yang ditawarkan relatif ringan.

Cara mainnya sangat sederhana. Pada game ini, kita harus bisa memberikan jumlah kembalian (angsul) dari setiap belanjaan karakter yang muncul di layar seperti pada contoh dibawah ini. Dimana, karakternya membeli sebuah raket tenis seharga S29.36 dan menyodorkan uang sebanyak $42.02. Jadi, kita harus memberinya angsulan atau uang kembalian senilai $12.66.

Untuk memberikan kembalian, kita harus memilih pecahan uang yang tepat. Misalnya, dengan memberi 1 lembar uang senilai 10 dolar, ditambah 2 lembar uang senilai 1 dolar, 1 keping logam senilai $0,05, serta satu keping uang senilai $0,01. Jadi, 10 + 2 + 0,05 + 0,01 = 12.66.

Selain game Cash Back tersebut, saya juga suka memainkan game Cooking Fever. Saya menyukai game ini karena kita dilatih untuk mengingat setiap pesanan dari beberapa pembeli dan menyajikan pesanan yang sesuai.

Tidak hanya harus sesuai, pesanan juga harus diberikan sesegera mungkin. Sebelum pembeli merasa bosan menunggu.

Dengan memainkan game Cooking Fever ini, kita akan belajar bagaimana cara melayani pembeli dengan baik agar mereka merasa puas. Disamping itu, kita juga akan belajar bagaimana caranya meningkatkan omset penjualan. Misalnya, dengan mengupgrade peralatan hingga kualitas makanan dan minumannya.

Untuk memenangkan permainan, kita harus bisa mencapai target yang diberikan. Targetnya adalah mengumpulkan "Like" dari para pembeli atau menyiapkan makanan dalam jumlah tertentu. Jadi, setiap pembeli akan menunjukkan pesanannya, kemudian terdapat "like metter" yang akan terus turun seiring waktu.

Jika pelayanan yang kita berikan terlalu lama, "Like" dari para pembeli tersebut akan hilang, meskipun kita masih bisa menyajikan pesanan sebelum mereka marah dan pergi.

Disini, kita dituntut untuk melayani dengan cepat dan bisa memberikan pesanan yang tepat. Karena dalam meracik makanan, kita tidak bisa sembarangan.

Seperti saat meracik burger misalnya. Racikan yang kita buat harus sesuai dengan apa yang dipesan oleh pembeli. Contohnya, kadang-kadang pembeli menginginkan burger dengan daging dan keju saja. Di lain waktu, ada pembeli yang menginginkan burger yang berisi daging, tomat, dan sayuran.

Jika racikan yang kita berikan salah, maka pembeli tidak akan menerimanya. Itu artinya, kita membuang-buang waktu dan membuat pembeli bosan menunggu hingga rasa suka mereka yang di simbolkan dengan icon "Like" tersebut hilang.

Setiap level tentu saja lebih kompleks dan lebih sulit. Kadang-kadang, untuk memenangkan level tertentu, kita harus upgrade peralatan memasak.

Agar bisa mengupgrade peralatan memasak supaya bisa menyediakan masakan yang lebih banyak dan agar bisa memasak lebih cepat, kita harus mengumpulkan koin terlebih dahulu.

Koin-koin tersebut akan kita dapatkan apabila mampu memenuhi target pada setiap level. Jadi, kalau kita ingin meng-upgrade peralatan agar bisa memenangkan permainan di level 3, kita bisa saja bermain di level 1 atau level 2 beberapa kali sampai coin yang kita butuhkan terkumpul untuk mengupgrade peralatan.

Jika ingin lebih cepat mengumpulkan coin, kita juga bisa mengupgrade kualitas makanan sehingga harga jualnya lebih mahal. Dengan begitu, koin yang bisa kita kumpulkan pun akan lebih banyak. Menarik bukan?

Selain 2 game yang sering saya mainkan tersebut, sebenarnya di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ terdapat berbagai game dengan genre menarik yang bisa kita pilih berdasarkan hobi atau ketertarikan masing-masing.

2. Mandi


Ketika saya merasa perlu melupakan sejenak tentang pekerjaan tanpa pergi jauh untuk merefresh otak, dan tanpa harus tidur, saya biasanya akan mencoba mandi (shower).

Mandi air dingin ataupun air hangat selalu bisa memberikan perasaan rileks dan bisa meningkatkan inti suhu tubuh serta menurunkan tekanan darah.

Hal senada juga pernah disampaikan oleh seorang spesialis pengobatan integratif dari Columbia, Indiana, sekaligus pendiri Gladd Integrative Medicine bernama Jeffrey Gladd, MD.

Menurut Jeffrey, mandi air hangat bisa meningkatkan relaksasi dengan cara meningkatkan suhu inti tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Terlepas dari berbagai manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh kegiatan mandi ini. Saya selalu merasa lebih segar, lebih tenang, dan bisa kembali produktif setelah mandi.

Jika harus mandi di pagi atau siang hari, saya lebih suka mandi air dingin karena bisa memberikan perasaan yang segar. Sedangkan di sore atau malam hari, saya lebih suka mandi air hangat.

Tidak hanya menyiram tubuh begitu saja, saat mandi saya juga akan memilih peralatan mandi yang bisa membangkitkan mood. Seperti sabun mandi misalnya. Untuk memberikan perasaan rileks, saya akan memilih sabun mandi yang aromanya segar dan manis.

Karena itulah, saya tidak ragu berinvestasi dengan peralatan mandi seperti, lulur, sabun, hingga sampo dengan aroma-aroma yang saya sukai.

Sebagai informasi tambahan, dalam memilih aroma peralatan mandi, kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Karena setiap aroma bisa memberikan efek yang berbeda-beda terhadap tubuh, otak, maupun mood kita. Berikut adalah beberapa contoh aroma serta efeknya bagi tubuh maupun jiwa kita.

  • Lavender memiliki aroma yang bisa memberikan ketenangan pada tubuh dan jiwa. Serta, bisa membantu mengurangi rasa cemas disamping, bisa membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah
  • Kayu manis. Aromanya bisa membantu konsentrasi, performa, dan meningkatkan fungsi kognitif serta memori
  • Magnolia adalah wewangian bunga yang bersifat romantis. Karena itu, aroma ini bisa membangkitkan perasaan bahagia, gembira, harapan, dan membuat perasaan kita penuh cinta
  • Citrus. Aroma citrus atau jeruk bisa membuat kita merasa lebih segar dan membuat kita lebih murah senyum. Karena memang, aroma ini bisa menjernihkan pikiran dan membuat pikiran menjadi lebih positif, disamping bisa membantu menyingkirkan pikiran pikiran negatif
  • Mint. Aroma daun mint sering digunakan di spa dan sauna karena, aroma mint bisa memberikan perasaan rileks dan menyenangkan serta bisa membantu menenangkan pikiran

Selain berbagai contoh aroma seperti yang telah disebutkan di atas. Sebenarnya, masih ada banyak aroma-aroma lainnya yang bisa kita jumpai pada peralatan mandi seperti sabun ataupun lulur. Yang pasti bisa membantu mempertahankan ataupun meningkatkan produktivitas, memberikan pikiran yang positif, dan membantu mendatangkan ide-ide segar.

3. Tidur ayam (Power Nap)

Tidur-tidur ayam adalah istilah untuk power nap. Yaitu, kegiatan tidur singkat yang umumnya berlangsung selama 20-30 menit.

Tidur singkat ini disebut power nap karena bisa mengembalikan energi dan kesegaran otak meski durasinya sangat singkat.

Saya sering memanfaatkan power nap untuk mengembalikan energi dan merefresh otak saat pekerjaan terasa monoton dan membosankan hingga membuat perasaan kita jenuh.

Saya sendiri merasa power nap bisa memberi banyak manfaat. Selain bisa membantu menghilangkan rasa kantuk, juga bisa membuat suasana hati membaik, bikin saya jadi lebih waspada, membuat ingatan saya lebih kuat, lebih responsif dan nyambung saat berkomunikasi, dan lebih fokus dalam bekerja.

Untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari power nap ini sebenarnya relatif mudah. Tetapi, kadang 3 faktor pendukung ini tidak mudah untuk dikondisikan.

  1. Lingkungan. Kita membutuhkan tempat yang tenang agar bisa cepat masuk ke fase tidur 
  2. Kesempatan. Tidak semua orang punya kesempatan untuk tidur selama 30 menit saat istirahat. Terutama apabila, lingkungan kerja tidak mendukung
  3. Tempat. Tidak semua orang bisa merasa nyaman tidur sambil duduk atau tidur ditempat yang keras

Kalo saya… Untuk mendapatkan manfaat dari tidur ayam ini, saya akan memulai dengan,

  • Mengatur alarm agar bisa bangun setelah tidur kira-kira 30 menit
  • Tidur sebaiknya dilakukan di awal siang. Misalnya setelah dzuhur. Karena kalo tidur kesorean, saya biasanya agak susah tidur di malam harinya
  • Ciptakan lingkungan yang tenang. Caranya, matikan notifikasi smartphone dengan mengaktifkan fitur Do Not Disturb (DND)
  • Atur suasana senyaman mungkin. Udara siang yang semilir mudah bikin saya ngantuk. Tapi, saya pribadi tidak mungkin di ruangan terbuka karena rumah saya tertutup. Untuk menciptakan suasana yang nyaman, saya biasanya akan menyetel kipas dengan putaran rendah untuk mendapatkan angin semilir yang sejuk

4. Cari cemilan sehat di dapur

Saat merasa stress, saya sering menjadikan makanan sebagai perilis stres. Tapi, agar tidak berdampak buruk pada kesehatan. Kegiatan kuliner untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stress ini saya ubah dengan mengkonsumsi cemilan sehat.

Cemilan sehat yang bisa membantu memperbaiki mood dan membantu mengembalikan tenaga serta semangat bagi saya adalah, makanan yang bisa mencegah rasa lapar, menstabilkan gula darah, dan membantu fungsi otak yang sehat.

Salah satu contoh cemilan sehat yang bisa memenuhi kriteria di atas diantaranya, campuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Cemilan seperti ini umumnya mengandung protein dan sejumlah karbohidrat sehat--yang bisa bikin kita merasa lebih berenergi, segar, dan relax.

5. Jalan-jalan di bawah sinar matahari



Saat menulis, saya pasti duduk diam di depan komputer. Praktis, hanya mata dan jari-jari saya saja bergerak lincah di atas keyboard dan sesekali menggeser kursor di atas trackpad atau mouse.

Akibatnya, sistem tubuh cenderung pasif dan malas. Karena itu, saya sering meluangkan waktu sejenak untuk menggerakkan tubuh dalam rangka membantu mengembangkan mitokondria, yaitu bagian dari sel yang bisa menghasilkan energi.

Jalan-jalan beberapa kali per minggu dapat membuat ukuran mitokondria berlipat ganda, yang yang pada akhirnya akan membantu tubuh menghasilkan lebih banyak energi. 

Kombinasi udara segar dan olahraga juga merangsang aliran darah ke otak, sehingga pikiran pun kembali jernih dan fokus.

Karena itu, kapan pun saya merasa terjebak pada suatu masalah atau kesulitan dalam berpikir kreatif. Saya akan bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalan.

Secara khusus, saya juga senang jalan kaki di bawah paparan sinar matahari langsung. Karena, terpaan sinar matahari yang hangat sering membuat perasaan saya jadi lebih hangat dan bikin mood jadi jauh lebih baik.

6. Bersihkan meja dan ruang kerja

Saya kerap menjadikan meja kerja saya sebagai pusat kegiatan. Ditambah dengan bekerja seharian di meja yang itu-itu saja, tak pelak membuat sampah, kotoran, atau berbagai benda terus terakumulasi dan menumpuk di meja kerja. Mulai dari tumpukan kertas dan buku, alat tulis, hingga gelas dan piring. Semua membuat meja kerja saya jadi terasa penuh dan terlihat sumpek.

Kekacauan di meja kerja seperti ini sudah pasti membuat produktivitas menurun, membuat kita merasa sumpek, dan kadang justru bikin kita enggan bekerja.

Kalau sudah begini, decluttering atau kegiatan membersihkan dan merapikan meja adalah sebuah keharusan yang tak terelakkan.

Kalau meja kerja rapi dan bersih, pikiran kita yang melihat meja rapi pun akan jadi terasa lapang dan segar. Disamping itu, meja yang rapi juga bisa membantu,

  • Menghemat lebih banyak waktu karena benda yang saya cari lebih mudah ditemukan
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Lingkungan yang bersih dan rapi bikin saya merasa lebih bahagia

7. Ambil air wudhu dan sholat Dhuha

Buat saya, inti dari mempertahankan produktivitas dan kreativitas adalah tubuh yang sehat, jiwa yang tenang, dan semangat berlipat ganda serta motivasi ekstra.

Untuk mendapatkan ketenangan lahir batin, saya biasanya akan meluangkan waktu sejenak untuk wudhu dan sholat dhuha beberapa rakaat. Setelah sholat, saya biasanya lanjut membaca beberapa ayat Al-Quran.

Kegiatan ibadah seperti sering membuat saya merasa tenang dan termotivasi untuk berbagi kebaikan melalui tulisan-tulisan yang bermutu dan menginspirasi.

Bagaimana dengan kalian? Apa saja kegiatan yang sering kalian lakukan untuk membangun atau mempertahankan produktivitas kerja? Tulis di kolom komentar ya gengs

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar