7 Manfaat Mengejutkan Membaca Novel Fiksi

1 komentar

Sejak remaja saya sudah gemar membaca karya fiksi, khususnya novel fiksi remaja yang menurut saya sesuai banget sama usia dan kondisi psikologi saya saat itu yang baru memasuki usia pubertas. 

Saat itu, untuk mendapatkan buku novel biasanya saya meminjam ke teman, atau menyewa di rental buku, atau kalau punya buku incaran--biasanya saya akan pergi ke Gramedia.



Tapi di era modern ini, novel fiksi remaja semakin mudah didapatkan berkat kehadiran sejumlah platform penyedia novel-novel gratis seperti website GoodDreamer.id misalnya. 

Di situs tersebut, kita tidak hanya bisa membaca kumpulan novel dengan tema fiksi remaja (teen fiction), tapi kita juga bisa menemukan berbagai genre lainnya seperti fantasi, misteri, sains fiksi, horor, thriller, action, romansa, komedi, religi, drama, hingga novel bergenre keluarga (family).

Dan, yang saya suka dari situs ini adalah, semua buku yang ada di sini berbahasa Indonesia serta mayoritas tersedia secara gratis.

Meski saya bisa berbahasa Inggris sedikit-sedikit, namun kosakata saya yang terbatas membuat saya lebih nyaman membaca buku-buku fiksi berbahasa indonesia.

Trus… hal lain yang saya sukai dari GoodDreamer adalah fasilitas login yang mudah. Kalau kita sudah punya akun Google, kita bisa langsung login tanpa harus melalui proses mendaftar sign-up atau mengisi form.

Tapi, di sini saya nggak akan mengulas secara detail mengenai berbagai kelebihan dan detail mengenai situs GoodDreamer.id yang menyediakan banyak novel remaja dari penulis-penulis lokal berbakat, melainkan, saya ingin share tentang 7 manfaat membaca novel fiksi yang belum banyak diketahui orang.

Mengenal Istilah “Fiksi”

Fiksi adalah cerita rekaan atau cerita yang dibuat-buat (hasil khayalan), bukan cerita yang dibuat berdasarkan peristiwa nyata.

Seperti buku non-fiksi (yang didasarkan pada peristiwa nyata) pada umumnya, fiksi juga mencakup berbagai genre seperti yang sudah saya sebutkan di bagian atas tadi.

Jadi, fiksi bisa saja mencakup genre sastra realistis, fantasi, romansa, horor, misteri atau bahkan (fiksi) ilmiah.

Singkatnya, dunia fiksi itu adalah dunia khayal yang luasnya sama dengan daya khayal kita. Jadi, apapun yang pernah kamu khayalkan, mungkin saja sudah ditulis oleh orang lain dalam bentuk novel atau buku.

Berbagai Manfaat Mengejutkan Membaca Fiksi

Bagi kebanyakan orang (termasuk saya), membaca novel-novel fiksi kadang-kadang hanya sekedar buat memuaskan hobi belaka.

Tapi di samping bisa memuaskan hobi, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca buku fiksi. 

Berikut adalah beberapa contoh manfaat membaca buku fiksi yang mungkin belum pernah kalian dengar. 

1. Meningkatkan Konektivitas dan Fungsi Otak

Di dalam dunia parenting, kalian mungkin pernah mendengar saran kepada orang tua agar sering-sering membacakan buku cerita bagi anak-anaknya. Entah itu, buku cerita non-fiksi maupun buku cerita fiksi.

Karena anak-anak yang sering dibacakan buku cerita, termasuk buku non-fiksi, akan mengalami peningkatan konektivitas dan fungsi otak.

Nyatanya, manfaat tersebut tidak hanya bisa diperoleh oleh anak-anak saja, tapi juga bisa diperoleh oleh kita-kita yang sudah berusia remaja atau bahkan sudah dewasa.

Menurut penelitian, manfaat membaca fiksi ini terutama sangat berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif dan konektivitas jaringan saraf, khususnya pada otak yang berada di neuron (korteks temporal) sebelah kiri.

Berdasarkan ilmu pengetahuan, neuron tersebut berkaitan dengan penerimaan bahasa dan merupakan daerah sensorimotor utama otak kita.

Jika dijelaskan dalam bahasa yang sederhana, maksudnya kurang lebih, ‘otak kita akan lebih mudah memahami bahasa dan lebih mudah membayangkan serta memahami konsep tanpa harus melihatnya langsung.’

2. Bisa Meningkatkan Rasa Empati dalam Diri Kita

Seseorang yang sering membaca fiksi disebut-sebut lebih mudah berempati atau berbaik hati kepada orang lain. 

Pasalnya, banyak buku fiksi yang secara inheren bisa menempatkan kita ke dalam perspektif orang lain dan memungkinkan kita berempati terhadap perasaan orang lain, meskipun kita hanya belajar dari karakter fiksi.

3. Bisa Membantu Mengurangi Stres

Menurut penelitian, membaca selama 30 menit sehari terbukti bisa mengurangi jumlah hormon kortisol (hormon stres) yang ada di otak kita.

Bahkan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa membaca, ternyata lebih ampuh untuk menghilangkan stres daripada mendengarkan musik atau minum secangkir teh hangat.

4. Bisa Membantu Kita Tidur

Seberapa sering kamu mendengar orang-orang yang bilang, “membaca bikin ngantuk?”

Ya, saya yakin kamu pasti sering mendengar orang yang bilang membaca bikin ngantuk.

Ternyata hal tersebut memang telah dibuktikan secara ilmiah. Karena membaca, selain bisa mengurangi stres juga bisa membuat kita lebih mudah ngantuk dan bisa bikin tidur kita lebih nyenyak.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kalau kamu nggak pengen jadi seorang yang pelupa, kamu wajib mempertimbangkan untuk membiasakan diri membaca, entah itu 30 menit atau 60 menit setiap hari.

Dan, buku-buku yang bisa kamu baca nggak harus selalu buku-buku yang “berat.” Karena, ada buku-buku yang “ringan” seperti buku-buku novel fiksi remaja yang bisa kita baca untuk mendapatkan berbagai manfaat, termasuk untuk meningkatkan daya ingat.

6. Membantu Meningkatkan Jumlah Kosakata dan Keterampilan Berbahasa

Semakin banyak buku yang kita baca, maka akan semakin banyak kosakata bisa kita serap dan keterampilan bahasa yang akan kita kuasai.

Jika kita secara teratur terpapar bahasa baru dari penulis dan karakter yang ada di buku-buku yang kita baca, kita bahkan berpeluang untuk menciptakan nuansa dialek atau pola bicara tertentu.

7. Membaca Fiksi Bisa Meningkatkan Kreativitas

Meskipun manfaat ini tidak terlalu mengejutkan, namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa, membaca buku fiksi seringkali bisa meningkatkan kemampuan kreatif dan imajinatif seseorang secara signifikan. 

Hal tersebut bisa terjadi karena buku-buku fiksi dapat merangsang kreativitas kita dengan membayangkan dan memvisualisasikan kisah-kisah yang kita baca.

Penutup

Gimana? Cukup menarik kan?

Sebenarnya selain berbagai manfaat yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dengan membaca fiksi.

Termasuk diantaranya, bisa membuat kita lebih terampil dalam mencari solusi, bisa bikin kita merasa lebih bahagia, dan bisa meningkatkan minat baca kita.

Nah, kalau kamu tertarik untuk membaca novel fiksi, khususnya novel fiksi remaja, https://gooddreamer.id/novel_fiksi_remaja adalah salah satu situs yang saya rekomendasikan. Karena mayoritas fiksi yang ada di situs tersebut adalah fiksi pilihan berbahasa Indonesia yang berkualitas, menarik, tersedia secara gratis.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

1 komentar

  1. manfaatnya bener2 mengejutkan ya, dan yang nomer 3 yang paling saya butuhkan.

    BalasHapus

Posting Komentar