Sunday, June 5, 2016

Pengalaman Pertama Saya Berwisata ke Lombok


Sebenarnya ini adalah cerita perjalanan saya dan keluarga ke Lombok beberapa bulan yang lalu untuk menghadiri salah satu pernikahan sepupu kami. Namun momennya yang sangat tepat membuat acara tersebut semakin terasa lengkap dan istimewa. Ternyata tidak hanya kami yang bisa hadir pada acara tersebut, melainkan keluarga yang lain seperti adik-adik yang berada di daerah-daerah lain beserta anak-anak mereka, ternyata juga memiliki kesempatan hadir di tempat yang sama.

Tak pelak, akhirnya acara tersebut tidak hanya dikhususkan untuk menghadiri acara pernikahan, baik ijab kabul maupun resepsinya, melainkan kami juga sengaja meluangkan waktu untuk pergi berwisata ke pantai-pantai indah di Pulau Lombok.
Karena ini adalah pengalaman pertama saya berwisata di Pulau Lombok, sudah pasti saya sangat excited. Benar saja, setibanya di Lombok walaupun gerimis dan hujan menyambut, saya tetap bergembira di samping karena bisa bertemu dengan beberapa keluarga yang lain.


Wisata di Lombok

Dengan berbekal kendara sewaan, yang alhamdulillah, ternyata kendaraannya masih menggunakan plat putih membuat suasana berkendara dan di mobil cukup menyenangkan. Dan di hari pertama berwisata, kami pergi ke Pantai Kuta di Lombok Tengah.

Dari rumah, Pantai Kuta lokasinya tidak terlalu jauh. Mengingat kami juga tinggal di Lombok Tengah. Akan tetapi, mungkin karena mata saya yang kurang awas atau memang tidak banyak hotel di Lombok, saya tidak begitu sering melihat penginapan atau gedung-gedung tinggi berupa hotel di kota ini. Tapi, lupain aja deh tentang hotel. Kita fokus ke wisata hehe...

Tampaknya kami salah memilih jalur untuk pergi ke pantai, bukan berarti kami tersesat, melainkan, jalan yang kami lalui ternyata tidak bagus. Cukup banyak tempat berlubang. Ini adalah PR Pemerintah Daerah Lombok Tengah yang seharusnya segera tanggap membenahi jalan tersebut, mengingat ini adalah salah satu akses menuju pantai pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.
Di tengah perjalanan, tentu saja pemandangan khas Lombok yang hijau dan indah tersaji dan terhampar begitu elok. Sebelum sampai ke pantai, kami pun melewati Desa Wisata Sade yang cukup legendaris. Dengan penuh kegembiraan, beberapa di antara kami ada yang ingin mampir nanti sepulang dari pantai ke desa yang terkenal dengan tenunan dan rumah adatnya tersebut.
Mobil terus meluncur ke arah pantai. Kebetulan kami berwisata ke pantai ini, satu hari sebelum hari dimana masyarakat Lombok dan wisatawan tumpah ruah di Pantai Mandalika untuk mengikuti acara Bau Nyale.

Jadi jangan heran apabila pada hari itu, pantai-pantai tampak mulai rame. Pantai pertama yang kami temui adalah Pantai Kuta namun kami sengaja melewatkannya untuk pergi ke Pantai Aan.

Jalan yang kami lalui cukup mulus, dan jarak antara Pantai Kuta di Lombok Tengah dan Pantai Aan tidak begitu jauh. Sesampainya di pantai, mengikuti arahan salah satu sepupu, kami pun memilih lokasi pantai yang sedikit berbeda. Benar saja, tempat tersebut tidak terlalu ramai namun kami harus membayar retribusi masuk sebesar beberapa ribu rupiah yang tidak terlalu kami permasalahkan.
Pantai ini terlihat indah, memiliki pasir yang berwarna putih dengan air laut yang jernih dengan ombak yang juga tentang.

Saya, suami, anak dan keluarga yang lain pun berlomba-lomba untuk segera masuk ke air. Namun sayang sekali, tampaknya kebersihan pantai ini kurang dijaga sehingga ada banyak sampah berupa potongan-potongan rumput yang ada di pinggir pantai. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu terutama bagi kami yang ingin mandi dan berenang di pantai.

Sambil menikmati pantai, anak-anak kecil sengaja mencari beberapa hewan laut seperti kerang, umang, dan lain-lain.

Wisata ke Lombok di hari pertama ini cukup seru. Hanya saja, sayangnya kami berangkat terlalu siang sehingga tidak banyak waktu yang kami habiskan di pantai, termasuk juga Pantai Kuta. Di Pantai Kuta, kami tidak masuk, melainkan hanya foto-foto saja di depan tulisan “Pantai Kuta Lombok”.

Oh ya, insya-Allah mungkin dikesempatan selanjutnya saya akan menulis mengenai pengalaman kami mampir sejenak di Desa Wisata Sade setelah berwisata ke Pantai Aan di Lombok Tengah.

3 comments:

  1. Keren bisa jalan jalan ksana mbak,saya juga pengen kelombok. Upload fotonya dong biar bisa menikmatinya walaupun hanya sekedar foto heheh

    ReplyDelete
  2. Ceritanya seperti berlari, kalau bisa dikasih jeda #sokpenulis

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Lombok. Katanya bagus ya. Ada desa wisata segala. Pantai-pantai Lombok juga bagus-bagus kalau lihat di foto yg wara wiri.

    ReplyDelete