Rahasia Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh tinggi, tangguh, tanggap, dan cerdas. Namun sayang, tidak semua orang tua tahu bagaimana cara mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak mereka agar tinggi secara fisik, tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, dan tanggap serta cerdas dalam menerima dan menyerap pelajaran.

Demikian pula dengan saya. Saya yang kebetulan punya 2 anak di rumah--juga ingin agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, punya otak cerdas, dan punya fisik yang tinggi dan besar. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, saya mencoba untuk mencari tahu segala sesuatu yang bisa membantu pertumbuhan anak, perkembangan otaknya, serta kekuatan fisiknya.

Indomilk Susu Bubuk

Cara Menjadikan Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap

Menurut seorang Paediatrician bernama Dr. Arti Sharma, gen memang merupakan salah satu faktor pendukung. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada banyak faktor eksternal yang bisa mempengaruhi tinggi badan anak seperti pola makan atau diet misalnya.

Masih menurut Dr. Arti Sharma, salah satu aspek paling penting yang bisa membantu mencerdaskan dan menambah tinggi badan anak adalah nutrisi. Nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, hingga omega 3 merupakan faktor penting yang dapat membuat anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap, dan cerdas.

Berbagai sumber nutrisi yang baik dan mudah diserap oleh tubuh anak berupa bahan makanan kadang-kadang harganya agak mahal. Seperti daging yang menjadi salah satu sumber protein terbaik misalnya, berbagai jenis ikan yang bisa menjadi sumber omega 3 seperti ikan salmon yang relatif sulit ditemukan di pasar dan harganya pun belum tentu murah.

Untungnya, saat ini ada sumber sumber nutrisi alternatif yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang mencakup kalsium kromat, asam lemak omega-3, hingga berbagai jenis vitamin. Sumber nutrisi alternatif yang saya maksud, salah satunya adalah susu.

Indomilk susu bubuk adalah salah satu contoh sumber vitamin, kalsium, protein, hingga omega 3 yang mudah dijumpai dan harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan apabila kita membeli daging, ikan salmon, dan berbagai sumber nutrisi lainnya.

Susu bubuk untuk anak ini dilengkapi dengan Optinutri yang terdiri atas: Omega-3, sumber protein, dan kalsium yang tinggi. 3 nutrisi tersebut merupakan nutrisi utama yang kita butuhkan untuk mendukung anak menjadi lebih tinggi, tangguh, dan tanggap.

Indomilk Susu Bubuk bikin anak tinggi tangguh tanggap

Kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh anak agar tulangnya tumbuh dan kuat. Kalsium akan membuat otot dan saraf bekerja dan berkembang maksimal.

Usia anak-anak hingga remaja merupakan kesempatan terbaik yang kita miliki untuk mendukung pertumbuhan tulang mereka agar mereka tumbuh tinggi secara fisik.

Sumber kalsium yang paling mudah kita temukan adalah makanan. Makanan yang mengandung tinggi kalsium diantaranya adalah susu dan olahannya seperti yogurt, hingga keju.

Seperti yang telah saya katakan di atas, susu bubuk untuk anak seperti Indomilk susu bubuk merupakan salah satu contoh sumber kalsium alternatif yang sangat sangat mudah diperoleh dan harganya pun terjangkau.

Di samping susu, kita juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium anak melalui berbagai makanan lain seperti kedelai atau edamame serta olahannya seperti tahu dan tempe, sayur brokoli, bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya, biji wijen, kacang almond, kacang merah, buncis, hingga jeruk.

Protein

Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk membangun otot yang kuat, membantu pertumbuhan tubuh, memperbaiki luka, serta membantu meningkatkan energi mereka.

Manfaat susu bubuk Indomilk yang telah saya sampaikan di atas, salah satunya adalah sebagai sumber protein. Di samping susu bubuk untuk anak tersebut, sumber protein lainnya yang sangat baik diantaranya adalah: daging merah seperti daging sapi, telur, keju, selai kacang, ikan dan unggas, biji-bijian, serta berbagai jenis kacang-kacangan.

Setelah membaca di sana-sini, saya menemukan fakta bahwa sumber protein hewani seperti daging dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan sumber protein nabati karena, protein hewani asam amino esensial yang strukturnya serupa dengan asam amino yang ada di tubuh kita.  Karena itulah, sumber protein hewani lebih mudah pecah dan diserap oleh tubuh.

Asam lemak omega 3

Otak yang cerdas sangat dibutuhkan oleh anak agar bisa Tanggap dalam menerima pelajaran di sekolah. Untuk mencerdaskan otak anak, kita sebagai orangtua harus memberikan mereka makanan yang menjadi sumber asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan herring, tiram, sarden, hingga ikan makarel. 

Lagi-lagi, berbagai jenis ikan tersebut agak sulit kita temukan di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah, harga ikan relatif sangat mahal. Karena itulah, saya pribadi lebih memilih memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 pada anak menggunakan susu.

Agar bisa memaksimalkan manfaat susu bubuk Indomilk Seperti yang saya rekomendasikan di atas, pastikan Bunda membaca label Indomilk susu bubuk untuk usia berapa, agar bisa memperoleh manfaat lebih spesifik.

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang bisa disebut sebagai “makanan” otak. Sekaligus bermanfaat untuk menjaga otak agar tetap sehat.

Asam lemak omega-3 dibutuhkan oleh otak untuk membangun sel-sel baru yang menjadi kunci perkembangan sistem saraf dan kardiovaskular pusat serta membantu tubuh menyerap nutrisi. Disamping itu sama asam lemak omega-3 juga sangat penting untuk menjaga agar mata tetap sehat dan bisa melihat dengan jelas.

Tips Memberikan Indomilk Susu Bubuk untuk Anak

Indomilk Susu Bubuk untuk anak usia 5-12 tahun

Usia Anak

Setiap kali akan membeli susu, terutama untuk anak-anak, terlebih dahulu kita harus mengetahui secara pasti usia anak. karena, banyak sekali susu yang diformulasikan secara khusus untuk setiap jenjang usia. Hal tersebut dilakukan agar susu dan berbagai kandungannya dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pertumbuhan atau perkembangan anak.

Untuk susu Indomilk, Saya yakin banyak diantara anda yang pasti bertanya-tanya, “Indomilk susu bubuk untuk usia berapa?”

Susu bubuk untuk anak ini dapat diberikan kepada anak-anak yang sudah berusia 5-12 Tahun. jadi, anak saya yang pertama, yang saat ini masih duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak, sangat tepat apabila diberikan seperti merek Indomilk ini.

Sajikan Susu Bubuk dengan Benar

Di samping memperhatikan usia anak, Kita juga harus tahu Bagaimana cara menyajikan susu yang benar agar kandungan vitaminnya tidak rusak dan bisa diserap lebih baik oleh tubuh anak.

Cara menyajikan susu bubuk yang benar dan tepat adalah sebagai berikut:

  • Seduh susu dengan menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air panas karena dapat merusak kandungan vitamin serta mineral yang terdapat pada susu
  • Sebaiknya masukkan terlebih dahulu air hangat wadah sebelum memasukkan Indomilk susu bubuk
  • Kemudian aduk hingga tercampur rata
  • Sajikan 2 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan gizi anak

Perhatikan Selera Anak

Ada banyak ibu yang mengklaim bahwa anak mereka tidak begitu menyukai susu. Karena alasan tersebut, banyak ibu yang kemudian berhenti memberikan anak-anak mereka susu sejak mereka menyadari bahwa anak mereka tidak begitu menyukainya.

Dari pengalaman saya membesarkan dua orang anak, faktor rasa memang sangat mempengaruhi selera anak terhadap makanan ataupun minuman. Karena itulah, kita perlu tahu apa yang menjadi kesukaan anak agar bisa membeli susu dengan rasa yang tepat.

Anak saya yang pertama, awalnya lebih menyukai susu plain dibandingkan dengan susu coklat atau susu yang memiliki rasa lain seperti vanila dan lain sebagainya. Karena itulah, setiap kali membeli susu, Saya pasti akan menyertakan Susu Indomilk full cream rasa coklat.

Manfaat Indomilk Susu Bubuk menambah tinggi badan dan mencerdaskan otak

Lain lagi dengan anak yang kedua. Anak kedua kami cenderung lebih minuman yang agak manis. Karena itulah, kami tidak ragu membelikannya susu bubuk rasa coklat atau dengan cita rasa lainnya.

Dari pengalaman, anak-anak ternyata bisa mengalami perubahan selera seiring dengan pertumbuhan mereka. Anak yang tadinya tidak begitu menyukai rasa atau aroma tertentu, bisa jadi di kemudian hari menyukainya.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa faktor yang bisa merubah selera anak terhadap suatu makanan atau minuman. Diantaranya adalah karena faktor sugesti dan kebiasaan.

Menurut saya, faktor sugesti memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap selera anak. Karena itulah, Apabila anak saya tidak menyukai makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran atau susu, Saya akan berusaha untuk mensugesti mereka secara perlahan dan membiasakan keluarga kami untuk minum susu.

Apabila anak-anak melihat kita atau anggota keluarga yang lain menyukai susu serta terbiasa minum susu, lambat laun anak-anak juga akan tertarik untuk mencoba. Selain memberikan contoh, saya juga selalu berusaha untuk menghindari kata-kata atau ucapan yang membuat anak menjadi semakin yakin untuk menghindari makanan-makanan yang tidak mereka sukai.

Misalnya, saya sering berkata, “kalau mas mau punya otot yang kuat, mas harus rajin makan sayur.” Ucapan ini sering saya ucapkan karena anak saya tidak begitu menyukai sayur dan terobsesi dengan otot yang besar. Terbukti, kata-kata saya tersebut kerap kali ditanggapi positif sehingga anak menjadi semangat setiap kali disajikan sayur.

Kesimpulan Indomilk Susu Bubuk untuk Anak

Meskipun susu seperti Susu Bubuk Indomilk bisa memenuhi berbagai kebutuhan anak, namun berbagai sumber makanan seperti sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan berbagai jenis daging, tetap harus diberikan kepada mereka setiap hari. Karena berbagai nutrisi berupa vitamin dan mineral yang terkandung di dalam berbagai jenis makanan tersebut tetap sangat penting untuk mempromosikan tubuh dan jiwa yang sehat.

30 komentar

  1. Kadang namanya orangtua tuh bingung mau ngasih nutrisi kaya gimana buat anak. Beruntung ada nutrisi alternatif kaya Indomilk susu bubuk ini. Makan sayur buah ya harus. Ditambah susu jadi makin maksimal

    BalasHapus
  2. cara seduh yang benar berarti dengan air hangat ya. nggak langsung air panas agar gizinya nggak rusak

    BalasHapus
  3. Gegara banyak teman yg mereview Indomilk Susu Bubuk ini, saya pun memberikannya kepada Fahmi, putra saya. Semoga beneran bisa mempercepat tumbuh tinggi anak kita ya...

    BalasHapus
  4. Mas ganteng gak usha khatir ya untuk nutrisinya, bundanya pinter jadi kasih nutrisi yang paking bagus supaya bisa tumbuh tinggi, tangguh & tanggap. Happy banget sih fotonya

    BalasHapus
  5. Anakku kalau susu, merk apa aja suka asal yang rasa coklat. Aku suka dapat jatah dari kantor produk Indomilk kemasan. Selalu pilih yang rasa coklat.

    BalasHapus
  6. Setuju, Mbak. Susu formula tentu bukan asupan satu-satunya. Bukan pula ditujukan untuk mengganti makanan lain. Tetapi, akan semakin lengkap. Apalagi kalau kandungan gizinya seperti Susu Bubuk Indomilk

    BalasHapus
  7. Gemes banget liat jagoannya tampak ceria dan aktif begini. Semoga selalu tinggi, tnagguh,tanggap ya, Nak.

    BalasHapus
  8. Pemenuhan nutrisi untuk anak memang suatu keharusan ya.
    Apalagi anak zaman now, kudu di-support gizinya.
    Supaya tumbuh kembangnya berjalan dgn optimal.

    BalasHapus
  9. suka ngeliat anaknya mbak :) penuh semangat, aktif dan sehat hehee tapi jujur saya baru tahu indomilk mengeluarkan veris bubuknya

    BalasHapus
  10. Nutrisi untuk anak memang harus benar2 diperhatikan agar memenuhi kecukupan gizinya ya..

    BalasHapus
  11. Yup bener mbak yang namanua susu pelengkap ya, harus tetap makan sesuai pedoman gizi seimbang.
    Wah Indomilk ada susu bubuknya yaa. Kelaurga kami juga minumnya susu Indomlik tapi kami biasa beli yang literan. Kapan2 mau coba ah yang bubuk utk anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, aku tahunya juga susu literan. Enak, dan aku pun sering minta susu literan jatah anakku :)

      Ahahahaha.

      Hapus
  12. Tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap adalah dambaan banyak ibu untuk anaknya. Nah, nutrisi dalam Indomilk susu bubuk ini sangat memadai bagi anak.

    BalasHapus
  13. susu indomilk ini termasuk kesukaan si kecilku juga lho mom, tapi belum pernah coba yang satu ini. Biasanya cuma susu uht nya aja yang full cream dan coklat. Duh hemat di kantong mamak cinta!

    BalasHapus
  14. Aku patut bersyukur karena anakku penyuka susu. Apapun jenisnya. Kalau soal rasa memang betul, mengalami perubahan. Dulu suka yang plain, sekarang maunya pilih sendiri, kadangg vanila, madu, atau malah cokelat.

    BalasHapus
  15. Ya ampun anaknya aktif sekali dan ceria ya. Kliatannya nih pemenuhan susunya terpenuhi dengan baik. Keren!

    BalasHapus
  16. Selain makanan utama yang penuh gizi, perlu juga nih kita tambahkan susu bubuk agar anak-anak tercukupi kebutuan kalsiumnya ya.

    BalasHapus
  17. Pastinya ya kak agar si kecil tumbuh kembang secara optimal perlu diperhatikan asupan nutrisinya yes. Btw aku udah ngerasain nih Indomilk bubuk tapi yang rasa vanila hehe.

    BalasHapus
  18. Uwwh...happy banget lihat anak cerdas yang penuh semangat.
    Dengan pemenuhan nutrisi yang baik plus tambahan dari minum susu Indomilk, menjadi semakin kuat daya tahan tubuh anak yaa..

    BalasHapus
  19. Masya Allah..si adek ceria bener tuh ekspresinya. Anak-anak saya juga suka nih Indomilk Susu Bubuk, terutama varian Full Creamnya.

    BalasHapus
  20. biar anak tumbuh sehat dan tinggi, ibu nggak boleh abai dengan nutrisi ya. bisa melalui makanan atau minuman yang takaran jumlah dan gizinya sesuai kebutuhan anak :D

    BalasHapus
  21. Susu yang banyak manfaatnya dan rasanya juga enak. Ibaratnya sekali mendayung 2 tujuan terlampuai, dapat minuman bergizi plus disukai anak

    BalasHapus
  22. Indomilk ini susu yg sudah dari dulu dikenal dan dikonsumsi masyaraka. Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, rasanya juga enak. Semoga anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan cerdas ya

    BalasHapus
  23. Anak tinggi, tangguh, tanggap pastinya harapan semua orang tua ya Bund. Anak saya juga minum susu bubuk Indomilk loh...dia suka banget

    BalasHapus
  24. Yeps, penting banget cara menjaga dan merawat pertumbuhan anak agar menjadi tinggi, tangguh dan tanggap.

    Dan pemberian Susu Indomilk adalah salah satu cara untuk mendapatkan itu semua.

    Semangaaaaat ^^

    BalasHapus
  25. Asupan makanan dan minuman memang penting, tetapi alangkah baiknya di tambah nutrisu berupa susu biar makin maksimal, salam sehat buat dedek nya

    BalasHapus
  26. uwidiiiih si adek aktif banget
    anak indomilk banget ini
    tiggi tangguh tanggap
    komplit wes
    calon cogan, hoho

    BalasHapus
  27. Anak-anakku dulu juga minum Indomilk. Sekarang sih pindah ke susu lain karena udah di atas 12 tahun semuanya :)

    BalasHapus
  28. Tumbuh optimal baik fisik dan juga tingkat kecerdasan merupakah kebahagiaan orang tua ya kak, Pemilihan susu yang tepat pasti jadi penting. Karena sumber pelengkapnya ada disini semuanya

    BalasHapus
  29. Senang ya, kalau lihat anak bersemangat dan ceria seperti itu. Kelihata sehat dan tumbuh kembangnya bagus. Pasti rahasianya dari asupan susunya ya...

    BalasHapus