Atasi Kulit Sensitif Bayi dengan Produk Mama's Choice

21 komentar

Sebagai orang tua, kita pasti ingin melihat buah-hati kita merasa bahagia, sehat, dan nyaman setiap saat. Tapi, apa jadinya jika si kecil memiliki kulit sensitif? Kondisi isi pasti bikin Bunda khawatir dan bikin si kecil jadi gampang merasa tidak nyaman.

Mama's Choice

Pasalnya, kulit yang sensitif akan membuat si kecil tidak nyaman setiap berpakaian dan sensitif terhadap perubahan suhu ruangan. Bahkan, sabun dan shampo hingga body lotion khusus bayi yang kita anggap sangat ringan--juga bisa memicu ruam-ruam pada kulit mereka.

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk menangani kondisi kulit bayi yang sensitif tersebut? Dan, bagaimana pula cara mencegah iritasi serta merawat kulit sensitif bayi?

Ketahui Penyebab Kulit Sensitif pada Bayi

Kalau Bunda punya bayi yang berkulit sensitif, Bunda tak perlu khawatir. Pasalnya, ini adalah masalah yang sangat umum dialami oleh bayi baru lahir di seluruh dunia. 

Kulit sensitif pada bayi dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan normal. Pasalnya, bayi baru lahir membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Hal tersebut sangat wajar mengingat, selama 9 bulan berada di dalam kandungan, bayi selalu dikelilingi oleh cairan ketuban.

Dan ketika ia lahir, kulitnya belum sepenuhnya beradaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga, wajar apabila kulitnya jadi sangat sensitif terhadap setiap perubahan lingkungan di luar rahim.

Jadi, Bunda tidak perlu merasa terlalu khawatir karena sebenarnya, tidak ada yang salah dengan kulit si kecil.

Seiring dengan waktu, kulit bayi akan mengembangkan lapisan pelindung yang disebut lapisan hidrolipid yang terdiri atas air dan minyak.

Perkembangan kulit bayi tentu saja tidak terjadi seketika. Melainkan, melalui proses yang panjang selama berbulan-bulan atau bahkan mungkin hingga beberapa tahun.

Perkembangan kulit bayi tersebut juga tidak selalu menyeluruh. Adakalanya, beberapa bagian kulit bayi belum tertutup lapisan hidrolipid sehingga bagian tersebut akan lebih sensitif dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya.

Kulit yang sensitif tersebut biasanya sangat mudah berubah jadi merah dan teriritasi oleh faktor-faktor sepele seperti, jenis kain, cuaca, shampoo atau sabun mandi, hingga lotion.

Gejala Kulit Sensitif pada Bayi

Gejala kulit sensitif bayi

Bayi yang memiliki kulit sensitif biasanya akan mengalami 5 gejala berikut ini:

  1. Kulitnya berubah jadi kencang
  2. Mudah kesemutan
  3. Mudah merasa geli
  4. Muncul ruam ruam merah, dan
  5. Kulit kering

Seperti yang Bunda tahu, si kecil pasti tidak bisa memberitahukan kita bahwa kulitnya merasa kesemutan atau geli dan gatal-gatal. Jadi, sudah menjadi tugas kita sebagai ibu untuk selalu membuka mata jika terdapat beberapa gejala di atas. Dengan asumsi, 3 gejala pertama akan selalu berpotensi ada apabila satu dari dua gejala yang saya sebutkan terakhir Bunda temukan pada kulit si kecil.

Pemicu Reaksi Kulit Sensitif pada Bayi

Untuk mencegah iritasi dan untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi si kecil, tentu kita harus bisa mengenali dan menghilangkan pemicu kulit sensitif tersebut. Berikut adalah 16 pemicu reaksi kulit sensitif pada bayi yang harus Bunda tahu.

  1. Suhu panas
  2. Suhu dingin
  3. Angin atau udara
  4. Paparan sinar matahari
  5. Perubahan suhu yang tiba-tiba
  6. Polusi udara
  7. Penggunaan sabun dan sampo bayi yang mengandung sulfat (SLS/SLES) hingga toksin
  8. Deterjen
  9. Parfum
  10. Tekanan pada kulit bayi
  11. Gesekan dari pakaian, selimut, sprei, atau kulit (manusia) yang kasar
  12. Air yang mengandung klorin
  13. Air yang mengandung konsentrasi mineral tinggi
  14. Emosi
  15. Marah
  16. Stres

Tiga pemicu terakhir memang tidak mudah untuk dicegah. Tapi, kita bisa mengambil langkah-langkah untuk menghindari 13 pemicu lainnya.

Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif

Krim anti nyamuk untuk bayi

Merawat kulit bayi sensitif sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena umumnya hanya ada ada dua jenis perawatan perlu diterapkan, yaitu:

  1. Menghilangkan pemicunya
  2. Menerapkan produk yang dapat mencegah iritasi

Untuk mencegah iritasi pada kulit bayi, beberapa cara berikut ini bisa Bunda coba.

1. Lembabkan kulit bayi dengan lotion

Melembabkan kulit sensitif bayi secara teratur adalah cara terbaik untuk membuatnya tetap lembut dan halus. Lotion adalah salah satu pelembab yang bisa kita manfaatkan untuk menciptakan penghalang antara iritasi eksternal dan kulit bayi yang sensitif tersebut.

Tapi bukan sembarang lotion. Lotion yang direkomendasikan untuk kulit bayi yang sensitif salah satunya adalah lotion merk Mama’s Choice. Mengapa merek ini sangat disarankan? 

Mama’s Choice Mozzbye Skin Protection Lotion dianggap sebagai salah satu pilihan lotion bayi terbaik tidak hanya karena produk ini lolos BPOM tapi juga, karena terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan bebas kandungan toksin. Bukan hanya itu, lotion ini juga bisa melindungi kulit bayi dari nyamuk. Mama bisa cek cara mencegah dan mengatasi darah Manis pada anak di sini jika ada bekas gigitan di kulit bayi.

Produk Mama’s Choice sendiri terinspirasi dari tempat teraman bagi bayi yaitu, pelukan seorang ibu. Karena itulah, tak mengherankan apabila produk yang memiliki tagline “Aman dari Hati, untuk Mama dan Bayi” ini akan tidak memicu reaksi kulit sensitif dan justru sebaliknya sebaliknya, akan melindungi kulit bayi.

Sejauh yang saya tahu, produk yang dijual dengan harga terjangkau ini selain aman dan terbuat dari bahan alami pilihan, juga...

  • Halal
  • Tidak mengandung alkohol
  • Tidak mengandung parfum karena aroma wanginya yang lembut berasal dari bahan alami lavender dan citronella oil. Kedua aroma tersebut adalah aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Karena itulah, lotion ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Bunda yang ingin melindungi buah hati dari gigitan nyamuk sepanjang waktu
  • Bebas paraben dan toksin DEET
  • Cocok dan aman untuk semua jenis kulit bayi termasuk kulit sensitif
  • Cepat meresap lengket

Jika tertarik untuk membeli, dapatkan mama Mama’s Choice Mozzbye Skin Protection Lotion lebih hemat di sini.

2. Gunakan sabun dan sampo bayi terbaik

Jika kulit buah hati Bunda mengalami iritasi atau ruam-ruam merah setelah mandi, selain disebabkan karena air yang memiliki kandungan mineral tinggi, hal tersebut juga bisa dipicu oleh sabun mandi bayi.

Ciri-ciri bayi yang alergi sabun mandi bisa di cek selengkapnya di sini. Agar tidak khawatir dan merasa lebih lega, cobalah mengganti sabun dan sampo bayi dengan menggunakan Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash.

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, rangkaian produk Mama’s Choice merupakan pilihan terbaik untuk berbagai jenis kulit bayi, termasuk bayi berkulit sensitif.

Sabun sekaligus sampo 2-in-1 yang aman untuk bayi ini juga, tidak mengandung SLS atau SLES, aman dan lembut di kulit bayi, halal, formulanya telah disesuaikan kulit bayi dan nilai pH (5,5) pada sabun dan sampo ini telah disetujui oleh dokter, membantu melembabkan kulit bayi karena mengandung ekstrak chamomile dan sugar maple syrup, serta wanginya berasal dari aroma lavender oil yang bisa membuat bayi merasa lebih rileks dan tidak rewel saat mandi.

Sabun bayi untuk kulit sensitif

FYI, SLS atau sodium lauryl sulfate adalah kandungan khusus yang membuat sampo maupun sabun jadi berbusa. Kandungan ini juga biasanya kita temukan pada pasta gigi. Salah satu efeknya adalah, SLS bisa menyebabkan lapisan jaringan kulit menipis dan rentan memicu reaksi kulit sensitif. Dapatkan Dapatkan Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash lebih hemat di sini! 

3. Pilih kain yang lembut dan bernafas

Pakaian, selimut, dan sprei atau tempat tidur adalah pemicu iritasi kulit bayi lainnya. Untuk menghindari reaksi kulit sensitif, sebaiknya pilihlah kain yang lembut dan menyediakan pori-pori agar kulit bayi bisa bernafas.

Jenis kain terbaik kulit sensitif adalah kain katun, jersey, dan selimut yang terbuat dari bulu domba.

4. Lindungi bayi dari paparan matahari

Bayi membutuhkan sinar matahari agar tidak kuning. Agar tidak mengalami reaksi kulit sensitif yang parah saat dijemur, sebaiknya jemur lah bayi di pagi hari di bawah jam 8:00 selama kurang lebih 20 menit.

Jika diajak traveling, selalu lindungi bayi dari paparan sinar matahari. Termasuk ketika berada di dalam mobil, pastikan juga kaca-kaca mobil dilindungi dengan solar guard yang dapat membantu mengurangi intensitas sinar UV.

5. Bersihkan rumah secara rutin

Kotoran, debu, hingga bulu hewan peliharaan bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi sensitif. Karena itu, lindungilah si kecil dengan rajin-rajin menyapu dan mengepel lantai. Khususnya, di kamar bayi dan ruang tamu atau tempat-tempat di mana bayi sering diajak bermain.

6. Perhatikan suhu air mandi

Mandikan bayi dengan air bersuhu sekitar 36 derajat Celcius. Tidak lebih dan tidak kurang! Karena ini merupakan suhu paling ideal bagi mereka.

Selain menggunakan air dengan suhu yang tepat, pilih air yang tidak mengandung mineral tinggi (hard water) dan gunakan sampo dan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi, bukan sabun dan shampo untuk orang dewasa.

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, salah satu rekomendasi sabun/sampo bayi yang lembut dan aman serta diformulasikan khusus untuk kulit sensitif bayi adalah produk Mama’s Choice.

Setelah mandi, keringkan tubuh bayi dengan handuk yang lembut, dengan cara ditepuk-tepuk dan jangan sampai digosok. Karena gesekan handuk dengan kulit bayi dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Setelah itu, jangan lupa melembabkan dan melindungi kulit bayi dengan menggunakan lotion. Lotion Mama’s Choice Mozzbye Skin Protection adalah salah satu yang paling direkomendasikan.

7. Berikan perhatian khusus pada area popok

Area popok adalah bagian paling sensitif dari tubuh bayi karena, kerap mengalami kelembaban dan sirkulasi udaranya sangat terbatas.

Cobalah untuk menjaga agar pantat bayi tetap kering dan gunakan popok yang dapat membantu mencegah iritasi serta ketidaknyamanan.

Kesimpulan

Kulit sensitif pada bayi adalah sesuatu yang sangat normal dan cara mengatasinya pun sangat mudah. Cara pertama bisa dengan mengganti produk pemicu reaksi kulit sensitif dengan produk yang aman. Misalnya, dengan mengganti sabun dan sampo bayi menggunakan produk dari Mama’s Choice.

Seiring dengan bertambahnya usia anak, kulit mereka akan berkembang lebih sempurna. Sehingga, kulit yang tadinya sensitif perlahan akan mulai berkurang. Dan jangan lupa, selalu terapkan Mama’s Choice Mozzbye Skin Protection Lotion setiap setelah mandi, karena lotion ini bisa membantu melapisi kulit bayi dan melindunginya dari reaksi sensitif akibat pakaian serta gigitan nyamuk. Jangan lupa juga akun social media Mama’s Choice di @mamaschoiceid

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

21 komentar

  1. Komplit ya produk perawatan bayi dari Mama's choice ini. Ibu jadi tenang karena kulit sensitif bayi terlindungi dan terawat dengan baik berkat rangkaian produk dari mama's choice ini

    BalasHapus
  2. Aiiih, memang deh produk Mama's Choice ini mengerti kebutuhan ibu dan anak terutama bayi yach. Semua ada dan mudah diperoleh di mana2. Hand and body wash nya aku kepengen coba deh, meskipun anak2ku udah gede hihihi. Kulit bayi sensitif banget, mesti pakai produk yang bebas alkohol, paraben dll pokoknya yang serba alami ya mbak :D

    BalasHapus
  3. Rayi anak keduaku termasuk sensitif mba pernah kulitnya itu kering banget belum pernah coba pake lotion mama's choice ini jadi pengen coba ah

    BalasHapus
  4. Kulitnya berubah jadi kencang
    Mudah kesemutan
    Mudah merasa geli
    Muncul ruam ruam merah, dan
    Kulit kering

    Mana bayi belum bisa ngomong ya kan Bund
    akhire rewel deh mereka
    Bersyukur kita membesarkan anak dengan berbagai produk yang bisa menjawab kebutuhan kulit bayi

    BalasHapus
  5. Penting aman dan halal ya mba. Aku seneng sekarang ada produk khusus anak. Kulit mereka masih sensitif dan butuh perawatan yg baik. Mamas choice pilihan tepaaat nih

    BalasHapus
  6. Marah dan stres teryata juga menjadi salah satu pemicu reaksi kulit sensitif pada bayi ya. Dan untungnya ada produk bayi yang sesuai ya mba

    BalasHapus
  7. kulit sensitif pada bayi memang PR tersendiri, MOmmy-nya harus super hati dan telaten, alhamdulillah ini produk Mama Choice lengkap banget yaa kandungannya juga bagus kemasannaya juga manis

    BalasHapus
  8. Anakku dulu saat bayi berkulit sensitif . Sampai kasihan lihatnya, ini enggak cocok itu enggak bisa. Ternyata ini sesuatu yang sangat normal dan cara mengatasinya pun sangat mudah ya

    Seperti mengganti produk pemicu reaksi kulit sensitif dengan produk yang aman. Misalnya, dengan mengganti sabun dan sampo bayi menggunakan produk dari Mama’s Choice.

    BalasHapus
  9. Bayi dgn kulit sensitif memang butuh ekstra perawatan ya mbak, nggak bisa pilih produk bayi sembarangan.
    beruntung sekarang sudah ada produk perawatan bayi lengkap dari Mama's Choice ini yang cocok untuk kulit bayi sensitif

    BalasHapus
  10. Wah, produk Mama’s Choice Baby banyak varian ya lumayan banyak. Paling sedih kalo si kecil kena ruam, jadi rewel gitu

    BalasHapus
  11. Menjelang kehamilan anak kedua ini, saya kudu persiapin buat si dede seperti sabun mandi, cream dan lain2. Jd pengen nyetok Mama choice untuk bayi ini. (Ainhy)

    BalasHapus
  12. aku jadi inget saat anakku usia 1 bulan dan kulitnya kena rash karena gak cocok sama diapers yang dia pakai, akhirnya merah, lecet gitu kulitnya huhuhu sedih deh

    BalasHapus
  13. Buat bayi tuh emang gak boleh sembarangan ya. Misal soal pemilihan shampoo dan sabun. Beruntung sekarang ada Mama’s Choice. Pilihan produk buat bayi tuh banyak banget

    BalasHapus
  14. Ini jadi andalan buibu jaman now mbaa
    karena memang produk Mama's choice keren dan mantuullll
    ponakan2ku yg balita juga pake.

    BalasHapus
  15. Terbiasa dengan kulit bayi yang sensitif, ketika anak-anak mulai bertumbuh pun, aku masih mencari produk bayi, agar kulitnya selalu terjaga.
    Alhamdulillah, produk Mama's Choice selalu bisa diandalkan.
    Bikin anak nyaman dan hati orangtua senang.

    BalasHapus
  16. Akhirnya menemukan produk perawatan untuk kulit bayi sensitif. Komplit ya produk Mama’s Choice ini. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, termasuk untuk kulit sensitif bayi 😃

    BalasHapus
  17. Lengkap ya jadi satu produk Mama's Choice ini, untuk hair n body juga. Praktis lha ini, apalagi aman untuk kulit baby yang sensitif. Kasihan sih kalo anak ada kulit sensitif, kena udara panas atau dingin bisa alergi dua-duanya

    BalasHapus
  18. Dua anakku kulitnya sensitif semua. Paling parah sih anak yang pertama. Sampai sekarang kulitnya masih suka kering dan gatal. Mungkin aku bisa coba produk mama choice nih.

    BalasHapus
  19. jadi tenang kalau ad abayi kulit sensitif pakai ini
    aku seneng pakai sabunnya mak enaaaakkk dipakenya banget
    anakku ada yang sensitif aman, tenang jadi pas pakai

    BalasHapus
  20. Kulit anak saya pun sensitif, kayaknya perlu nih coba rangkaian produk dari Mama'schoice. Paling penasaran sih sama minyak telonnya

    BalasHapus
  21. Berhubung belum punya anak, tapi punya ponakan umur 6 bulan. Mau aku rekomendasikan buat ponakanku dulu, karena kulitnya super sensitif apalagi dibagian-bagian lipatan suka lecet merah-merah gitu. Kasian lihatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar