Acara Puncak Kilau Digital Permata Flobamora Wujudkan NTT Go Digital

25 komentar

Mencintai dan membeli produk-produk dalam negeri atau buatan bangsa sendiri adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan YME--yang telah memberikan kita kesempatan untuk menikmati kedamaian dan tinggal di negari yang begitu indah ini. Negeri yang disebut-sebut sebagai tanah yang Gemah Ripah Loh Jinawi.

Kilau Digital Flobamora

Di negeri ini. Hampir semua yang kita inginkan ada dan tersedia. Keragaman budaya membuat segala-sesuataunya main mudah diperoleh. Mulai dari sandang, pangan, hingga papan. Karena itulah, tanpa mengecilkan produk-produk luar negeri, kita bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari meski hanya membeli produk lokal dari UMKM.

Dari sekian banyak daerah di Indonesia. Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah yang punya banyak potensi untuk dieksplore. Mulai dari keindahan alamnya yang menakjubkan hingga karya tangan-tangan kreatif masyarakat setempat. 

Kalau menyebut nama NTT, hal yang paling saya ingat adalah destinasi wisata Labuan Bajo yang hits dan selalu dirindukan oleh semua traveler. Selain itu, NTT juga terkenal sebagai penghasil tenun ikat yang berkualitas tinggi. Di sana juga ada Topi Rea khas Manggarai yang unik, hingga berbagai macam jajanan khas yang pasti enak. 

Namun, kehadiran pandemi membuat kita tak lagi leluasa tempat-tepat wisata yang indah seperti Labuan Bajo, tak lagi bisa mencicipi nikmatnya makanan khas masyarakat setempat. Dan, tak bisa leluasa memilih kain tenun ikat yang legendaris tersebut.

Tapi untungnya, digitalisasi membuat segalanya jadi lebih mudah. Produk UMKM dari NTT pun bisa kita pesan tanpa harus pergi ke sana. Ya! sekarang pemerintah daerah setempat telah membuat aplikasi GO NTT (Gerbang Online NTT) yang menjadi wadah bagi para pelaku usaha, khusunya UMKM di NTT yang resmi diperkenalkan beberapa waktu yang lalu melalui event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tajuk "Kilau Digital Permata Flobamora."

Nah.. Pada Jumat lalu, 18 Juni 2021 saya berkesempatan mengikuti acara puncak Kilau Digital Permata Flobamora yang bertempat di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Acara ini adalah puncak dari rangkaian acara Gernas BBI. Acaranya sendiri dimulai sejak pukul 08.00 WITA  ini juga dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Dan menurut saya, ini bukanlah acara biasa karena, acara ini dihadiri oleh banyak undangan VVIP yang sekaligus memberikan sambutan yang luar biasa, diantaranya adalah:

1. Sambuatan Bupati Manggarai Barat Bapak Edistasius Endi 

Sambutan pertama disampaikan oleh Bupati Manggarai Barat Bapak Edistasius Endi. Beliau mengungkapkan bahwa, Era digitalisasi seperti sekarang, tidak bisa dihindari lagi. Kita semua membutuhkannya. Menurut Bapak Edistasius, kita bisa bangkit bersama dengan digitalisasi. Aplikasi Go NTT yang merupakan Marketplace hasil kerjasama antara NTT dan bank daerah NTT. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan bisa meningkatkan jumlah penjualan dan minat beli masyarakat akan produk lokal di NTT. 

Menurut Bapak Bupati Manggarai Barat ini, dengan adanya Gernas BBI bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa terutama produk lokal. Selain itu, Gernas BBI juga bertujuan untuk mendukung UKM tetap bertahan di era pandemi seperti saat ini. 

2. Sambutan Menkominfo Bapak Johnny G. Plate

Sambutan kedua dilajutkan oleh Menkominfo Bapak Johnny G. Plate. Pada sambutannya kali ini, Bapak Johnny menegaskan, Gerakan BBI ini bertujuan untuk mendorong penguatan branding produk produk lokal melalui pemanfaatan platform digital. Selain itu, pemerintah secara tegas dan konsisten menugaskan kominfo untuk memastikan penggelaran infrastruktur telekomunikasi dan informatika secara merata ke seluruh pelosok Nusantara termasuk NTT.

Bapak Johnny juga mengimbau kemajuan teknologi juga harus diimbangi oleh SDM yang memadai agar ruang digital Indonesia tidak disalah gunakan, say no to hoax, say no disinformation, say no miss information, say no to hate speech melainkan mengisi ruang digital dengan hal-hal yang bermanfaat. Untuk mengangkat UMKM Indonesia agar semakin meningkat. 

Selain itu, mengingatkan untuk bersama-sama Menjaga, membangun, mengupgrade dan terus mengedukasi SDM dengan literasi digital mulai dari tingkat dasar yang akan disiapkan oleh kominfo.

3. Sambutan Menkomarves Bapak Luhut Binsar Pandjaitan

Menkomarves Bapak Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan untuk menggaungkan BBI sejalan dengan bangga berwisata di Indonesia saja. Mendorong UMKM untuk go digital dengan menggunakan pembayaran QRIS. Selain itu, beliau juga mengingatkan untuk terus mendukung masyarakat Indonesia lebih mengenal Literasi Digital dengan dana desa yang sudah ada agar masyarakat semakin maju. 

4. Sambutan Wakil Presiden Indonesia, KH. Ma’ruf Amin

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Wakil Presiden Indonesia, KH. Ma’ruf Amin melalui virtual. Beliau mengucapkan selamat untuk acara puncak Gernas BBI dengan harapan agar UMKM untuk memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya dan mempermudah akses pembiayaan, distribusi dan pemasaran produk.

Dengan dibukanya Kilau Digital Permata Flobamora, bapak wakil presiden berharap kegiatan ini bisa memberikan hasil yang nyata dan mendukung pemulihan ekonomi dan pariwisata nasional di masa pandemi khususnya pariwisata super prioritas Labuan Bajo NTT.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ucapan apresiasi yang disampaikan oleh beberapa pejabat negara seperti,  Mendagri Bapak Tito Karnavian, Gubernur BI Bapak Perry Warjiyo, MenkopUKM Bapak Teten Masduki.

Ucapan apresiasi juga disampaikan oleh Menparekraf Bapak Sandiaga Uno yang cukup mencairkan suasana di tengah acara yang serius ini dengan pantun-pantunnya yang luar biasa. Apresiasi dari Bapak Sandiaga Uno memang tidak panjang lebar, tapi setiap katanya selalu memberikan dukungan untuk UMKM Indonesia khususnya NTT. Sambutannya berakhir ketika beliau memberikan pantun lagi,

Salah satu destinasi unggulan NTT adalah danau Kelimutu
Destinasinya indah, pasti banyak yang setuju
Bapak ibu mari tingkatkan kolaborasi dan bersatu
Bangkitkan ecraft agar ekonomi Indonesia semakin maju

Acara dilanjutkan dengan apresiasi oleh Mendes PDTT Bapak Abdul Halim Iskandar, MenBUMN Bapak Erick Thohir. Sebelum dilanjutkan apresiasi dari Gubernur NTT Bapak Viktor Laiskodat dan MenPUPR Bapak Basuki Hadimuljono, acara Peresmian Kilau Permata Flobamora dengan penampilan tarian Caci. Tari Caci dilakukan sebagai simbol  telah dibukanya secara resmi dengan pecutan yang diberikan oleh Bapak Luhut kepada tameng penari.

Di acara ini sungguh membuat saya merasa bangga dengan budaya Indonesia yang luar biasa. Saya bahkan merasakan hangat didalam hati saya ketika melihat penari-penari ini tampil di layar Zoom. Mendekati berakhirnya acara Puncak Kilau Digital Permata Flobamora diisi oleh acara fashion show Bangga Buatan Indonesia yang menampilkan produk-produk rancangan Erwin Yuan yang terbuat dari padu padan tenun Nusa Tenggara Timur oleh UMKM NTT.

Cara Mendapatkan Produk UMKM NTT melalui Online Shop

Bagi anda yang ingin mencoba membeli produk-produk UMKM NTT, berikut adalah cara berbelanja online melalui situs pasarflores.id

1. Buka situs pasarflores.id

2. Pilih cabang toko yang asa di beranda


3. Pilih produk yang anda inginkan


4. Isi alamat dan kontak

5. Klik check out

6. Bayar dengan QRIS yang muncul di beranda anda. Selesai.

Kesimpulan

Mencintai dan mau menggunakan produk lokal (buatan bangsa sendiri), akan membuat bangsa ini menjadi lebih kuat dan makmur. Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh banyak masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini pun akan sedikit-banyak teratasi jika kita mau memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan belanja di UMKM. Sedikit lebih peduli dan mau membeli produk buatan dalam negeri akan membuat prekonomian Indonesia tumbuh dan semakin berkembang.

Untuk membeli peoduk dalam negeri, kini kita bisa melakukannya dengan mudah berkat kehadiran produk digital seperti pasarflores.id yang beberapa waktu lalu diperkenalkan sebagai wadah bagi para pelaku usaha (UMKM). Menggunakan aplikasi ini, kita bisa membeli berbagai macam produk lokal khas NTT seperti, kain tenun ikat, Topi Rea, hingga berbagai macam kuliner khas daerah. Nah, tunggu apa lagi. Yuk cintai dan beli produk-produk dalam negeri sebagai wujud kepedulian dan kecintaan kita terhadap negeri ini. 

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

25 komentar

  1. baca review ini aku makin pengen banget deh buat ke NTT menikmati keindahan alam di sana, sebagus itu pemandangan di sana.

    BalasHapus
  2. NTT. . Sepupuku nikah dgn orang NTT. Manis2 bgt anaknya. Aku suka kerajinan dari sana, bagus dan khas. Indonesia keren ya mba. Potensinya tuh luar biasa. Siapa lagi klo bukan kita yg bangga dan pakai produk dalam negeri itu kereeen

    BalasHapus
  3. Seru banget ini bisa ikutan acara virtualnya ya kak, aku kemarin tuh pengen banget tapi jamnya pas lagi gak cocok. Kalau melihat kerajinan dari NTT itu senang banget ya, walaupun aku belum kesana tapi punya beberapa oleh-oleh dari teman yang kesana.

    BalasHapus
  4. Produk UMKM itu banyak banget yang bagus. Senang deh akhirnya banyak yang go digital kaya NTT contohnya. Jadi kaya aku yang di Jawa jadi tahu dan bisa beli meski belum ke sana

    BalasHapus
  5. aaaah keren bangeeet memang acara ini ya mba. Semoga NTT dan banyak propinsi lain di Indonesia yang go digital ya mba .. dan UMKM kita makin sukses yaaa

    BalasHapus
  6. Pas banget, belum lama ini saya-suami-dan anak2 famtrip seputar sulsel dan di perjalanan playlist-nya lagu2 timur. Nah ada satu lagu dengan judul mengandung kata flobamora. Saat itu saya langsung googling apa sih flobamora?

    Flobamora adalah akronim bagi segugus kepulauan di bagian selatan Indonesia dengan 3 pulau induk, Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Timor yang diapit oleh puluhan pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Sabu, Pulau Rote, Pulau Semau, Pulau Alor, dan lain-lain.

    Pas baca judul artikel ini jadi uda terbayang ini pasti tulisan ttg daerah itu.

    Keren yaa acaranya. Semoga manfaatnya bisa dicapai maksimal

    BalasHapus
  7. Peresmian Kilau Permata Flobamora ini tepat waktunya karena di saat jaman online semua bisa diakses dan dibeli secara online ya mbak

    nah permasalahannya kayak daerah Indonesia Timur itu kan jauh ya,
    sementara kita kan pengen juga untuk ke sana

    BalasHapus
  8. Mencintai produk dalam negeri harus beli juga produk dalam negeri. Sama artinya dengan membantu para pelaku UMKM agar bisa terus berkarya. Siapa lagi kalau bukan kita yang memberikan semangat kepada mereka untuk terus melestarikan budaya bangsa.
    Nah, saya pernah tuh kenal sama orang NTT, pas pulang kampung saya pernah dibawakan kain tenun yang cantik, katanya hasil kerajinan dari daerahnya. masyaallah yang kayak gini ini salah satu cara mengenalkan produknya kepada orang ya.

    BalasHapus
  9. Saya sempat ke Labuan Bajo sebelum pandemi tapi karena ikut paket tour jadi mampirnya sebentar-sebentar, belum puas pilih kerajinan khas sana. Senang kalau ada pameran digital Permata Flobamora ini. Ga perlu ke sana bisa bela-beli...
    Ya ampun cakep-cakep tenunnya ituuu

    BalasHapus
  10. MasyaAllah selamat buat NTT udah launching website flobamoranya ya
    jadi kepo pengen milih apa aja, siapa tahu ada yang aku suka dan traksaksinya mudah ya

    BalasHapus
  11. Keren programnya ya, di hadiri para tokoh nasional pula di puncak acaranya.

    Mau cek ke pasarflores.id ah, mau cari dendeng dan sei sapi. Dulu pas berkesempatan ke Kupang masih pegawai baru, nggak bisa nenteng pulang buat oleh-oleh. Alhamdulillah sekarang sudah ada GO NTT ini, jadi walau nggak ke sana, bisa juga beli produk kerajinan dan pangan

    BalasHapus
  12. Aku senang sekali bisa ikutan acara puncak digital Flobamora ini mbak
    Jadi tahu banyak tentang produk UMKM NTT
    betapa banyak potensi yg dimiliki NTT
    mulai dati wisata, kuliner, feysen hingga kerajinan

    BalasHapus
  13. Wah...kebetulan pas puncak acara Kilau Digital Flobamora aku ikutan nonton streaming di Youtube nih dan baru tahu kalau Flobamora itu singkatan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor yang memang terkenal memiliki kerajinan khas yang menurut aku etnik banget, belum lagi pemandangan alamnya yang jadi destinasi wisata. Aku aja berharap bisa traveling ke NTT suatu hari nanti...hehehe.

    BalasHapus
  14. Mengangkat nama daerah dengan aplikasi GO NTT .. keren banget. Saya terpaku lihat foto fashion-nya. Masya Allah, kereen ya.

    BalasHapus
  15. indahnya NTT ya mba... aku sudah ke sini 2 kali tapi belum puas rasanya menjelajahi indahnya NTT yang begitu kaya dengan keindahan alam, budaya dan lainnya. Kereeen acara launchingnya yaa... semoga kita makin cinta dengan produk Indonesia yang memang keren - kereen itu

    BalasHapus
  16. Mantap Nih NTT, semoga Bengkulu juga bisa go digital , secara pantai dan objek wisatanya juga OK. bolehlah belajar dari NTT

    BalasHapus
  17. Galfok ke poto opa Luhut gak pakai masker hehehe
    Seru banget acara virtualnya mbak. Semoga makin banyak UMKM di sana yang main berkembang, khususnya dengan pemasaran digital ya?
    Wah baru tahu nih soal website pasarflores ini, jd kalau mau cari barang2 khas pulau Flores bisa nih cek2 web ini ya?
    Nanti aku kepoin ah webnya, aku kangen kopi Manggarai

    BalasHapus
  18. NTT Go Digital? Wah keren banget ini, gebrakan yang keren apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ya mba. Semuanya memang harus serba canggih dan inovatif, terlebih untuk pariwisata. Ku harus ke NTT!

    BalasHapus
  19. Acara yang warbiasa menariknya...aku sampe pengen berangkat ke NTT nih buat liat langsung keindahan NTT..tapi harus sabar dulu ya..nunggu situasinya memungkinkan..sekarang nonton ekspo virtual dulu..

    BalasHapus
  20. Terpesona dengan Kilau Digital Permata Flobamora.
    Karena inovasinya yang bagus sekali terutama di bidang digitalisasi dan dukungan pemerintah yang baik.
    Semoga ke depannya setiap wilayah di Indonesia bisa berkembang bersama dan maju melalui budaya, seni dan UMKMnya.

    BalasHapus
  21. Makin mudah nih mendapatkan berbagai produk buatan masyarakat NTT kalau sudah ada situs yang memungkinkan kita untuk mengetahui produk apa saja yang dijual. Semoga dengan langkah ini perekonomian masyarakat NTT makin membaik.

    BalasHapus
  22. Program yang keren. Pemerintah mendukung UMKM untuk go digital. Semoga UMKM kita semakin maju ya. Apalagi di masa pandemii seperti sekarang. Produk-produknya UMKM ini sekarang ini udah bagus juga. Gak kalah dari produsen besar.

    BalasHapus
  23. Sekarang Masyarakat UMKM Indonesia mau ga mau memang harus terjun ke pemasaran digital. Jangkauan nya jadi lebih luas. Mencakup pasar mancanegara juga

    BalasHapus
  24. Senang banget pemerintah semakin memperhatika dan mendukung UMKM untuk go digital. Smg ini semakin memacu UMKM di NTT khususnya dan Indonesia secara umum agar semakin bergairah. UMKM adalah salah satu mesin penggerak perekonomian negeri ini untuk semakin melaju

    BalasHapus
  25. Sampai ntt pemerintah ternyata perhatian ya umkm nya diperjuangkan demi ekonomi masyarakat tumbuh
    Secara pandemi gimi pasti lebih susah ngapa2in buat masarin. Semoga bisa mendorong umkm lebih maju.

    Kalau di jawa juga ada ga ya mak program gini

    BalasHapus

Posting Komentar