Cara Mengatasi Gangguan Tidur dengan Herbal Alami

18 komentar

Hampir semua tips kesehatan, mulai dari tips diet, perawatan kulit, hingga rambut, pasti memasukkan aktivitas “tidur” sebagai salah satu poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Mengapa tidur begitu penting? Bagaimana jika tidur kita terganggu? Adakah herbal alami untuk mengatasi gangguan tidur?

Tidur tak ubahnya baterai yang diisi ulang. Ini memungkinkan tubuh dan pikiran segar seperti sedia kala, serta membuat kita lebih waspada ketika terjaga.

Cara mengatasi gangguan tidur

Tidur yang sehat (berkualitas dan cukup) juga membantu tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit. Tanpa tidur yang cukup dan berkualitas, otak tidak dapat berfungsi dengan baik, tubuh akan kesulitan menyembuhkan diri sendiri, regenerasi sel kulit akan terhambat, konsentrasi terganggu, sulit berpikir jernih, kesulitan mengingat, dan masih banyak efek samping kurang tidur dan tidur tidak berkualitas lainnya.

Jadi, tidak melulu soal berapa lama kita tidur, tapi seberapa baik kualitas tidur kita setiap malam juga sangat berpengaruh. Meski tidur hingga 7-8 jam atau lebih, jika tidak berkualitas maka sama saja bohong. Tidur yang kita lakukan tersebut tidak akan berarti banyak. Lalu, seperti apakah tidur yang baik dan berkualitas itu?

Menurut Dr. Inggrid Tania, tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak. Dalam istilah asing, tidur nyenyak disebut juga dengan istilah “deep sleep.”

Ketika memasuki deep sleep, gelombang tubuh dan otak kita akan melambat. Saat tidur nyenyak, kita biasanya agak sulit untuk dibangunkan. Jika dipaksa bangun saat lagi nyenyak-nyenyaknya, kita biasanya akan merasakan kepala agak pusing.

Tidur Berkualitas Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Tulisan Saya

Memang benar, kualitas tidur yang baik bisa mempengaruhi aktivitas kita dikala terjaga. Saya sendiri sudah merasakan bagaimana kualitas tidur yang baik dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas tulisan saya.

Apabila tidur nyenyak di malam hari dan berkelanjutan antara 7 hingga 9 jam, saya merasa tubuh dan otak saya sangat fresh, dan ide mengalir begitu lancar.

Selain merasa lebih segar, saya juga merasa tulisan saya lebih berbobot karena saya bisa berkonsentrasi penuh dan lebih mudah mengingat referensi hingga istilah-istilah yang saya butuhkan.

Dengan kualitas tidur yang baik di malam hari, rata-rata per hari saya bisa menulis antara 4-7 judul artikel dengan tema yang beragam. Sebaliknya, ketika kualitas tidur saya menurun, untuk memperoleh 1-2 tulisan saja saya harus berusaha extra.

Selain membuat otak dan tubuh terasa lebih fresh serta membuat konsentrasi meningkat dan kemampuan mengingat jadi semakin baik. Ternyata, tidur cukup dan nyenyak serta berkelanjutan bisa memberikan banyak manfaat lain, seperti misalnya:

  • Dapat membantu memulihkan energi
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan suplai darah ke otot
  • Membantu meregenerasi sel-sel kulit
  • Meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan serta tulang
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Efek Kualitas Tidur yang Buruk

Kebalikan dari tidur nyenyak adalah, tidur tidak nyenyak. Apabila kita kurang tidur di malam hari atau sering terjaga, atau kurang nyenyak, hal tersebut bisa mengakibatkan:

  • Sistem imun lemah. Ini sangat berbahaya, mengingat saat ini Covid-19 adalah pandemik yang dapat dengan mudah menyerang apabila sistem kekebalan tubuh kita lemah. Selain virus, tentu ada banyak penyakit lainnya akan mudah menyerang apabila kekebalan tubuh kita rendah
  • Mood jadi tidak stabil dan lebih mudah mengalami depresi
  • Setiap kali kurang tidur, saya sangat mudah uring-uringan atau lebih mudah marah (emosi)
  • Sulit berkonsentrasi dan sulit mengingat. Bahkan tak jarang, saya merasa seperti orang pikun ketika mencoba mengingat hal-hal yang seharusnya sangat mudah untuk diingat
  • Koordinasi antara otak dan tangan jadi kurang relevan. Sehingga, sering typo kalo lagi ngetik
  • Tidur menyebabkan regenerasi sel terhambat sehingga tanda-tanda penuaan dini lebih mudah muncul. Seperti garis-garis halus atau kerutan di wajah
  • Dan, beberapa referensi menunjukkan bahwa, kualitas tidur yang rendah dapat membuat kita mengembangkan kebiasaan makan yang buruk. Dan, itu telah saya buktikan sendiri!

Tidur Nyenyak atau Tidur Lama, Manakah yang Lebih Penting?

Kamu pasti sering mendengar banyak praktisi kesehatan yang menyarankan kita untuk tidur minimal 6 hingga 8 jam per hari. Saran tersebut tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, di samping tidur dengan durasi yang cukup, kita juga harus tidur nyenyak serta berkelanjutan. Jadi, tidur nyenyak saja tidak cukup. Disamping tidur nyenyak, kita juga harus tidur cukup dan berkelanjutan.

Menurut dokter Ingrid Tania, tidur 6 jam yang berkuaitas lebih baik dari pada tidur selama 8 jam namun tidak berkualitas. 

Sekitar 5% s/d 15% orang di dunia mengalami gangguan tidur. Sebuah studi yang melibatkan 2944 responden dengan usia antara 18 - 24 tahun rata-rata mengalami kurang tidur.

Penyebab Kurang Tidur dan Tidur Tidak Nyenyak

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa seseorang kurang tidur atau tidak tidur nyenyak di malam hari, seperti misalnya:

  1. Kondisi lingkungan. Lingkungan yang berisik atau terlalu terang bisa menurunkan kualitas tidur
  2. Tempat tidur. Kasur, bantal, sprei, hingga sarung bantal dapat mempengaruhi kualitas tidur. Tak hanya itu, baju tidur yang kita gunakan juga dapat memberi pengaruh
  3. Stres. Stres dapat mempengaruhi alam bawah sadar hingga sering menyebabkan kita sering mimpi buruk. Stres dapat diakibatkan karena kondisi ekonomi, kondisi kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya
  4. Kondisi kesehatan. Misal, penyintas covid-19 biasanya susah tidur di malam hari. Begitu juga dengan orang yang sakit kepala, batuk, pilek, sakit gigi, mengalami nyeri sendi, dan lain sebagainya
  5. Sleep apnea
  6. Faktor genetik
  7. Faktor usia
  8. Penggunaan obat-obatan. Dan 
  9. Aktivitas yang kita lakukan sebelum tidur juga akan sangat berpengaruh. Misalnya, kerja berat atau berolahraga serta makan pedas sebelum tidur akan menurunkan kualitas tidur

Cara Mengatasi Gangguan Tidur 

Antangin good night

Setelah mengetahui akar permasalahan mengapa kita bisa mengalami kurang tidur atau tidur kita jadi kurang berkualitas, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi gangguan tidur, di antaranya adalah:

  1. Makan secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna di malam hari
  2. Rutin berolahraga
  3. Ciptakan suasana atau lingkungan yang menyenangkan dan tenang
  4. Hindari menatap layar laptop atau hp sebelum tidur. Karena sinar biru yang terpancar dari layar gadget telah terbukti bisa mempengaruhi kualitas tidur
  5. Mandi air hangat
  6. Matikan lampu
  7. Konsumsi minuman yang dapat meningkatkan kualitas tidur

Minuman untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa beberapa makanan dan minuman dapat membantu meningkatkan kualitas tidur atau bisa membuat kita lebih gampang tidur. Diantaranya adalah herbal berupa,

  • Rimpang-rimpangan seperti jahe
  • Akar Valerian
  • Passiflora incarnata atau maypop, atau yang lebih populer disebut purple passionflower

Menurut Drs. Viktor S Ringoringo S.E M.Sc selaku chef business development and R&D PT Deltomed Laboratories, menggunakan herbal untuk meningkatkan kualitas tidur atau mengatasi insomnia lebih direkomendasikan dibandingkan dengan obat tidur yang dapat menyebabkan berbagai efek samping.

Selain lebih aman untuk dikonsumsi, herbal juga bisa memberikan banyak manfaat lain. Seperti misalnya, bisa membuat tubuh dan otak kita jadi lebih rileks atau lebih tenang.

Wedang jahe adalah salah satu jenis minuman yang sering saya buat ketika ingin menghangatkan dan membuat tubuh lebih rileks. Tapi untuk herbal lain seperti, valerian hingga passion flower, saya pribadi belum pernah mencobanya.

Karena itulah, saya agak penasaran dengan kedua herbal tersebut. Setelah mencari tahu, ternyata herbal ini sudah ada di Antangin Goodnight. Yaitu, herbal yang terbuat dari kombinasi antara jahe, passionflower, dan valerian.

Sejauh yang saya tahu, Antangin Goodnight yang sudah mengantongi sertifikat BPOM ini, punya tiga kelebihan, yaitu:

1. Quality (Kualitas)

Semua orang sudah tahu bahwa, PT. Deltomed Laboratories telah mengeluarkan produk-produk berkualitas sudah sejak lama. Tak heran jika Antangin Good Night menjadi produk yang memiliki kualitas yang baik.

2. Keamanan (safety)

Keamanan adalah faktor utama yang membuat herbal seperti Antangin Goodnight sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidur. Karena selain minim efek samping, praktis tidak ada kandungan pada herbal ini yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Khasiat (efficacy)

Kombinasi bahan-bahan alami yang terkandung di dalam Antangin Goodnight membuat herbal ini sangat efisien dalam membantu kita tidur lebih teratur, nyenyak, berkelanjutan, dan tidur cukup setiap malam.

Bagi temen-temen yang ingin tahu lebih banyak tentang Antangin Good Night, silahkan langsung melihat instagramnya ya.. di https://www.instagram.com/antangin_id

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

18 komentar

  1. Antangin Good Night ini aku cari-cari banget biar tidur malamku berkualitas, kan ini herbal juga jadinya aman buat kesehatan

    BalasHapus
  2. Huaaa.. aku sering banget ini, merasa sulit tidur kalau badanku sedang lelaaaah banget atau malah sebaliknya : sedang excited terhadap sesuatu.

    Iya sementara minum jahe tapi kalo pas ga ada tukang jualan sekoteng piyeeee? Antangin Good Night nih "solutip" ya kata Bu tedjo

    BalasHapus
  3. Saya biasa minum wedang jahe kalau lagi kurang enak badan. Memang suka langsung berasa ke badan setelah minum. Badan berasa hangat dan rileks. Tidur juga jadi nyenyak.

    BalasHapus
  4. wah aku baru tau ada antangin good night, keren juga :D

    BalasHapus

  5. Ya! Betul sekali boleh dikatakan tubuh seperti sebuah battery yang harus dicharge utk mendptkan energy. Karena itu ada quote yg berbunyi "Listen to your body!" Turutilah, ikutilah pegi tanya melalui isyarat yg diberikan seperti mengantuk, tangan kesemutan, pinggang pegal sekali dll. Itu isyarat tubuh "kau harus istirahat - t i d u r - Tidurlah yg nyenyak karena tidur yang berkualitas adalah tidur yg nyenyak. Sblm tidur minumlah herbal Antangin Goodnight agar tidurmu nyenyak tak terusik. Selamat tiduuur...

    BalasHapus
  6. Dari webinar ini, saya berasa ditampol, Mbak ... soalnya saya lagi kurang tidur wkwkwk. Sementara webinar saya sedang sakit kepala dan hampir tertidur huhuhu.
    Habis itu saya beli Antangin Good Night deh, baru tiba kemarin. Saya coba tadi malam, alhamdulillah tidur nyenyak.

    BalasHapus
  7. Wah baru tau ada produk ini. Belum pernah lihat di minimarket nih..
    Saya sih jarang kena gangguan tidur (bukan berarti tidak pernah). beda sama suami saya yang lumayan sering kena fase susah tidur.
    Bener2 deh, bisa tidur nyenyak itu berkat/rezeki tersendiri. Mau sebagus apapun kamar dan seempuk apapun kasur, kalau susah tidur ya jadi kurang komplet deh.

    BalasHapus
  8. Bener banget nih, tidur 6 jam tapi berkualitas memang lebih baik daripada yang 8 jam tapi tidak nyenyak. Saya sendiri kadang merasa begitu, tapi efeknya bangunnya pun jadi lebih awal, misalnya dini hari gitu. Trus kalo olahraga biasanya tidur bisa lebih nyenyak juga.

    BalasHapus
  9. Aku alhamdulillah gak ada gangguan susah tidur sih, tapi emang gak terbiasa tidur cepat kalau aku. Biasanya suka baca buku atau nonton drama dulu biasanya, ini ampuh banget untuk bikin kantuk. Aku tuh biasa tidur diatas jam 10 tapi kalau sorenya banyak kegiatan kayak olahraganya over suka tidur cepat malahan.

    BalasHapus
  10. Sejak usia saya memasuki usia manja alias gampang sakit, tidur nyenyak adalah salah satu amunisi saya untuk menjaga stamina. Dulu itu saya sukanya minum herbal Antangin biasa. Ternyata sekarang ada Antangin Goodnight. Wah, bakal makin nyenyak deh tidurku.

    BalasHapus
  11. Belakangan ini saya susah depan sleep. Sebab pernah ada gangguan. Eh jadwal sebelumnya jadi seterusnya eror, hehehehe

    BalasHapus
  12. Baru tahu varian baru Antangin ini. Memang sih kualitas tidur itu penting banget. Terasa kok bedanya saat bangun tidur, kalau tidurnya lelap dan berkualitas pasti bangun dalam keadaan segar dan siap menghadapi hari.
    Tapi kalau tidurnya kurang berkualitas tuh malah jadi terasa capek dan seharian ngantuk aja. Kaya yang lagi saya alami sekarang huhuhu. Kayanya bisa nih coba Antangin Goodnight. Siapa tahu bisa membantu tidur lebih baik.

    BalasHapus
  13. Sesekali aku juga susah tidur. Kalau gak karena emang over capeknya, pasti karena kepala ini muter terus kebanyakan deadline juga ide. Wkwkwk. Problem mak-emak.

    BalasHapus
  14. Deep Sleep ini penting banget.
    Karena menciptakan suasana tidur yang berkualitas bisa berefek ke produktivitas.
    Cobain Antangin juga aah...biar mantap tidur di malam hari.

    BalasHapus
  15. Gangguan tidur seperti ini tentunya sangat mengganggu banget ternyata semua bisa diatasi dan ada solusinya dengan minuman herbal

    BalasHapus
  16. biasanya aku coklat anget biar enakan, trus suka mnum obat huhuhu biar tidur. aku it ga insomnia tapi kadang susah tidur karena pusing mak
    tapi kalau pakai vara alami gini kayaknya aku lebih leluasa ya dan ga bahaya kalau praktekin laama

    BalasHapus
  17. Ada yang namanya deep sleep. Nah pengen banget bisa tidur seperti itu di waktu-waktu tertentu. Biasanya yang deep sleep ini yang bikin badan segar kembali saat bangun.

    BalasHapus
  18. Iya aku membiasakan diri nggak begadang mbak karena besoknya pasti cranky hehe Antangin Good Night bagus nih membantu kita tidur lebih nyenyak dan aman...

    BalasHapus

Posting Komentar