Dermatologist Menyarankan Cuci Muka Pakai Cleansing Foam Ber-pH 5.5, Mengapa?

Posting Komentar

Hai guys… Kali ini saya mau bahas produk perawatan wajah lagi nih. Lagi? Ya, lagi… ups! Tapi kali ini saya mau fokus bahas Dewpré 5.5 Cleansing Foam.

Kenapa sih, kok saya suka banget bahas perawatan wajah? Seharusnya nggak aneh sih. Karena sebagai wanita (dan meskipun di rumah aja), saya juga selalu ingin tampil cantik dan menarik. Apalagi suami juga selalu berada di rumah.

Dan, sudah jadi sifat natural perempuan kalau merasa "bahagia" ketika punya baju baru, jilbab bagus, makeup lengkap, sampai skincare yang lagi happening

Terus… kalau udah senang sama produk yang dipake. Sifat suka "pamernya" itu lho… langsung keluar deh. Kayak saya sekarang ini… hehehe.

Tapi nggak sekedar pamer ya guys. Saya juga mau share berbagai info menarik seputar manfaat cleansing foam, dan kenapa sih dermatologist (ahli kesehatan kulit) merekomendasikan kita untuk menggunakan produk dengan pH 5?

Yup, kalian tahu kan? Di luar sana, sabun cuci muka itu jenisnya banyak banget. Saking banyaknya pilihan yang ada, kita kadang-kadang bingung sendiri mau pakai yang mana?

Nah, daripada bingung dan supaya nggak salah pilih, lebih baik baca reviewnya terlebih dahulu. Supaya bisa mengetahui bagaimana performa dan seberapa efektif sabun cuci muka tersebut?

Kenapa Kita Perlu Menggunakan Cleansing Foam?

Setiap hari wajah kita perlu dibersihkan dari kotoran, polusi, hingga make up.

Membersihkan wajah dari make up dengan mencuci wajah dan menggosok-gosokkannya secara kasar, sangat tidak direkomendasikan karena dapat merusak kulit wajah kita. Terlebih jika dilakukan dalam jangka panjang.

Pasalnya, kontak langsung berupa gesekan tangan ke wajah kita dapat mengakibatkan goresan (itritasi) atau bahkan tarikan-tarikan pada kulit.

Untuk menghindari agar tidak menyebabkan efek buruk pada kulit, cuci muka sebaiknya menggunakan facial foam atau cleansing foam.

Foam (busa) pada pembersih (cleansing) wajah akan berfungsi sebagai bantalan yang akan menjaga kulit dari abrasi (akibat gesekan kasar) dan kekeringan.

Karena, pada foam terdapat busa-busa yang dapat meresap ke dalam pori-pori dan membantu mengeluarkan kotoran serta sisa-sisa make up.

Jadi, meski digosok secara lembut menggunakan cleansing foam, kotoran hingga make up di wajah kita bisa tetap dibersihkan. Dan, justru ini adalah cara yang paling efektif. 

Tapi, meski bermanfaat membantu menjaga kebersihan kulit wajah, namun, kita tetap harus menggunakannya secara moderat ya.

Untuk produk Cleansing foam, Dewpré Tea Tree 5.5 adalah salah satu yang paling saya rekomendasikan. Karena produk ini cocok untuk semua jenis kulit. Mulai dari, jenis kulit normal, berminyak, kering, hingga kulit kombinasi seperti kulit wajah saya.

Buat saya, Dewpré Tea Tree 5.5 adalah salah satu cleansing foam terbaik yang pernah saya coba.

Saat saya gunakan, sabun pembersih wajah ini tidak membuat kulit wajah saya jadi kering. Sebaliknya, kulit muka saya terasa lebih segar dan bersih serta lembab dan lebih halus. 

Dan yang paling menarik, meski bisa membantu membersihkan kotoran dan sisa-sisa make up secara maksimal, tapi cleansing foam ini tidak menghilangkan minyak alami wajah saya secara berlebihan. Inilah yang membuat saya sangat menyukai Dewpré Tea Tree 5.5.

Mengapa Harus Menggunakan Cleansing Foam dengan pH Balance?

Pertama, kita harus menyadari bahwa tidak semua sabun diciptakan sama. Dan tidak semua sabun wajah dibuat dengan pH yang sesuai untuk kulit wajah kita.

Apa itu pH?

pH adalah tingkat keasaman dan tingkat kebasaan air yang memiliki nilai skala antara 0 s/d 14. 0 adalah nilai paling rendah dan 14 adalah nilai paling tinggi. Di tengah-tengahnya, yaitu nilai 7, dianggap sebagai pH normal. Lalu berapa pH sabun yang paling direkomendasikan untuk kulit wajah kita?

Nilai pH yang paling ideal untuk kulit wajah kita agak relatif. Nilainya antara 5.5, 4.5, dan ada juga yang mengatakan 4.

Sejumlah ilmu pengetahuan dan hasil penelitian modern mengatakan bahwa, nilai pH 5.5 adalah nilai pH yang paling sempurna untuk kulit.

Lalu, pertanyaan utamanya adalah, "Mengapa kita perlu menggunakan cleansing foam yang menawarkan pH dengan nilai yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kita (5.5)?"

Begini…

Kalau kita menggunakan sabun cuci muka yang terlalu alkali atau nilai pH-nya di atas 7, hal ini akan membuat kulit kita kehilangan keseimbangan pH.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa sederhana, artinya, kulit kita akan merasa tidak senang (unhappy). Semakin tinggi nilai pH sabun yang kita gunakan, maka kulit kita pun semakin tidak happy.

Efeknya, semakin lama kita menggunakan sabun dengan pH yang tinggi, akan semakin sulit bagi kulit kita untuk kembali ke pH yang sehat.

Jika terus-terusan menggunakan sabun dengan pH yang tinggi atau yang terlalu alkali, hal tersebut akan menyebabkan kulit wajah kita menjadi:

  • Kering dan dehidrasi
  • Mengelupas dan pecah-pecah
  • Menyebabkan iritasi, sensitif, dan gatal-gatal
  • Menyebabkan kulit kehilangan bakteri baik yang dibutuhkannya, dan yang berbahaya…
  • Dapat menyebabkan bakteri jahat penyebab jerawat berkembang biak

Dan, tahukah kamu, banyak sabun pencuci wajah yang diklaim dan dipromosikan sebagai sabun anti jerawat, justru memiliki nilai pH di atas nilai pH normal?

Itulah sebabnya mengapa kita perlu selektif dalam memilih sabun pencuci wajah atau cleansing foam.

Memilih sabun dengan nilai pH yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah sangat direkomendasikan oleh dermatologist (ahli kesehatan kulit). Dan, lebih direkomendasikan lagi, terutama bagi mereka yang punya kulit sensitif dan berjerawat.

Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Dari sekian banyak sabun pencuci wajah, Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam adalah salah satu yang terbaik karena menawarkan pH dengan nilai yang sempurna.

Selain karena faktor tersebut, saya juga menyukai dan lebih suka memilih menggunakan Dewpré Tea Tree 5.5 karena beberapa faktor berikut ini.

1. Vegan

Faktor pertama, adalah karena produk ini berbasis vegan. Artinya, produk ini tidak mengandung unsur-unsur hewani.

Hal ini sangat penting menurut saya, mengingat saat ini masih ada banyak perusahaan kosmetik atau skincare yang mengeksploitasi hewan untuk dijadikan sebagai kosmetik maupun produk perawatan kulit.

2. Menawarkan tekstur berbentuk gel

Apa kelebihan cleansing foam bertekstur gel? Setidaknya, ada tiga keunggulan atau manfaat utama dari cleansing foam dengan tekstur gel, yaitu:

a. Tidak mengganggu keseimbangan pH kulit

Sabun pencuci wajah dengan tekstur gel tidak mengganggu keseimbangan pH kulit karena, tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) dan tidak mengandung parfum tambahan. Mengapa kandungan SLS kurang baik untuk kulit?

Sebagian besar sabun mengandung SLS. Kandungan ini tidak selalu buruk, karena kandungan SLS bisa menciptakan busa saya akan membuat kegiatan mandi, gosok gigi, hingga keramas jadi lebih aman dan memberikan sensasi keset.

Tapi, meski bisa bikin kulit terasa keset, sayang kandungan SLS juga punya efek negatif. Misal, pada pasta gigi, kandungan SLS bisa membuat jaringan kulit di mulut kita menipis sehingga mudah mengalami sariawan. Sedangkan pada sabun pencuci wajah, kandungan SLS bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alami dan sebum.

Bahkan, bisa juga menyebabkan kulit iritasi dan menyebabkan gangguan keseimbangan tingkat pH kulit. Tidak mengherankan, mengingat SLS dapat membuat wajah kita kehilangan minyak dan sebum secara berlebihan, sehingga kulit jadi terasa kering dan sensitif.

Kalau tidak mengandung SLS, lalu dari mana asal busa (foam) pada Dewpré? Foam pada cleansing foam Dewpré berasal dari ekstrak daun Quillaja saponaria. Yang manfaatnya akan saya bahas sedikit di bawah ini. Keep reading guys…

b. Bertekstur gel, ringan, dan bersifat antiseptik

Pembersih dengan tekstur gel adalah pembersih berbasis air yang menggunakan bahan-bahan yang ringan--hasil ekstrak dari tumbuh-tumbuhan.

Salah satu contoh bahan alami yang terkandung pada Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam adalah minyak pohon teh yang dalam bahasa asing lebih dikenal dengan sebutan tea tree oil

Kandungan Tea Tree Oil ini sangat bermanfaat untuk kulit sensitif dan kulit berminyak yang rawan berjerawat. 

Bisa dibilang, produk dengan kandungan tree tea oil merupakan sabun cuci muka yang dapat membantu melindungi sekaligus mengatasi jerawat akibat bakteri karena memiliki sifat antiseptik. 

Tapi, jangan lupa! sabun pencuci wajah ini juga mengandung beberapa bahan lain yang sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menunda tanda-tanda penuaan. Seperti,

  • Kandungan antioksidan yang berasal dari ekstrak daun camellia sinensis. Saya yakin kalian sudah pasti tahu Apa manfaat antioksidan? Yup, untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus pada wajah
  • Kandungan gliserin dan butylene glycol yang sangat bermanfaat untuk menghidrasi kulit, mengatasi kulit kering, sekaligus melembutkan kulit. Lalu, ada juga kandungan
  • Quillaja Saponaria (Bark) adalah semacam tumbuh-tumbuhan yang hidup di daerah beriklim hangat seperti di Chile Tengah. Quillaja Saponaria adalah sejenis pohon yang selalu hijau sepanjang tahun. Ekstraknya akan berbusa jika kena air karena mengandung saponin glikosida. Selain kegunaan tersebut, kandungan Quillaja Saponaria juga bermanfaat untuk mengobati luka akibat iritasi dan mencegah gatal-gatal pada kulit

c. Menenangkan, melembabkan, dan membersihkan secara mendalam

Ketiga faktor ini (menenangkan, melembabkan, dan membersihkan secara mendalam) adalah faktor ketiga yang menjadi keunggulan produk dengan tekstur gel seperti produk Dewpré ini.

Disamping itu, formulanya yang ringan (mild formula) juga bisa membantu mengurangi iritasi pada kulit. 

Untuk membuktikan bahwa Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam ini bener-bener menawarkan pH pada kisaran angka 5.5, kamu bisa melihat hasil dari uji coba yang saya lakukan di bawah ini dengan menggunakan kertas lakmus.

Dari Hasil pengujian, kita bisa melihat dengan jelas kalau gel Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam menyebabkan kertas lakmus tersebut sesuai dengan warna pada memiliki nilai pH antara 5.5 hingga 6.

Harga Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam dan Kemasannya

Produk yang saya review kali ini adalah Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam kemasan 120 ml. Kalau untuk pemakaian saya, produk ini bisa tahan selama 2-3 bulanan lah. Tergantung kegiatan dan intensitas cuci muka.

Kemasannya berwarna putih dengan aksen hijau soft, khas produk Dewpré. Pilihan warna dan desain yang sederhana membuat produk ini beraura mewah.

Harga Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam kemasan 120 ml sekitar IDR 109K di olshop. Mahal? Nggak juga. Menurut saya, produk sabun pencuci wajah Dewpré ini justru amat-sangat worth it

Karena buat saya, daripada beli sabun cuci muka yang cuma bikin muka terasa keset dan harganya murah, tapi dalam jangka panjang justru merusak keseimbangan pH kulit muka kita, lebih baik keluar uang lebih untuk beli cleansing foam yang bagus sekalian.

Jadi, bukan hanya karena sabun ini menawarkan pH yang sangat ideal untuk kulit wajah, tapi juga karena kandungannya yang padat.

Dan, jika menilik dari pengalaman saya pribadi, saya merasa ini adalah salah satu cleansing foam terbaik yang pernah saya gunakan. Karena itu, saya tidak ragu untuk merekomendasikannya buat kalian.

Cara Memakai Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Untuk mendapatkan hasil maksimal saat cuci wajah dengan menggunakan cleansing foam, saya biasanya akan menggunakan air hangat (suam-suam kuku) terlebih dahulu untuk membuka pori-pori.

Selain bermanfaat untuk membuka pori-pori, air hangat juga bisa membantu mencegah kerusakan permukaan kulit. Setelah itu, barulah saya

  1. Menuangkan gel cleansing foam Dewpré sebesar biji jagung atau kacang tanah ke ujung jari
  2. Lalu, saya totolkan di sekitar dahi, hidung, pipi, dan dagu
  3. Kemudian saya ratakan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar sembari diberikan pijatan pijatan lembut
  4. Saya biasanya mulai dari wajah bagian tengah (hidung), lalu bergerak ke atas dan ke samping
  5. Gosok selama kurang lebih 3 hingga 5 menit. Ingat, lamanya waktu yang direkomendasikan (yaitu 5 menit), sebaiknya diikuti. Karena ini akan membantu memaksimalkan efektivitas gel cleansing foam

Atau, kalian juga bisa mengikuti cara yang direkomendasikan pada kemasan Dewpré, yaitu:

  1. Basahi wajahmu dengan air, lalu
  2. Tuangkan gel Dewpré cleansing foam secukupnya ke telapak tangan, kemudian tambahkan sedikit air
  3. Gosok secara perlahan hingga berbusa, lalu aplikasikan ke wajah
  4. Sembari diaplikasikan dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari, jangan lupa berikan pijatan-pijatan halus
  5. Lakukan selama kurang lebih 5 menit sebelum dibilas

Nah, itulah sedikit review tentang Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam dan harga serta manfaat menggunakannya. Kalau kalian punya pertanyaan atau punya pengalaman menarik menggunakan produk ini, jangan ragu meninggalkan komentar di bawah ya.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar