Wednesday, October 19, 2011

Cinta Dunia Maya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Cinta Dunia Maya .. Wuuuu.. silahkan bersortak sorai dulu sebelum saya lanjutin membahas menariknya cinta dengan jenis Dunia Maya ini. Ok.. sekarang saya tanya dulu, apakah kamu pernah ngalamin Cinta Dunia Maya ? terus apa yang kamu dapat pas cinta dunia maya kamu menemukan jawaban yang sebenarnya.

Tapi sebelumnya, izinkan saya mengartikan Cinta dunia maya dengan pandangan saya sendiri, tanpa meminta bantuan orang lain saya dengan bangga mengartikannya. Cinta .. cinta adalah sesuatu yang indah, buat orang yang sedang jatuh cinta, yang sedang bunga-bunganya ama cinta dan yang sedang dimabuk asmara. Tapi, jangan pernah bilang cinta itu indah di depan orang yang lagi sakit ati atau habis putus sama pacarnya, bisa bisa sandal melayang dengan indah di depanmu, kan jaman sekarang katanya.. kalau gak pacaran gak gaul, tapi gak buat saya :P.

Dunia Maya, dunia yang penuh dengan yang maya maya :D, eh enggak dink.. dunia yang media utamanya adalah internet. dari Online ke Online kita bisa menemukan banyak dunia, dunia yang tak pernah kita temui dan dunianya manusia-manusia yang tak pernah terlihat bentuknya.  Jika di dunia nyata dari mata turun ke hati, maka di Dunia maya,
- Dari Blog turun ke hati
- Dari Fb turun ke mata lagi terus ke hati :D
- Dari cicit cuit twitter turun ke jantung hati #fyuh.. kayaknya lebih nusuk tu ya.. haha..
dan mungkin dari yang lain-lain, yang penting masuk ke hati :D.

Selain itu, Dunia maya juga bisa dikenal dengan dunia yang hanya mengenal tulisan, mau Copas atau gak yang penting tulisan. Foto mau asli apa enggak yang penting ada. gak tau tu foto nyomot di situs mana yang penting bisa kliatan mukanya. Disini.. di Dunia maya, seseorang benar-benar di uji kejujurannya, siapa yang telah sekali berbohong dengan dunia maya, selamanya dia akan sulit keluar dari kebohongan itu. Hanya orang-orang yang jujur dan bertanggung jawablah penguasa dunia maya yang sebenarnya. maksud saya dunia maya sama seperti dunia aslinya, ya mirip-mirip kayak saya begini #hahhaha...

Dari Mana asalnya orang jatuh cinta di dunia maya ?

Seseorang bisa di katakan ia sedang jatuh cinta adalah, dia tak akan berhenti tersenyum saat ngebaca tulisan atau status status gak jelas di Wall Fb sang pujaan hati. ia juga tak akan segan untuk marah jika ada something yang mengganjal dan tak pernah ia ketahui di Blog, Wall FB, Twitter atau social networking lainnya. ini efek yang tak disengaja namun sangat terasa, dan begitu saja membangkitkan perasaan yang sebenarnya agak-agak semu sih, kan belum pernah ketemu :P.

Lalu dari mana asalnya Cinta Dunia Maya itu ?

Kekaguman manusia itu beragam, ada seseorang yang begitu menyukai seseorang yang lain ketika membaca tulisan di Blognya, Note-Note FB-nya, Foto-foto nya, bahkan hanya disapa dengan sedikit perhatian saja seseorang bisa menganggap itu adalah bentuk sebuah perhatian. Perhatian yang tak pernah ia dapatkan di dunia nyata, di kehidupan sekelilinya.

Lalu bagaimana jika Cinta Dunia maya itu membuat seseorang benar-benar kecanduan ?

Ini adalah akibat dari sebuah kebiasaan, kebiasaan kecil akan membawa akibat yang begitu besar jika itu terjadi berkala. Manusia itu Makhluk yang terkadang sangat peka dan perasa, apalagi wanita seperti saya, tapi saya hampir-hampir kebal dengan godaan dunia maya #eaaaaaaa.... Ia akan merasa berarti dan sangat di butuhkan seseorang yang lain ketika ia hanya mengucapkan kata

"Sudah maem... "

"Sudah Sholat..."

"Hari ini ngapain aja.."

"Gimana Blognya..."

"Gak capek ta..? "

"Hey.. manis.. lagi ngapain ?"

Kecil dan sederhana kan kata-kata itu ? tapi di postingan saya yang Kenapa Tidak Belajar Peka ? saya benar-benar ingin memahami hal-hal kecil yang justru akan menajdi besar jika kita biasakan. dari kata simple seperti itu JIKA di  ucapkan, di tuliskan, di ketikkan setiap hari, Dusss.... yakin saya kalau panahnya srikandi aja rela nempelin hati yang sedang di bidik, asal jangan panah buat tembak kijang aja :P. #pengalaman banget deh ya.. lah wong saya lo sering haha..

Nah.. Bagaimana seharusnya menyikapi Cinta Dunia maya ? disini saya menulis tentang sebuah pengalaman, dulu sekali... sebelum saya pinter seperti sekarang #hihi# saya adalah anak kecil yang polos, anak kecil yang tersesat di dunia maya, anak kecil yang tak tau apa-apa menjadi apa-apa tau, dan anak kecil yang gampang di bodohin.

Sebaikanya.. kita pelihara rasa, mengurangi kebiasaan, Menjadikan sebuah ungkapan-ungkapan manis adalah bias dari kegiatan online kita di dunia maya ini yang emang sering menyebabkan cinta kronis stadium termehek-mehek. Jangan dahulukan perasaan sebelum kita benar-benar melihat nyata, wajah, bentuk, rupa. face to face, hand to hand, eye to eye and maybe heart to heart jika benar-benar serius.

Bukan saya tak mau mengenal atau sok tau, atau sok ngerti dan sok-sok'an yang lain. Tapi saya sendiri pernah mengalami Cinta Dunia Maya, yang pada saat itu, Cinta Dunia Maya itu adalah sebuah kebohongan, kepura-puraan, bertopeng emas, silau, indah dan banyak menyakitkan. cukup satu kali saja saya mengenal cinta dunia maya, dan tidak akan saya ulangi lagi. Saya jadi pandai berceloteh pada saat itu, dan cerpen Rara dan Cinta Mayanya adalah kisah saya, yang saya sendiri itu bener apa enggak #dikutip dari kata kata  Dia yang tersayang Fyuhh Gombhal tok!

Saat itu saya tidak berani bicara, saya diam. Saya hanya menganggap itu adalah sebuah pengalaman berharga, Jangan sampai kita membagi hati dengan orang yang tak pernah kita Lihat. teman-temannya, sahabatnya, mereka juga pembohong semuanya, Ngomong tok gak nok buktine!


Eh Nuel.. katanya gak pernah pacaran, boong deh kamu ya..

Saya mendeskripsikan pacaran bukan seperti ini, Cinta Dunia Maya saya hanya sebatas sms #alibi, saya tak pernah melihat siapa yang dengan bicara dengan saya. dan saat itu memang saya masih sangat kecil, polos, lugu dan mudah di bohongi. Bukan berarti tak ada maksud, terkadang cinta dunia maya hanyalah memanfaatkan sebuah keadaan untuk di jadikan umpan. Dan saya pada waktu itu, emang di jadikan sebuah alat #semoga yang bersangkutan membaca, karena saya muak dengan kebohongan dan kepura-puraan! #kok jadi kebawa emosi ya haha.

Sejak saat itu,  (sekitar tahun 2009) gak ada lagi kamus tentang Cinta Dunia Maya saya, kalau cinta berawal dari Dunia Maya sih ada ya.. dan sedang dalam proses kehancuran haha #mantab kan :D.

Wong dulu itu aku Unyuuuu banget, Imuet dan emang agak bodoh si :">. Manfaatkan waktu luangmu di Dunia Maya ini bukan hanya ngurusin perasaan. bukan saya gak pernah, saya sering melakukan itu. Tapi jujur banget saya pengen rubah kebiasaan kecil itu. Cinta yang sesungguhnya adalah cinta yang "Datang" bukan cinta yang hanya "Janji" seperti Cinta Dunia Maya.

Saya rasa, siapapun yang mengenal cinta, ia sudah dewasa dan mengerti ya.. itu sebabnya, saya begitu sangat menjaga dari hubungan Cinta Dunia Maya saya terulang. Saya begitu menjaga agar semuanya tidak akan terjadi lagi. Kita berhak dengan pilihan hidup kita, jika kita bisa memilih kehidupan yang lebih baik dan bisa menjaga hubungan dengan orang-orang yang nyata dengan baik, kenapa harus memilih kebiasaan yang belum tentu baik. Sikapilah Cinta dan Perasaan di dunia maya ini sekedarnya, karena sesungguhnya Persahabatan Di dunia maya jauh lebih baik dan berarti di banding kegiatan yang penuh kebencian yang bernama Cinta Dunia Maya!

16 comments:

  1. Yihaaaaaaaaaaaaaa..... #mumpung disuruh teriak... ;)

    ReplyDelete
  2. Ow ow...kemana kemana kemana kucari jodoh di dunia maya... hihihii....

    ReplyDelete
  3. wah, saya pernah ngalamin nih.. :)

    ReplyDelete
  4. yach pengalaman orang kan berbeda-beda hehe...
    sepupu perempuan saya ada yang pacaran di dunia maya sampai akhirnya bertemu di dunia nyata dan akhirnya menikah sekitar beberapa bulan yang lalu,,,

    saya juga pernah mewanti-wanti dengan hubungannya sewaktu masih menjalin cinta dunia maya, tapi yach Allah memang maha berkehendak... :)

    ReplyDelete
  5. eh, q jg dulu pernah ngalamin cinta dunia maya. tapi yaaa...sama juga, waktu masih demen2ny mirc.hhehe
    sekarang??
    yg pasti keliatan mata aja kali y
    hhehe
    oiy, kunjungan perdana nih.salam kenal
    =)

    ReplyDelete
  6. hi hi hi, onok onok wae
    tapi ono sing nyantol ga ? arek'e Nul

    ReplyDelete
  7. hai Nyun nyun chatting yuk

    ReplyDelete
  8. hm..saya kenal pangeran saya dari dunia blog tapi selama ini kita tetap fine fine aja sih. dan tetap ketemuan walau rada jarang. semoga cinta saya dan dia kekal ya.

    ReplyDelete
  9. Haha aku juga barusan ngebahas online love beberapa minggu lalu.
    Aku sih gak percaya cinta dunia maya, mendingan buat cari temen ajaaa :)
    Mungkin sih cinta dunia maya tapi kalo gak pernah ketemu kan anehhh hehehe

    ReplyDelete
  10. hmm,saat ni aku juga lg ngjalann cinta ddunia maya..
    dgn ssorg yg mnjarkn arti kindahan hidup yg ssungguhnya,saling mnguatkn iman kita kpd ALLAH,saling mmberi dukungan agar bsa mncapai cita2 yg bgtu mulia yaitu mmbahagiakn ortu,klw mmng brjodoh insyaALLAH selepas kuliah masing2 dia sm aku ada janji brtemu,yahh mskipun antara indo dan london..
    alhamdulillah mmotivasi hdup aku utk blajar lbih giat,

    ReplyDelete
  11. cinta dunia maya ya...
    hehehe...
    kalo aq cinta ma luna maya...

    ReplyDelete
  12. ini maksudnya cinta di dunia maya, apa cinta sama dunia maya, apa cinta sama maya? hahahaha

    ReplyDelete
  13. seperti "Cinta Muka Buku... "
    lagune wong malaysia...

    ReplyDelete
  14. yah bginilah cinta dritanya tiada akhir...



    ckckckck..

    ReplyDelete
  15. postingannya bernilai positif dan motivatif :D saya suka baca nya :D

    ReplyDelete