Friday, September 5, 2014

Sejuta Pesona di Pulau Bali

Saya di Pantai Sanur
Siapa yang tidak mengenal Bali, sebuah pulau yang sarat akan objek-objek wisata, pesonanya bahkan terdengar hingga ke penjuru dunia. Wisatawan lokal maupun wisatawan asing sama-sama mengamini Bali sebagai pusat wisata terlengkap, terindah dan termegah di Indonesia. Belum ada bagian bumi di Indonesia yang mampu menyaingi jumlah Tempat Wisata di Bali.

Pulau yang terkenal sebagai Kota Seribu Pura ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan Bali menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mampu membiayai berbagai sektor pembangunan dengan hanya mengandalkan devisa yang didapat dari wisatawan.

Sebagai sebuah pulau dengan tujuan wisata tersibuk, Bali sudah lebih dulu mempersiapkan diri dan berbenah, bahkan saat ini bali sudah merampungkan berbagai sektor penting seperti jalan tol, dan bandara. Bali bahkan sudah memperbaiki dan membuat jalur-jalur transportasi yang nyaman dan aman ke setiap pelosok pulau yang memiliki objek wisata. Pemerintah daerah Bali yang sadar mengenai kebutuhan wisatawan akan jalan atau transportasi yang nyaman dan aman terus berusaha memberikan yang terbaik. Terus bertambahnya jumlah wisatawan setiap tahun yang berkunjung ke Bali membuat jalan-jalan utama dan jalan-jalan menuju objek wisata dipenuhi oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Kemacetan yang sering terjadi dipersimpangan-persimpangan kini sudah jauh berkurang karena dibangunnya sarana-sarana transportasi seperti jalan tol, jalan layang dan dibukanya berbagai jalan alternatif.


Sejak dahulu Bali memang dikenal sebagai pulau yang memiliki jumlah pantai terbanyak dan rata-rata sangat indah dengan pasir putih dan gelungan ombak yang bervariatif mulai yang sangat tenang seperti pantai padang-padang hingga pantai dengan ombak yang sering di incar oleh para peselancar.

Selain pantai-pantai dengan bentuk yang sering kita temui, di Bali juga terdapat pantai dengan view dan bentuk yang unik seperti pantai di Blue Point, pantai di Blue Point sangat indah dan unik karena sebelum turun menuju pantai anda terlebih dahulu harus melewati tangga batu yang berliku. Kemudian anda akan terus turun kebibir pantai yang dipayungi oleh batu raksasa yang berbentuk gua tebuka, debur ombak yang menghantam karang dan batu menjadi pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya saat ini Bali terus berkembang dan mulai menatap peluang-peluang bisnis yang bisa berkembang selain pariwisata.Pulau yang penduduknya rata-rata pemeluk Agama Hindu ini juga menyajikan wisata-wisata budaya dan wisata religi yang tak kalah menarik dari wisata alamnya. Sebut saja misalnya perayaan budaya Nyepi. Yang unik dari budaya ini adalah malam sebelum hari Nyepi itu dilakukan, beribu-ribu patung Ogoh-ogoh dengan berbagai ukuran mulai dari yang paling kecil hingga yang berukuran raksasa bahkan karena ukurannya yang sangat besar patung tersebut harus pikul oleh puluhan orang dan tingginya bisa mencapai tinggi tiang listrik. Ogoh-ogoh merupakan cerminan dari Leak yang dipercaya oleh masyarakat bali sering mengganggu. Ogoh-ogoh biasanya dibuat oleh setiap pura di masing-masing banjar atau kampung, bahkan ada yang tekadang membuat lebih dari 1 ogoh-ogoh, bisa anda bayangkan ribuan Ogoh-ogoh akan diarak keliling kampung dan kota pada malam itu. Masyarakat bali dan wisatawan tumpah ruah dijalan-jalan memeriahkan acara ini.

Selain wisata pantai dan wisata budaya Pulau Bali  masih memiliki objek wisata andalan yang lainnya seperti objek wisata alam, untuk menikmati objek wisata alam anda bisa naik menuju Bedugul atau Singaraja dan juga campuhan, disana anda akan menemukan berbagai pesona alam yang terbungkus indah dengan beribu pura dan bangunan khas bali sebagai penghiasnya.

Tidak hanya disiang hari, malam hari di pantai dan berbagai tempat wisata di Bali banyak yang suasanya menjadi semakin hidup dan meriah dengan party-party yang sering diadakan oleh pengelola pantai atau pusat-pusat hiburan.

Jika anda masih belum puas dengan objek-objek wisata yang telah saya jabarkan diatas, anda masih menikmati keindahan lain dari bali dengan datang ke Garuda Wisnu Kencana atau sering disingkat menjadi GWK, sebuah tempat yang sangat mengagumkan dimana terdapat tembok-tembok batu raksasa berbentuk kotak. GWK sering dijadikan sebagai tempat pementasan-pementasan mulai dari yang berskala kecil hingga pementasan yang bersekala besar. Di GWK anda juga dapat menyaksikan budaya tari Kecak dan berbagai tari yang lain setiap sore hingga malam hari. Selain itu di GWK juga terdapat sebuah patung Dewa Wishnu berukuran raksasa yang diperkirakan tingginya bahkan mencapai hingga seratus meter. Dipuncak GWK anda juga bisa menyaksikan pulau bali dari ketinggian karena disini disediakan teropong yang dapat anda gunakan untuk melihat pulau bali dari puncak.

No comments:

Post a Comment